Advertorial

Solusi Internet of Things untuk Mengelola Listrik dengan Cerdas, Aman, dan Efisien

Kompas.com - 03/09/2019, 19:53 WIB
. .

Listrik adalah faktor fundamental yang menggerakkan segala aktivitas manusia, baik kegiatan perseorangan maupun aktivitas bisnis berskala masif. Namun, bukan rahasia jika topik kelistrikan pun dibayangi oleh berbagai isu, mulai dari keamanan dan keselamatan, efisiensi, hingga energi berkelanjutan (sustainable energy). Karenanya, suplai energi listrik dalam setiap aspek kehidupan harus menjadi perhatian tersendiri.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pendistribusian listrik pun semakin cerdas. Salah satu yang paling terlihat adalah cara penyaluran listrik pada bangunan dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT). Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Executive Vice President Energy Management Business Schneider Electric, Philippe Delorme, pengimplementasian IoT dalam distribusi listrik sebuah bangunan secara nyata mampu meningkatkan performa, keamanan, efisiensi, dan sustainability dari energi yang digunakan.

Pengaplikasian listrik cerdas pada bangunan sendiri telah dilakukan oleh Schneider Electric lewat solusi EcoStruxure™ yang digagasnya. Inovasi ini merupakan solusi listrik yang terdigitalisasi dengan IoT yang beroperasi lintas platform. Solusi ini menyediakan sejumlah data yang akan menjadi dasar untuk kegiatan operasional, mempertahankan regulasi sehari-hari, dan melindungi orang serta aset di dalamnya.

Solusi EcoStruxure™ dimulai dengan konektivitas IoT pada smart panel yang dimilikinya. Panel cerdas ini berkomunikasi satu sama lain dan dengan penggunanya tentang apa yang terjadi di dalam seluruh sistem kelistrikan dalam sebuah bangunan. Misalnya ketika terjadi gangguan listrik yang menyebabkan suatu sistem tidak berfungsi, EcoStruxure™ akan melakukan verifikasi, mengidentifikasi masalah, dan memberikan notifikasi tentang sumber penyebabnya langsung ke smartphone pengguna.

Konektivitas EcoStruxure™ juga dapat memaksimalkan pengawasan dan peningkatan efisiensi energi listrik. Pemilik bangunan dapat melacak penggunaan listrik dan memperhitungkan besaran energi yang dapat dihemat. Schneider sendiri membangun sebuah ekosistem yang terdiri dari integrator, installer, dan system integrators (EcoXperts) terkait. Ekosistem inilah yang melakukan kolaborasi serta berinovasi dengan cara membantu pemilik bangunan kecil dan menengah dalam mengadopsi EcoStruxure™, mulai dari instalasi hingga manajemen energi.

Kenali EcoStruxure™ lebih dalam dengan bertemu dan mendengarkan langsung penjelasan para ahli dari Schneider di pameran Electric & Power Indonesia 2019. Eksibisi energi dan listrik terbesar di ASEAN ini akan dilaksanakan tanggal 11 – 14 September 2019 mendatang di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Anda bisa mengunjungi Schneider Electric di Hall A1 booth nomor 1202. Daftarkan diri Anda di tautan ini untuk mengunjungi booth Schneider Electric di Electric & Power Indonesia 2019.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, yakni tahun 2017 lalu, pameran ini diikuti oleh 919 perusahaan dan dihadiri lebih dari 17 ribu pengunjung. Namun,tak perlu khawatir jika Anda tak sempat hadir dalam Electric & Power Indonesia 2019. Informasi lebih lanjut tentang produk dan inovasi Schneider dapat disaksikan lewat www.se.com/id