Advertorial

Kini Anak Umur 2 Tahun, Bisa Unjuk Bakat Kendarai BMX di BEARCOFEST 2019

Kompas.com - 15/08/2019, 09:00 WIB
- -

BEARCOFEST 2019 adalah salah satu acara yang diinisiasi oleh komunitas BMX Belticx Kemayoran, Jakarta. Acara ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun komunitas yang jatuh di bulan Agustus. Komunitas Belticx BMX sendiri telah berdiri pada tahun 1995 di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat dengan jumlah anggota saat itu sekitar 20 orang. Nama Belticx mempunyai arti belakang apotek, hal ini dikarenakan base camp komunitas berlokasi tepat di belakang Apotek Serdang.

Pada tahun itu sedang dimulai kebangkitan sepeda BMX setelah era tahun 80-an. Setelah 20 tahun lebih, Belticx BMX mencoba eksis kembali dengan mengadakan acara BEARCO (BElticx Anniversary Race and Competition) yang pertama kali diadakan pada 26 Agustus 2018 lalu bertempat di Satharlan Bike Park, Halim jakarta Timur. BEARCOFEST ini menghadirkan 4 kategori seperti : Pushbike Race, BMX Race, BMX Oldschool Showbike Contest dan BMX Local Heroes dengan masing-masing sub-kategori.

Pelaksanaan BEARCO juga sebagai wadah regenerasi untuk atlet sepeda BMX, pada khususnya, yang dimulai dari usia sangat muda, yaitu 2 tahun. Gelaran tahun lalu dirasa cukup sukses, dimana turut mengantar salah satu peserta yang bernama Shahnaz menjadi pembalap nasional. BEARCO 2018 juga dihadiri oleh peraih medali cabang BMX Race pada helatan Asian Games 2018 yaitu Bagus Saputra, Toni Syarifudin, dan Wiji Lestari.

Tahun ini, BEARCOFEST 2019 akan berlangsung pada Minggu, 25 Agustus 2019 bertempat di Jakarta International BMX Track Pulomas, Jakarta. Acara ini bekerja sama dengan beberapa organisasi seperti Asosiasi BMX Indonesia (ABI), Pushbike Jakarta (PBJ), dan Akademi Sepeda Santoso dan didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (KEMENPORA), Dinas Pemda dan Olah Raga (DISPORA) DKI Jakarta, serta Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI). Dengan dukungan pihak-pihak terkait, diharapkan acara seperti ini dapat lebih berjalan secara profesional yang akan memberikan manfaat dan kemudahan untuk para atlet dan calon atlet penerus.

- -
Berbeda dari sebelumnya, perhelatan tahun ini pemenang lomba BMX Race akan mendapat poin yang masuk ke dalam penilaian mereka yang diakui secara nasional. Kemudian untuk pemenang lomba Local Heroes akan mendapat Golden Tiket untuk berlaga pada kejuaraan bergengsi IOXC (Indonesian Open X-treme Championship).

Para penonton juga harus menyaksikan kategori Pushbike, yaitu perlombaan adu cepat di lintasan dengan menggunakan pushbike/balance bike dengan batasan usia umur per tanggal 25 Agustus 2019. Contoh: Kategori 2 Tahun berarti maksimal per tanggal 25 Agustus 2019 anak berusia 2 Tahun. Bila lewat berarti masuk ke kategori 3 Tahun. Dan seperti itu selanjutnya.

Hal ini sangat menarik untuk melihat keseruan anak-anak calon penerus didukung orangtuanya yang lebih heboh. Gelaran tahun ini juga tetap menampilkan kategori BMX Oldschool Showbike kontes, yang akan menampilkan sepeda-sepeda BMX dari berbagai merk dari tahun-tahun awal munculnya sepeda BMX. Kategori ini juga sangat menarik karena menjadi ajang reuni juga untuk para rider jaman dahulu serta penggemar BMX Oldshool se-Indonesia. Acara BEARCOFEST 2019 dibuka dari pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 18.00 dengan penyerahan piala yang juga dimeriahkan oleh bazaar dan hiburan. (Adv)