Advertorial

Cara Universitas Budi Luhur Cetak Millenial Unggulan di Era Revolusi Industri 4.0

Kompas.com - 23/07/2019, 19:12 WIB
- -

Kini kita berada pada era revolusi industri 4.0 di mana perusahaan-perusahaan harus memperbarui diri dengan bertransformasi digital hingga menjamurnya perusahaan-perusahaan rintisan (startup) yang berbasis teknologi dan sharing economy.

Tantangan yang dihadapi millennial semakin besar, terutama memasuki jenjang kuliah dan dunia kerja. Kebutuhan pasar kerja berubah seiring dengan datangnya era revolusi industri 4.0.  Ada beberapa jenis pekerjaan yang hilang karena tidak lagi relevan. Selain itu beberapa pekerjaan yang tadinya memerlukan tenaga manusia kini dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi.

Jika ingin memenangkan persaingan di era ini maka millennial harus menguasai skill yang relevan dengan kebutuhan industri. 

Universitas Budi Luhur sebagai universitas berbasis teknologi membantu generasi millennial untuk menghadapi tantangan tersebut. Universitas Budi Luhur merupakan pionir kampus berbasis teknologi di Indonesia. Selama 40 tahun eksistensinya di tanah air unversitas swasta ini secara konsisten mengembangkan kurikulum berbasis teknologi informasi yang relevan dengan kebutuhan industri.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan generasi millennial agar dapat memenangkan persaingan di era revolusi industri 4.0. Pertama adalah menguasai soft skill. Prestasi akademis dan skill yang bersifat teknis harus dibarengi juga dengan penguasaan soft skill. Oleh sebab itu, sebaiknya latih diri untuk berpikir kritis, kreatif, dan dapat mencari solusi-solusi inovatif untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Kedua, memiliki semangat wirausaha. Pada era industri 4.0 semangat wirausaha sangat diperlukan agar semakin banyak peluang kerja terbuka dan tentunya berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Namun, untuk menjadi wirausahawan di era industri baru kreativitas, pemikiran yang inovatif,  dan penguasaan teknologi pun diperlukan.

- -

Penguasaan teknologi digital juga tak kalah penting jika ingin maju dan berkompetensi.  Baik dalam meniti karier di perusahaan maupun berwirausaha. Alasannya, setiap aspek kehidupan bersentuhan dengan teknologi pada era industri baru ini.

Terakhir, millennial harus lebih cerdas memilih program dan bidang studi sebagai bekal untuk bersaing di era industri 4.0. Selain itu juga perguruan tinggi mana yang mampu mencetak lulusan yang sesuai kebutuhan industri.

Melalui program studi dan sistem pembelajaran yang diselenggarakan, serta sarana prasarana yang disediakan Universitas Budi Luhur berkomitmen membentuk pribadi millennial yang dapat unggul di era revolusi industri 4.0. 

Universitas Budi Luhur menjawab tantangan di era Revolusi 4.0 ini dengan terus berinovasi terutama pada kurikulum untuk setiap fakultasnya baik dari jenjang Diploma hingga Pascasarjana. Adapun beberapa fakultas  yang dimiliki oleh Universitas Budi Luhur seperti Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

Setiap fakultas menawarkan keistimewaannya masing- masing. Fakultas Teknologi Informasi  dengan beberapa program studi yang ditawarkannya adalah program S1 Teknik Informatika yang terdiri dari studi Network and Web dan Programming Expert, S1 Sistem Komputer, D3 Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, serta Program Magister Ilmu Komputer. Selain itu S1 Sistem Informasi yang terdiri dari studi Digipreneurship, Enterprise System, dan Data Science, serta Magister Ilmu Komputer sudah barang pasti merupakan ilmu yang kini sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0.

Kampus yang merupakan pionir Teknologi Informasi pertama di Indonesia ini juga menorehkan banyak prestasi tidak hanya di bidang IT.  Contohnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Program studi yang dimiliki oleh fakultas ini meliputi Akuntansi dan Manajemen. Mahasiswa serta dosennya pun memiliki segudang prestasi tak cuma akademik tetapi juga non akademik.

Saat ini lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur tidak hanya berkiprah di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Ini membuktikan bahwa mahasiswa Universitas Budi Luhur dapat bersaing dengan mahasiswa universitas lainnya. 

Universitas ini tidak hanya menaruh perhatian pada bidang IT, ekonomi, dan komunikasi, tetapi juga dibidang politik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Budi Luhur menyiapkan lulusan yang unggul berdaya saing dengan dilandasi kebudiluhuran dalam menghadapi globalisasi dan revolusi industri 4.0.

Fakultas yang siap mencetak para diplomat muda serta pakar kriminolog ini maju dengan program studi andalannya yaitu Hubungan Internasional dan Kriminologi. Sebagai informasi tambahan, program studi Kriminologi termasuk langka karena hanya terdapat di tiga universitas di Indonesia.  

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, termasuk fakultas unggulan dan berkomitmen mempersiapkan generasi millenial yang siap berperan aktif pada industri kreatif di era Revolusi 4.0. Memiliki dua program studi andalannya, yakni Program Studi Ilmu Komunikasi dan Desain Komunikasi Visual.

Program Studi Ilmu Komunikasi dengan keunggulan konsentrasi Broadcast Journalism, Public Relations, Digital Advertising, dan Komunikasi Pariwisata. Program Studi Desain Komunikasi Visual memiliki tiga  konsentrasi unggulan yakni Game Design Development, Animation, dan Graphic Design.  

Program studi ini didukung oleh kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan sumber daya manusia yang siap bersaing. Hal ini juga menjadi cerminan komitmen Universitas Budi Luhur dalam mendukung usaha pemerintah terutama dibidang industri kreatif.

Selain menyelenggarakan pendidikan untuk memupuk skill yang relevan dan berbasis kompetensi Universitas Budi Luhur juga menyediakan beragam fasilitas inovatif untuk mendukung proses belajar. Salah satu fasilitas inovatif yang disediakan adalah aplikasi mobile untuk mahasiswa dan orangtua.

Kini mahasiswa Universitas Budi Luhur dapat mengakses kuliah dari mana saja dan kapan saja melalui program e-learning di aplikasi Budi Luhur Student Mobile. Selain e-learning, di aplikasi ini mahasiswa juga bisa memantau jadwal kuliah, nilai semester, data kehadiran, detail rencana studi yang berisi jumlah SKS yang diambil dan sudah berhasil dipenuhi, hingga informasi kemahasiswaan lainnya. Dengan demikian suasana belajar menjadi lebih kekinian.

- -

Bagi orangtua mahasiswa, Universitas Budi Luhur menyediakan aplikasi Budi Luhur Parent Mobile. Melalui aplikasi ini orangtua dapat memantau progres dan nilai perkuliahan anak. Kedua aplikasi ini berbasis Android dan dapat diperoleh di Google Play Store.

Selain membekali lulusan dengan ilmu yang tepat dan dibutuhkan di era ini melalui beragam program studi yang ditawarkan, Universitas Budi Luhur juga memupuk karakter positif yang berguna bagi lulusannya. Sebagai bentuk keluhuran budi, Universitas Budi Luhur mendorong mahasiswanya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Bagi mahasiswa atau orangtua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya, saat ini Universitas Budi Luhur membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru Gelombang 3. Batas waktu pendaftaran hanya sampai dengan September 2019.

Unversitas Budi Luhur menawarkan potongan 50 persen uang gedung atau biaya pengembangan pendidikan hingga beasiswa penuh bagi calon mahasiswa yang merupakan lulusan terbaik di SMA tempatnya bersekolah. Untuk memperoleh informasi lebih rinci mengenai program beasiswa dan pendaftaran mahasiswa baru kunjungi www.budiluhur.ac.id atau hubungi nomor 08118714455 melalui Whatsapp.