Advertorial

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Raih Penghargaan Asia’s Top Sustainability Superwomen

Kompas.com - 07/09/2019, 18:21 WIB

BPJS Ketenagakerjaan kembali mengukir prestasi melalui penghargaan bertaraf internasional yang diberikan kepada Evi Afiatin selaku Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan. Bersama 27 sosok pemimpin perempuan lainnya yang berasal dari 11 negara di Asia, Evi terpilih sebagai salah satu Asia’s Top Sustainability Superwomen.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Evi sebagai wujud pengakuan atas kepemimpinan dan kiprahnya dalam membawa perubahan serta perbaikan melalui sejumlah strategi dan inisiatif berkelanjutan yang dilakukan di dalam maupun di luar institusi yang dipimpin.

Proses pemilihannya pun tidak tanggung-tanggung, yaitu melalui penilaian dan seleksi ketat dari pihak dewan juri internasional. Pada tahun ini, total ada sebanyak 126 pemimpin perempuan inspiratif dari 20 negara di Asia yang terpilih sebagai nominator peraih Asia’s Top Sustainability Superwomen.

Bertempat di Novotel Clarke Quay, Singapura, acara Asia Sustainability Reporting Summit yang digelar oleh CSR Works International berlangsung pada 4-5 September 2019 lalu. Momen penyerahan Certificate of Recognition kepada para pemimpin perempuan terpilih dilakukan oleh CEO Global Reporting Initiative (GRI) Tim Mohin dan Chief of Network Engagement and Regional Implementation Officer GRI Ásthildur Hjaltadóttir.

Seperti diketahui, Asia’s Top Sustainability Superwomen merupakan kegiatan tahunan proyek nirlaba yang diselenggarakan oleh CSRWorks International sebagai bentuk pengakuan terhadap para pemimpin perempuan yang dinilai telah berkontribusi dalam melakukan perubahan untuk keberlangsungan perusahaan serta kehidupan sosial yang lebih baik.

Dalam sambutannnya, Evi menyampaikan bahwa penghargaan yang ia terima ini merupakan pengakuan dari dunia internasional terhadap inisiatif strategis yang terus-menerus dilakukan untuk perubahan lebih baik bagi institusi maupun lingkungan sekitarnya. BPJS Ketenagakerjaan sendiri tidak pernah berhenti mendorong para karyawannya untuk senantiasa berinovasi, berinisiatif, dan berkontribusi dalam upaya menjaga kelangsungan serta memberikan nilai tambah kepada institusinya.

“Penghargaan ini bukan hanya untuk diri saya pribadi, tetapi tentu saja untuk para pimpinan dan seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan yang telah memberikan dukungan penuh melalui kerja sama tim yang solid. Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemicu untuk bekerja lebih baik lagi,”ungkap Evi

Pimpinan CSR Works International, Rajesh Chhabra, mengatakan, “Kami sangat senang atas peran para wanita super ini yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan mereka masing-masing. Kami berharap melalui penganugerahan atas pencapaian yang telah mereka tunjukkan ini, dapat menginspirasi pemimpin wanita lainnya untuk menjadi pemimpin yang terus berkontribusi baik di dalam maupun di luar perusahaan.”

Dalam acara yang sama, Evi juga tampil sebagai salah satu pembicara. Ia berkesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di hadapan 300 peserta sekaligus perwakilan dari berbagai perusahaan negara di Asia.

“Merupakan kehormatan untuk dapat berbagi pengalaman dengan beberapa pembicara lain dan para peserta, khususnya terkait penggunaan Intergrated Report sebagai alat komunikasi yang cukup komprehensif kepada stakeholder terkait strategi dan inisiatif sebuah institusi untuk dapat memberikan nilai tambah yang berkelanjutan tidak hanya secara finansial tetapi juga terhadap nilai-nilai non finansial yang sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan institusi tersebut dan juga masyarakat sekitarnya,” ujar Evi.

Kemudian, ia menambahkan, “Kami berupaya untuk menggunakan Integrated Report sebagai alat bantu untuk menumbuhkan budaya integrated thinking, menghilangkan cara perpikir silo dan berorientasi tidak hanya untuk jangka pendek tetapi juga jangka menengah dan jangka panjang”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com