Advertorial

Dinilai Edukatif Siswa Asal Maluku Ini Berharap Program SMN Bisa ‘Panjang Umur’

Kompas.com - 20/08/2019, 14:31 WIB
- -

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku berharap program SMN dapat terus berjalan setiap tahunnya, agar semakin banyak siswa asal Maluku yang mendapatkan kesempatan serupa.

Hans Pirsouw, salah satu peserta SMN asal SMK Kristen Seram Barat, mengaku senang dapat mengikuti kegiatan SMN yang digelar BUMN ini. Baginya, kegiatan ini merupakan pengalaman berharga.

"Pasti senang sekali ya bisa datang ke ibu kota Negara. Apalagi kegiatannya ini juga sangat bermanfaat, kita bisa dapat ilmu disini, bisa belajar kemandirian juga. Selain itu kita di sini juga bisa merasakan kota Jakarta, kita juga bisa merasakan naik MRT dan Bus Transjakarta. Ini juga suatu hal yang baru bagi kita," ungkap siswa kelas 12 itu.

SVP Umum & PKBL PT Pupuk Indonesia (Persero) Yana Nurahmad menambahkan, pihaknya berharap pengalaman dan wawasan yang diterima para peserta SMN selama di Jakarta bisa dibagikan ke lingkungannya saat kembali ke Maluku.

- -
Yana menerangkan, para peserta SMN di Jakarta akan disibukkan dengan beragam kegiatan edukasi. Nantinya, para pelajar tersebut juga akan mengunjungi salah satu sekolah unggulan MH Thamrin di Jakarta Timur. Tak hanya itu, mereka juga akan dibekali wawasan tentang entrepreneurship di Rumah Kreatif BUMN serta mengunjungi pabrik dan proyek BUMN yang ada di Jakarta. Selain itu, para siswa tersebut juga akan mengunjungi tempat bernilai sejarah seperti Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, maupun Gereja Katedral.

Secara keseluruhan para siswa-siswi itu mengikuti rangkaian kegiatan tersebut selama 10 hari, dimulai sejak 14 Agustus 2019. Sejak kedatangannya, ke-23 siswa itu juga telah mengikuti program edukasi wawasan kebangsaan dan bela negara dari Paskhas 461 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma. Tujuan dari rangkaian kegiatan tersebut dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para siswa-siswi asal Maluku ihwal kebudayaan di Indonesia khususnya di DKI Jakarta.