Advertorial

Makassar Buktikan Builder Lokal Makin Canggih dalam Costum Motor

Kompas.com - 20/09/2019, 19:31 WIB
- -

Bagi pecinta costum roda dua dan custom, tentu Suryanation Motorland menjadi acara yang ditunggu-tunggu. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat Makassar yang antusias untuk menghadiri Suryanation Motorland Battle Seri Ketiga, pada (07/09/2019) lalu. Mengusung tema “Inspiration in Action”, acara ini berhasil menghadirkan konten acara yang menarik.

Custom Bike Contest Suryanation Motorland di Makassar ini memiliki peserta paling banyak jika dibandingkan dengan dua kota sebelumnya, yaitu Medan dan Palembang. Sebanyak 131 motor custom berhasil dipamerkan dalam acara ini.

Pada seri ketiga ini, motor Harley Davidson FXR tahun 1984 milik Achmad Syahril berhasil menjadi motor Best of The Best di Makassar. Motor yang bergaya chopper ini merupakan hasil kolaborasi ide dan pengerjaan bersama dengan Protechnics Motor.

Setelah menjadi pemenang Suryanation Motorland 2017 dan melakukan perjalanan ke Verona, Achmad Syahril dan Protechnis Motor mendapatkan ide segar untuk mengerjakan motor ini. “Kami banyak berdiskusi mengenai ide dan juga konsep untuk membuat sebuah motor. Setelah kembali ke Indonesia akhirnya kami mulai untuk mengerjakan proyek motor ini,” ujar Achmad.

- -
Kolaborasi untuk pengerjaan seluruh bidang mesin seperti cover girbox, cover rocker arm, primery cover, intake carburator dan detail lainnya dikerjakan dengan cara diukir layaknya karya seni oleh David Rock Stone. Sedangkan untuk proses finishing custom painting dikerjakan oleh Hacka Pinstriping.

Eksperimen pada motor ini terlihat pada sebuah frame model rigid yang diramu dengan front end single rider dan diaplikasikan pada mesin Harley Davidson FXR. Selain menjadi motor Best of The Best, motor ini juga berhasil menjadi The Best Painting dan The Best America V-Twin di kota Makassar.

“Motor Best of The Best pada tahun ini merupakan salah satu wujud kerjasama yang luar biasa dan merupakan salah satu tujuan dari Suryanation Motorland untuk terus memberikan inspirasi kepada builder-builder Indonesia. Ketika mereka mendapatkan sebuah inspirasi akhirnya mereka mulai membuat sebuah karya yang luar biasa,” tutup Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Dewan juri yang hadir menyatakan bahwa tahun ini kualitas kaarya peserta mengalami peningkatan. Menurut Veroland dan Dodi Chrome Cycles yang menjadi juri pada tahun ini menyatakan bahwa tahun ini dari segi gaya custom lebih bervariatif. Ini tandanya builder-builder lokal makin berani menampilkan karya terbaik mereka.

Senada dengan mereka, juri internasional asal Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company menambahkan dirinya sudah beberapa kali ke Indonesia dan melihat ada peningkatan kualitas dari tahun ke tahun. Ia menyebutkan teknologi internet bisa sangat membantu builder untuk mendapatkan referensi dalam membuat sebuah motor. Kurosu juga akan membangun motor baru yang terinspirasi dari salah satu motor kontestan di Suryanation Motorland Battle Makkasar saat tiba di Jepang nanti.

Tak hanya dari jumlah peserta saja, masyarakat Makassar juga antusias dengan acara yang digelar di Phinisi Point ini. Hal ini terlihat dari pengunjung yang terus berdatangan ke lokasi acara dari siang hingga malam hari.

Pengunjung yang datang mengikuti berbagai permainan yang ada, melihat pertunjukan Live Artworker dari Freeflow, Petrichor Tattoo dan juga Never Too Lavish, menikmati area F&B dan juga melihat apparel-apparel dari Tigrehood dan juga Von Dutch. Di penghujung acara, para pengunjung dihibur oleh penampilan Bondan Prakoso dan Noah yang berhasil membuat lokasi acara dipadati pegunjung.

Bagi Anda yang ingin datang langsung dan merasakan keseruan acara ini, Suryanation Motorland selanjutnya akan diadakan di kota Denpasar tanggal 28 September 2019, Surabaya pada 19 Oktober 2019, dan final di Jakarta pada bulan November nanti. Ikuti terus informasinya di Situs web Suryanation Motorland , kanal Youtube official Suryanation Motorland, akun Instagram @suryanation_motorland atau Facebook Suryanation Motorland 2019 .