Advertorial

Dukung Indonesia Bebas Sampah di 2025, DBS Inisiasi Gerakan “Recycle more, Waste less”

Kompas.com - 16/08/2019, 17:44 WIB

Persoalan sampah terbukti bukan isapan jempol belaka, tak terkecuali di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sampah di Indonesia pada tahun 2019 diperkirakan akan mencapai 68 juta ton dengan 9,52 ton di antaranya berupa sampah plastik. Kondisi memprihatinkan ini pun mengundang perhatian Bank DBS Indonesia. Mengelaborasikan misi “Live more, Bank less” yang diusungnya, Bank DBS Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian lingkungan lewat gerakan “Recycle more, Waste less”.

Keberlanjutan (sustainability) memang merupakan salah satu strategi prioritas Bank DBS Indonesia, baik dari sisi bisnis maupun nilai-nilai perusahaan. Lewat gerakan ini, Bank DBS Indonesia pun menjadi salah satu penggerak program peduli lingkungan berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih gaya hidup yang minim sampah dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai institusi perbankan, kami ingin mendukung program pemerintah yaitu Indonesia Bersih Sampah 2025 dengan menginisiasi sebuah program peduli lingkungan yang berkelanjutan bernama Recycle more, Waste less untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat Indonesia dan bagaimana kita bisa mengambil langkah nyata dan membuat perubahan,” kata Executive Director, Head of Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika dalam keterangan tertulisnya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk turut serta mendukung gerakan ini. Fase pertama adalah dengan mendukung pledge pada halaman Recycle more, Waste less yang sudah berjalan sejak April 2019 lalu. Cara lain adalah dengan mengunggah foto ke akun media sosial dengan memberikan tagar #Recyclemorewasteless dan #IndonesiaBersihSampah2025 lalu membagikannya kepada tiga teman. Setiap satu dukungan yang diberikan akan dihargai senilai Rp 1.000,00. Dana yang terkumpul hingga akhir tahun akan disumbangkan kepada wirausaha sosial yang bergerak di bidang lingkungan dan akan dipergunakan untuk program edukasi sampah pada masyarakat.

Selain itu, gerakan ini juga mengajak masyarakat untuk melaporkan penumpukan sampah ilegal di sekitarnya lewat media sosial Instagram serta Twitter dengan tagar #Recyclemorewasteless #IndonesiaBersihSampah2025 dan #(nama daerah)BersihSampah. Laporan ini kemudian akan ditindaklanjuti oleh wirausaha sosial yang peduli lingkungan, Waste4Change yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Tak sampai di situ saja, fase kedua dari kampanye ini pun telah dimulai sejak 5 Juli hingga 30 September 2019 mendatang. Pada fase lanjutan ini, Bank DBS Indonesia memberikan penawaran istimewa untuk setiap transaksi kartu debit dan kartu kredit digibank by DBS di merchant yang bekerja sama seperti Mall Kota Kasablanka , Krispy Kreme , Cinema XXI , dan All Fresh . Para nasabah yang bertransaksi ini akan mendapatkan green kit berupa satu set sedotan stainless steel yang ramah lingkungan.

Tercatat hingga Rabu (14/8), sebanyak lebih dari 89 ribu partisipan telah mendukung gerakan Recycle more, Waste ess ini. Bank DBS Indonesia pun berharap agar semakin banyak masyarakat yang mendukung gerakan ini sehingga semakin banyak dana yang bisa dialokasikan untuk edukasi tentang pentingnya menjaga sustainability lingkungan tempat kita tinggal.

Kompas.com pun berkesempatan untuk menggali lebih dalam tentang semangat Recycle more, Waste less yang digaungkan. Dalam sebuah sesi wawancara di kantor Bank DBS Indonesia pada Rabu (14/8), lebih lanjut Mona menjelaskan bahwa gaya hidup ramah lingkungan ini pun telah lama diterapkan di dalam lingkungan Bank DBS Indonesia. Di antaranya lewat pengelolaan sampah yang lebih bijaksana di lingkungan internal lewat kemitraan dengan Waste4Change untuk melakukan pengelolaan sampah.

- -

“Secara internal kami ingin mengubah culture perusahaan dalam mengelola sampah dan menggunakan barang dalam keseharian mereka. Kebiasaan itu nantinya bisa dibawa pulang dan diharapkan bisa membawa perubahan dalam komunitas yang lebih besar,” lanjutnya.

Perubahan bisa dilakukan dengan mulai melakukan kebaikan dan mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit sehingga dampaknya pun akan terasa di kemudian hari dalam jangka panjang. Ke depannya, Bank DBS Indonesia pun akan terus melanjutkan komitmen gaya hidup berkelanjutan yang sejalan dengan semangat “Live more, Bank less.”

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com