Advertorial

Perlukah Anak Melakukan Medical Check Up?

Kompas.com - 23/07/2019, 14:20 WIB
- -

Anak adalah berkat yang luar biasa bagi setiap orang tua. Tak ada yang lebih membahagiakan bagi orang tua selain melihat buah hati tumbuh sehat dan cerdas. Salah satu cara untuk memastikan tumbuh kembang buah hati dapat dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up.

Selama ini, medical check up memang lebih populer di kalangan orang dewasa dan orang tua, padahal medical check up sama pentingnya di setiap tahapan usia termasuk di tahapan usia anak-anak. Anak yang memiliki kesehatan prima umumnya akan tetap sehat ketika menjadi dewasa. Jenis pemeriksaan yang dilakukan untuk medical check up pada anak tentu berbeda dengan pemeriksaan untuk orang dewasa. Selain pemeriksaan fisik, mata, telinga dan mulut, diperlukan juga beberapa pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui status kesehatan anak.

Masing-masing kelompok usia pada anak-anak juga memiliki risiko penyakit yang berbeda-beda, sehingga pemeriksaan kesehatan yang dilakukan akan mengikuti kebutuhan dan risiko penyakit yang dimiliki. Pemeriksaan untuk bayi baru lahir (usia 3-5 hari), umumnya bertujuan untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan bawaan, misalnya hipotiroid dan defisiensi G6PD (kekurangan enzim G6PD), yang dapat mengganggu tumbuh kembangnya kelak.

Kemudian, bayi hingga usia 1 tahun, pemeriksaan laboratorium yang dianjurkan adalah tes hematologi rutin untuk mendeteksi anemia karena sering ditemukan pada anak dan dapat mengganggu tumbuh kembangnya. Usia 1-3 tahun, selain pemeriksaan hematologi rutin perlu ditambahkan pemeriksaan urin rutin untuk mendeteksi infeksi saluran kemih. Anak pra sekolah (usia 3-5 tahun), perlu diperiksa status nutrisnya. Anak usia sekolah, perlu dicek juga kondisi saluran cerna, jika perlu ditambahkan pemeriksaan profil lipid atau lemak.

Anak remaja (usia 12-18 tahun) dapat ditambahkan pemeriksaan untuk deteksi diabetes melitus dan hipertensi. Cek kesehatan bagi anak sebaiknya dilakukan secara berkala bahkan ketika mereka tidak sakit, sejak baru lahir hingga usia remaja (18 tahun) untuk mengetahui kelainan atau penyakit secara dini agar dapat segera diatasi dengan tepat, serta memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung dengan baik.

Dalam rangka Hari Anak Nasional, dapatkan koleksi boneka lucu untuk setiap Pemeriksaan Panel Check Up Anak di Prodia selama bulan Juli 2019. Informasi lebih lanjut, hubungi Kontak Prodia 1500-830 atau kunjungi www.prodia.co.id.

Optimalkan tumbuh kembang anak Anda dengan medical check up secara berkala tanpa menuggu keluhan!