Advertorial

Tingkatkan Fasilitas, Kini Naik Kereta Api dengan Si Kecil Jadi Lebih Nyaman

Kompas.com - 22/07/2019, 20:36 WIB
- --

Pergi ke luar kota bersama keluarga tentu menjadi salah satu liburan yang tak akan terlupakan. Apalagi bagi anak-anak, pergi ke destinasi yang diimpikan akan menjadi pengalaman yang luar biasa indahnya. Namun, terkadang perjalanan yang terlalu lama bisa menyebabkan anak cepat lelah dan bosan.

Maka dari itu, banyak orang yang memilih moda transportasi yang nyaman untuk bepergian. Salah satu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah kereta api. Tak hanya orang dewasa yang menyukai kereta, banyak anak-anak yang antusias untuk naik moda transportasi ini.

Anak-anak sendiri sangat menyukainya karena kereta api memiliki jalur sendiri. Alasan lainnya adalah saat kereta api yang dinaikinya lewat, banyak kendaraan yang berhenti untuk membiarkannya berjalan lebih dahulu. Pastinya imajinasi anak-anak juga berperan untuk mereka senang naik kereta api.

Dengan banyaknya penumpang anak-anak, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini telah menyediakan ruang bermain anak di beberapa stasiun besar. Area bermain anak di stasiun merupakan salah satu upaya KAI untuk mewujudkan kenyamanan lebih bagi penumpang, khususnya anak-anak.

Para penumpang anak-anak dapat memanfaatkan ruang bermain ini saat menunggu kedatangan kereta, sehingga mereka tetap nyaman dan menunggu dengan menyenangkan. Fasilitas ini diharapkan dapat membuat anak beralih dari gawai selama menunggu waktu keberangkatan dan memilih untuk bergerak lebih aktif dengan bermain di area khusus anak.  Selain itu, di area ini, anak-anak bisa mengembangkan kemampuan sosialnya dengan berinteraksi dengan anak-anak lainnya di stasiun.

Saat ini, ruang bermain anak telah tersedia di berbagai stasiun besar, seperti Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon, Stasiun Bandung, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Madiun, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Malang, Stasiun Jember, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Kertapati. Secara bertahap, layanan serupa diharapkan dapat hadir di stasiun-stasiun lainnya.

Fasilitas ini sebagai bentuk sumbangsih KAI untuk menciptakan lingkungan layanan publik yang senantiasa ramah bagi anak-anak agar selalu nyaman dan gembira. Sesuai dengan slogan Hari Anak Nasional tahun ini yang telah ditetapkan Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yaitu “Kita Anak Indonesia, Kita Gembira”.

KAI pun turut memeriahkan Hari Anak Nasional tahun 2019 ini dengan menyelenggarakan lomba menggambar dan mewarnai yang dilaksanakan di beberapa stasiun seperti Stasiun Cirebon, Madiun, dan tempat lainnya.

“Secara bertahap, KAI akan terus berupaya menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan penumpangnya, termasuk penumpang anak-anak. Kami tentu berharap kereta api menjadi transportasi massal yang melekat di hati anak-anak dan dicintai hingga mereka bertumbuh dewasa, dan mereka memiliki kenangan perjalanan yang menyenangkan bersama kereta api. Selamat Hari Anak Nasional! Semoga anak-anak Indonesia bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak kebanggaan keluarga dan bangsa Indonesia,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Tak hanya ruang bermain anak, sebagai bentuk dukungan KAI bagi para ibu intuk dapat menyusui secara eksklusif, kini KAI juga telah menyediakan ruang menyusui bagi ibu yang membawa bayi atau balita di stasiun. Penyediaan ruangan ini untuk memberikan privasi bagi ibu saat menyusui.

Saat ini, KAI memiliki 116 ruang menyusui yang tersebar di stasiun Pulau Jawa dan Sumatera. Fasilitas yang ada di ruangan ini termasuk lengkap, seperti sofa, kulkas, wastafel, dan pendingin udara (AC) yang akan memberikan udara sejuk bagi bayi dan balita.

Stasiun yang sudah dilengkapi fasilitas ruang menyusui, seperti Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Tegal, Stasiun Purwokerto, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Madiun, Stasiun Jember, Stasiun Medan, Stasiun Padang, Stasiun Kertapati, Stasiun Tanjung Karang, dan stasiun – stasiun lainnya.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan kereta api, tak perlu repot-repot mengantre di loket untuk membeli tiket kereta api. Melalui KAI Access, aplikasi resmi milik KAI atau channel penjualan online tiket kereta api yang sudah bekerja sama, Anda bisa membeli tiket kapan saja dan di mana saja.

Akan lebih mudah lagi, jika Anda melakukan pembelian tiket dia KAI Access, karena ada fitur e-boardingpass. Anda hanya perlu menunjukkan barcode yang ada di aplikasi kepada petugas untuk kemudian di-scan saat boarding.

Tentu hal tersebut jauh lebih praktis dah dapat memangkas waktu karena tidak perlu mencari mesin cetak tiket mandiri (CTM) di stasiun. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan KAI, kini para penumpang pun makin mudah dan nyaman untuk naik kereta api. (Adv)