Advertorial

Transformasi Digital, Tantangan Sekaligus Jawaban Perusahaan di Era Modern

Kompas.com - 12/09/2019, 08:37 WIB

Tak bisa dipungkiri, digitalisasi kini telah merambah ke segala bidang. Misalnya saja di bidang keuangan, kegiatan perbankan kini tak perlu lagi dilakukan di kantor bank atau di ATM, melainkan cukup dengan beberapa tombol di aplikasi mobile. Digitalisasi pun terjadi di bidang transportasi, hiburan, hingga sektor pertanian.

Keadaan ini mau tak mau memaksa perusahaan dan bisnis untuk menyesuaikan diri dengan melakukan transformasi digital. Meski bukan hal yang bisa ditaklukkan dalam satu malam, transformasi digital adalah tantangan yang akan membuka berbagai peluang baru untuk mengembangkan perusahaan.

Hal inilah yang dibahas dalam acara talkshow bertajuk “Tantangan dan Peluang Bisnis dalam Menghadapi Transformasi Teknologi” yang diselenggarakan oleh Harian Kompas dan Synnex Metrodata Indonesia (SMI) di Jakarta pada Rabu (4/9). Acara ini dihadiri oleh sejumlah perwakilan start up serta perusahaan lain yang bergerak di berbagai bidang.

Hadir sebagai salah satu pembicara, CFO MaxPower Group Frans Budi Pranata yang juga merupakan digital transformation coach. Menurut Frans, perusahaan mutlak harus menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi di sekitarnya agar mampu bertahan di dunia bisnis. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital yang telah ada kemudian menerapkannya ke dalam perusahaan itu sendiri.

“Adaptasi terhadap perubahan teknologi wajib dilakukan dan keberhasilan terbaik yang bisa dicapai ditentukan dari kemampuan digital yang dimiliki oleh perusahaan,” tutur Frans kepada para peserta.

Dalam kesempatan yang sama, hadir juga sejumlah narasumber lainnya yang mengupas isu terkait. Dari sudut pandang penyedia software, hadir Senior Channel Executive MNA Indonesia-Phillipines Microsoft, Willy Hendrajudo yang mengupas tentang bagaimana Microsoft menyesuaikan cara kerja untuk mengakomodasi dinamika lingkungan di sekitarnya.

Selain itu, hadir pula Technical Sales Consultant Business PC HP Indonesia, Christofer Yonathan yang memperkenalkan teknologi terbaru dari HP untuk bekerja dengan aman dan nyaman.

Lingkungan dan cara kerja masa kini memang sudah berubah. Bekerja kini tak harus dari ruang kantor, melainkan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Karenanya, perusahaan pun harus ditunjang dengan perangkat yang mumpuni.

“Sekarang semua sudah mengarah ke digital, kita ingin sosialisikan keunggulan dari Windows 10 yang bisa mendukungdigital transformation. Kita lihat perusahaan dan start up sudah mulai ke arah sana, termasuk UKM, karena itu kita ingin memperkenalkan produk kita yang bisa membantu mereka dalam memudahkan efisiensi dalam pekerjaannya,” kata Business Manager SMI, Vivin Alianto dalam kesempatan yang sama.

- -

Sebagai distributor resmi produk Information Communication Technology (ICT) terpercaya di Indonesia, SMI menyediakan software dan hardware yang keasliannya terjamin. Agar mempermudah konsumen, SMI pun menyediakan layanan electronic software delivery (ESD) untuk transaksi yang cepat dan aman.

Dengan membeli produk Microsoft menggunakan ESD, product key akan dikirimkan secara digital lewat email. Konsumen bisa mendapatkan produk Microsoft yang terjamin keasliannya dari reseller yang telah terafiliasi dengan SMI yang tersedia di berbagai kota ataupun melalui JD.ID. Kunjungi tautan ini untuk informasi lebih lanjut tentang pilihan produk Microsoft dari SMI.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.