Advertorial

Ibu Menyusui Mau Tampil “Fashionable”? Ini Tips dari Zee Zee Shahab dan Sonya Fatmala

Kompas.com - 17/09/2019, 20:24 WIB
. .

Pada masa menyusui setiap ibu pastinya lebih mementingkan tugas mulianya memberikan asupan ASI yang cukup bagi anak. Keinginan bereksperimen dengan gaya pakaian sehari-hari supaya bisa tampil modis di berbagai kesempatan atau berfoto OOTD sambil menggendong si buah hati layaknya para selebritis pasti ada. Namun, untuk mewujudkannya terkadang ibu menghadapi dilema.

Tidak semua model pakaian yang fashionable memberi kemudahan bagi ibu untuk menyusui. Sementara jika ingin benar-benar nyaman pilihan model pakaian pun pastinya tidak jauh-jauh dari kemeja atau blouse longgar. Alhasil gaya pakaian kurang beragam dan kurang segar.

Namun, sesungguhnya para ibu menyusui bisa tetap tampil cantik dan fashionable. Kuncinya adalah cerdas memadu padankan jenis pakaian yang ramah ibu menyusui dan menyesuaikan tampilan make up dengan aktivitas.

Dua selebritis yang saat ini tengah menikmati perannya sebagai ibu muda yaitu Zee Zee Shahab dan Sonya Fatmala berbagi tips dan triknya dalam Parents Session #MenjagaKasihIbu bertema “Tampil Fashionable Selama Menyusui Ala Millenial Moms”, Sabtu (14/9/2019) di Ballroom Meridien, Holiday Inn Bandung.

Acara tersebut digelar oleh Asifit bersama Nakita.id untuk memberi inspirasi tampil fashionable tanpa mengorbankan kenyamanan bagi para ibu menyusui. Acara juga menghadirkan Konselor Laktasi dr Ameetha Drupadi CIMI dan Manager Marketing CHP Kimia Farma Bayu Sulendrotomo, dan brand ambassador Nakita.id Glory Oyong sebagai moderator.

Pada acara yang dihadiri oleh lebih dari 200 ibu millennial tersebut Zee Zee Shahab mengatakan meskipun menyusui ibu harus tetap memperhatikan penampilan. Ibu dari Khaleev (7) dan Kaisar (1) tersebut memberi referensi pakaian yang fashionable untuk bepergian tetapi ramah ibu menyusui.

Ia menyampaikan trik mix and match yang sesuai untuk ibu yang ingin bepergian berdasarkan pengalamannya saat liburan selama menyusui. Tidak lupa, Zee Zee yang juga adalah brand ambassador Asifit juga memberi referensi make up sederhana untuk ibu menyusui agar wajah tetap segar.

. .

Sama seperti Zee Zee Shahab, selebritis sekaligus influencer dan mompreneur Sonya Fatmala memberikan referensi tampilan yang cocok bagi ibu menyusui untuk acara formal, tampilan kasual untuk jalan-jalan saat akhir pekan, hingga tampilan untuk liburan bersama keluarga.

Senada dengan Zee Zee Shahab dan Sonya Fatmala, menurut Konselor Laktasi dr Ameetha Drupadi CIMI memperhatikan penampilan juga tidak kalah penting bagi ibu menyusui. Menurutnya setiap ibu harus tetap merasa percaya diri dengan tampil cantik. Namun, dokter Ameetha menyarankan ibu lebih selektif memilih model pakaian.

“Gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan bahannya mudah menyerap keringat. Hindari aksen manik-manik atau tali dan logam di sekitar bagian dada. Pakaian diutamakan yang bukaan depan atau model baju menyusui lainnya,” saran dokter Ameetha.

Setiap ibu, lanjut dokter Ameetha, juga wajib membawa perlengkapan seperti apron menyusui, tisu basah atau antiseptik, dan wadah penampungan ASI perah saat bepergian bersama si kecil.

. .

Setelah memperoleh pengetahuan dari Zee Zee Shahab, Sonya Fatmala, dan dr Ameetha Drupadi seputar penampilan selama menyusui, dua ibu millennial yang hadir dalam Parents Session diajak mencoba mix and match pakaian pada manekin.

Sonya, Zee Zee, dan dokter Ameetha menjadi juri untuk menilai mix and match yang paling cantik dan sesuai dengan kebutuhan ibu menyusui. Peserta dengan mix and match terbaik kemudian diberikan hadiah berupa voucher belanja.

Menjaga kecukupan ASI saat bepergian

Demi menjaga kecukupan ASI untuk si kecil, saat bepergian ibu juga harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi. Zee Zee Shahab dan Sonya Fatmala menyampaikan bahwa selain pakaian yang nyaman dan perlengkapan menyusui, ibu juga dapat membawa suplemen khusus untuk ibu menyusui.

Ibu dapat memilih suplemen yang terbuat dari ekstrak daun katuk alami seperti Asifit. Suplemen ini dapat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI. Asifit dapat dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari dengan dosis satu kaplet untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas ASI.

Manager Marketing CHP Kimia Farma Bayu Sulendrotomo mengatakan selain dapat memperlancar ASI secara alami, Asifit juga memiliki manfaat untuk menjaga kebugaran ibu menyusui.

. .

“Ini berkat adanya kandungan vitamin B1, B2, B6, dan B12 di dalamnya. Kandungan vitamin-vitamin tersebut akan membantu ibu selalu bugar selama menyusui,” ujar Bayu. Tidak hanya bagi ibu, kandungan vitamin B kompleks tersebut juga membuat ASI lebih berkualitas sehingga si kecil tetap sehat dan terjaga kebutuhan nutrisinya selama bepergian.

Kelebihan lainnya, kemasannya praktis sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja oleh ibu menyusui. Asifit juga aman dikonsumsi. Suplemen ini bahkan bisa mulai dikonsumsi ibu sejak usia kandungan tujuh bulan agar ASI lancar setelah melahirkan. Kelebihan-kelebihan ini membuat Asifit dinobatkan sebagai Top Brand 2019 untuk kategori Breastmilk Booster.

Parents Session di Bandung ditutup dengan sesi tanya jawab dan penulisan kartu #LovingNotLabelling. Setiap peserta boleh menuliskan dukungan bagi sesama ibu menyusui yang hadir agar tetap semangat menjadi pejuang ASI.

Parents Session sebelumnya telah sukses digelar oleh Asifit bersama Nakita.id di Jakarta. Mendukung program pemerintah untuk menjaga kecukupan ASI dan Gerakan ASI Eksklusif, Asifit bersama Nakita.id akan menghadirkan talkshow ini di kota-kota lainnya. Selanjutnya Parents Talk akan hadir di Surabaya dan Makassar.