Advertorial

Melek Finansial dan Lebih Produktif Bersama Grab for Business

Kompas.com - 05/08/2019, 16:15 WIB
- -

Ada keriuhan yang berbeda di lantai dua GIOI Asian Bistro & Lounge Senopati, Jakarta 31 Juli 2019 silam. Keriuhan tersebut dikarenakan hadirnya lebih dari 100 master of ceremony (MC) yang berbasis di Jakarta disana. Mereka berkumpul menghadiri talkshow bertajuk “Ngobrol Produktif Bareng Grab : How To Improve Your Business Financial Planning” yang diinisiasi oleh Grab for Business bersama Harian Kompas.

Rangkaian talkshow ini diisi oleh CEO & Chief Planner ZAP Finance, Prita Ghozie ; Chief Marketing Officer PT Kals Corpora, Haykal Kamil ; dan Operation & Product Marketing Manager Grab for Business, Pramita Wardani

Kehadiran para pembicara ini adalah untuk berbagi pengalaman serta inspirasi dalam mengelola keuangan dan bisnis agar tetap sehat. Terlebih para pengusaha dan pekerja lepas seperti MC yang pemasukannya fluktuatif, tentunya sering menemui kesulitan untuk mengelola keuangan dengan baik.

- -
Prita Ghozie sebagai pembicara pembuka dalam rangkaian talkshow ini pun membagikan berbagai tips dalam mengelola keuangan. Menurutnya, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memastikan arus pendapatan harus lebih besar daripada pengeluaran untuk memiliki keuangan yang sehat.

“Kalau sudah menganalisis arus pendapatan dan pengeluaran, kita harus mulai bedakan mana yang menjadi kewajiban, kebutuhan, dan keinginan. Lalu kita mulai tentukan persentase masing-masing pos pengeluaran, dan jangan lupa juga sisihkan untuk tabungan dan investasi,” ujarnya.

Setelah Prita berbagi tips mengenai pengelolaan keuangan, Haykal Kamil maju ke hadapan peserta talkshow dan mulai berbagi kisah bisnisnya yang inspiratif. Dirinya memutuskan untuk berbisnis di awal masa-masa kuliahnya saat mengetahui bahwa keluarganya harus menjual mobil untuk membiayai sekolahnya.

Status dirinya sebagai figur publik pun menjadi beban tersendiri dan membuatnya harus berjuang lebih untuk menahan rasa malu. “Terutama di awal-awal, kan saya jualan kaos di pinggiran jalan pas konser Justin Bieber, banyak yang bilang saya jualan karena udah gak laku di TV,” ujarnya mengisahkan perjalanan terjal yang dihadapinya.

Berkat kegigihan, sikap pantang menyerah, dan dukungan dari keluarga akhirnya dirinya bisa memiliki berbagai lini bisnis dibawah bendera Kal’s Corpora. Haykal pun turut berbagi tips dalam menjalankan bisnis. “Usahakan cari partner yang tepat, jaga juga komunikasi yang baik biar ketika pas ada konflik bisa diselesaikan dengan baik,” jelasnya.

- -
Pada kesempatan ini juga Grab for Business pun memperkenalkan Profil Bisnis sebagai salah satu fitur terbarunya. Fitur ini dapat membantu penggunanya untuk memisahkan perjalanan pribadi dan bisnis dengan memberikan tanda terima sekaligus laporan perjalanan bulanan secara otomatis ke email pengguna. “Jadi Grab for Business ini tak hanya untuk perusahaan saja, tapi juga untuk teman-teman freelancer dan pebisnis agar bisa lebih produktif dan efisien,” ujar Pramita Wardani

Banyak hal menguntungkan yang bisa didapatkan dengan mengaktivasi Profil Bisnis. Selain mendapat laporan perjalanan bisnis bulanan, pengguna dapat menghubungkan Grab dengan Concur atau Chrome River untuk mendapatkan laporan pengeluaran perjalanan bisnis setiap bulannya.

Tak hanya praktis, pengguna juga akan mendapatkan poin GrabRewards untuk setiap perjalanan bisnis yang dilakukan. Kemudian pengguna juga dapat mengunduh tanda terima perjalanan dan laporan bulanan dengan mengakses Portal Bisnis Grab for Business dengan memasukkan email yang sudah didaftarkan.

Profil Bisnis ini dapat digunakan oleh pebisnis, pekerja, bahkan pekerja lepas sekalipun. Cukup ganti mode personal ke mode bisnis setiap melakukan perjalanan yang berkaitan dengan pekerjaan.

Cara membuka Profil Bisnis pun cukup mudah :

  1. Buka aplikasi Grab
  2. Masuk ke dalam profil dengan menekan foto/logo akun
  3. Pilih “Edit Profile”
  4. Pilih bagian “Add a Business Profile”
  5. Masukkan email bisnis Anda

Jadi tunggu apa lagi? Aktifkan Profil Bisnis di akun Grab-mu sekarang agar dapat bekerja dengan lebih produktif dan efisien dengan Grab for Business! Untuk informasi selengkapnya, silahkan klik tautan ini .