Advertorial

Bali Investment Trust Realisasikan Proyek Pariwisata Senilai 1,5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 09/08/2019, 09:00 WIB
. .

Perusahaan internasional Bali Investment Trust telah mengajukan kepada Kementerian Pariwisata dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebuah rencana untuk merealisasikan sejumlah proyek pariwisata dengan total nilai 1,5 Miliar Dollar AS atau setara Rp 21 Triliun.

Pada 1 Agustus 2019 lalu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Federasi Rusia bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Forum Bisnis Indonesia-Rusia 2019. Acara dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya dan Direktur Promosi Regional BKPM Indra Darmawan.

Adapun salah satu agenda utama dari forum tersebut adalah presentasi tiga proyek pariwisata yang saat ini sedang direalisasikan. Tiga proyek yang dipresentasikan meliputi:

  • Miraflores

. .

Tujuan dari proyek Miraflores ini adalah mengembangkan ratusan pulau tidak berpenghuni yang berada di wilayah Indonesia tengah, khususnya sekitar Laut Flores. Selain itu, proyek ini juga akan fokus pada pembangunan resor bagi wisatawan dan pengadaan infrastruktur untuk pesawat amfibi.

Dengan menggabungkan dua jenis hiburan, yaitu hiburan aktif dan hiburan privat berupa pulau pribadi, proyek ini diharapkan bisa menyumbang pendapatan negara sebesar lebih dari 1 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 14 trilun pada 2030 mendatang. Itulah kenapa proyek ini diperkirakan akan menjadi salah satu proyek pariwisata terbesar se-Asia Tenggara.

  • Diamond Sanur

. .

Berlokasi di Bali, proyek pengembangan infrastruktur kelautan Indonesia ini bisa dibilang merupakan proyek yang sangat istimewa. Sebab, proyek ini akan mendirikan sebuah fasilitas unik berupa pelabuhan kapal pesiar sekaligus tempat konser dengan konsep panggung mengapung. Diyakini akan menjadi yang pertama di Indonesia, fasilitas multifungsi ini mampu memuat 250 kapal pesiar kelas A dan menampung 15.000 kursi.

Selain itu, fasilitas tersebut juga akan dilengkapi dengan pesisir pantai sepanjang lebih dari 1.400 meter yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan jalan-jalan. Area ini juga bisa dimanfaatkan sebagai lokasi event, seperti acara budaya atau festival.

Sebagai pusat kebudayaan sekaligus tempat wisata yang menawarkan berbagai macam hiburan yang tidak biasa, proyek ini diyakini mampu menarik lebih banyak wisatawan lokal dan mancanegara. Ditambah lagi dengan diadakannya sejumlah event berskala internasional, seperti pertunjukan kapal pinisi pertama di dunia, pertunjukan kapal pesiar internasional, dan perlombaan perahu layar.

Bahkan, tempat ini juga akan dimanfaatkan sebagai tuan rumah berbagai ajang olahraga air dan darat. Hal itu tentunya akan menjadi daya tarik bagi jutaan peminat olahraga dari seluruh dunia. Wajar saja jika nilai total investasi asing untuk proyek ini diperkirakan akan terkumpul lebih dari $ 45 juta.

  • Majestic Bangli

. .

Berlokasi di tengah area Pulau Bali, tujuan yang ingin dicapai dari proyek Majestic Bangli sendiri adalah membangun tujuh objek pariwisata bertaraf internasional yang terinspirasi dari berbagai negara, yaitu kapal kayu khas Venesia, gondola khas Pegunungan Alpen, dan istana dari abad pertengahan. Tidak tanggung-tanggung, total nilai investasi asing diperkirakan akan mencapai 50 juta Dollar AS.

Tidak hanya itu saja, proyek ini juga diharapkan mampu membantu meratakan pertumbuhan sektor pariwisata di Bali, sehingga ketimpangan yang terjadi di Bali Utara dan Bali Selatan bisa dihilangkan. Majestic Bangli akan menjadi salah satu ikon baru pariwisata Bali yang dapat menarik wisatawan.

. .

Pada pertemuan dengan Bali Investment Trust tersebut dari pihak Kementrian Pariwisata diwakili oleh:

Wakil Menteri Pariwisata Republik Indonesia : Nia Nischaya.

Direktur Promosi Regional BKPM: Indra Darmawan.

 

Dari pertemuan menghasilkan Pernyataan bahwa "Kementerian mendukung investasi dari Bali Investment Trust.

Dukungan dan kerja sama seperti ini dari investor asing akan membantu Indonesia untuk meningkatkan dan mengembangkan bidang pariwisata di dunia!

 

. .

Detail proyek dan strategi pengembangan Bali Investment Trust secara keseluruhan akan dipaparkan segera. Termasuk, informasi terbaru dari proyek-proyek ini.