Advertorial

Usung Kamera Pop-Up, realme X Dijual Mulai Rp 3.499.000

Kompas.com - 25/07/2019, 14:50 WIB
- -

Hari Kamis (25/7) ini, realme X resmi melantai di pasar ponsel kelas menengah Indonesia. Ponsel teranyar realme tersebut berada di posisi teratas jajaran produk merek asal Tiongkok ini. Tak perlu heran, realme X memang membawa desain dan teknologi terkini serta performa kelas atas.

Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari realme X adalah kameranya. Berbekal keberanian dan inovasi, realme memilih untuk berfokus di kamera depan dan kamera belakang. Ingin tahu lebih banyak? Berikut ulasannya untuk Anda.

Realme X dibekali dua kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 48 MP dan 5 MP pada kamera sekunder. Kamera utamanya ini dipercayakan kepada merek tersohor Sony IMX586. Sensornya berukuran 1/2.0 inci dengan bukaan f/1.7, ukuran yang tergolong besar untuk sebuah kamera ponsel. Realme dan Sony pun meningkatkan ukuran piksel tunggal di sensor tersebut menjadi 1,6um berkat teknologi Quad-In-One Pixel.

Selama ini tantangan terbesar dari kamera ponsel adalah mengambil foto dalam kondisi minim cahaya. Dengan ukuran sensor yang besar, bukaan atau aperture yang besar, serta teknologi Quad-In-One Pixel, sensor akan lebih baik dalam menangkap cahaya. Oleh karena itu, dengan hardware yang mampu menangkap cahaya lebih banyak, hasil foto pun akan lebih terang.

Tak hanya hardware-nya yang telah berhasil memberikan standar baru ke dunia kamera ponsel, demikian pula dari segi software. Realme memaksimalkan sensor yang memang sudah mampu menangkap foto di dalam gelap dengan mode khusus bernama Nightscape. Fitur ini memanfaatkan kemampuan AI dan teknologi multi-frame di realme X. Semua dilakukan agar bisa menghasilkan foto dengan noise yang sangat rendah, tidak berguncang saat digenggam, dan meningkatkan dynamic range.

Umumnya, pemandangan malam menjadi tantangan terberat ketika mengambil foto dengan kamera ponsel. Akar masalahnya adalah kondisi ini gelap dan terang yang berada dalam satu bingkai. Sensor kamera ponsel yang kecil mau tak mau mengharuskan pengguna untuk memilih apakah ingin fokus ke bagian terang dengan semakin menggelapkan area gelap, atau sebaliknya. Nah, Mode Nightscape pada realme X mampu menyeimbangkan keduanya dengan membawa hasil bidikan terbaik.

Beralih ke kamera depan, realme X memberikan solusi untuk permintaan pasar akan layar yang luas namun tetap memiliki kamera depan yang posisinya nyaman saat digunakan. Kamera depan realme X dibekali sensor Sony IMX471 dengan resolusi 16MP. Bukaannya f/2.0 dan dilengkapi dengan teknologi Quad Bayer Four-In-One Pixel Binning sehingga ukuran pikselnya naik menjadi 2.0um. Dengan angka itu, dipastikan kualitas selfie yang dihasilkan tetap bagus dan menampilkan warna kulit yang natural meski diambil malam hari.

Kamera depannya pun tampil menawan berkat desain pop-up yang diusung. Kamera depan akan muncul hanya ketika dibutuhkan, sehingga tampilan layar tetap sempurna tanpa gangguan “poni” atau notch. Saat ini, belum banyak ponsel yang menawarkan desain kamera depan pop-up. Oleh karena itu, bisa dibilang realme X merupakan salah satu pengadopsi awal desain yang praktis tersebut.

Semua keunggulan di atas dibungkus realme X dalam banderol harga kelas menengah, yakni di kisaran Rp 3 jutaan. Sejauh ini pun belum ditemukan lawan yang sepadan bagi kualitas dan harganya. Meski terjangkau, namun jangan remehkan kualitas yang dimiliki. Merek realme sendiri merupakan adik dari merek besar OPPO dan memiliki standar kualitas yang sama. Usaha-usaha yang dilakukan realme ini pun dilakukan untuk satu tujuan, yakni memastikan bahwa anak muda di tanah air bisa menikmati kecanggihan dan kualitas terbaik dari dunia ponsel pintar masa kini.