Advertorial

Apresiasi Rektor dan Dosen Berdedikasi, Kemenristekdikti Gelar Academic Leader Award 2019

Kompas.com - 02/10/2019, 18:12 WIB

Kemajuan pendidikan tinggi di tanah air tidak lepas dari peran akademisi, khususnya para rektor dan dosen. Upaya mereka dalam mengembangkan bidang ilmu yang ditekuninya akan berbuah peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi tempat mereka mengabdi. Perguruan tinggi akan mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Memberi apresiasi atas dedikasi dan kontribusi para akademisi, khususnya rektor dan dosen, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar sebuah ajang penghargaan bertajuk Academic Leader Award 2019, Selasa (1/10/2019) lalu. Bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Ajang penghargaan yang digelar di Hotel Vertu, Harmoni, Jakarta tersebut dihadiri oleh rektor, dosen, dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Direktur Jendral Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa cita-cita mencetak SDM unggul yang menjadi fokus pemerintah saat ini tidak akan dapat terwujud tanpa adanya perguruan tinggi berkualitas dan memiliki iklim akademik yang kondusif. Oleh sebab itu setiap perguruan tinggi memerlukan kehadiran dosen-dosen yang andal di bidangnya dan rektor dengan skill kepemimpinan yang baik.

“Perguruan tinggi berkualitas ada karena dosen-dosen yang andal. Selain itu, dibutuhkan rektor dengan kemampuan leadership yang baik juga. Kemampuan tersebut menjadi modal utama bagi rektor untuk memimpin perguruan tinggi,” ujarnya.

Penghargaan dalam Academic Leaders Award 2019 terbagi dalam dua kategori besar yaitu kategori Dosen Academic Leaders untuk dosen mereka yang berdedikasi mengembangkan bidang keilmuannya, Dosen dengan tugas tambahan sebagai rektor atau kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti).

. .

Academic Leaders Award diharapkan juga dapat mendorong dosen agar lebih fokus mengembangkan bidang keilmuan yang dikuasai hingga menjadi inspirasi bagi rekan sejawatnya.

Ghufron mengatakan, saat ini tidak sedikit dosen yang mengesampingkan tugas pokoknya dalam pengembangan bidang keilmuan yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Banyak dosen yang memilih mengejar karier hanya untuk jabatan struktural semata.

Oleh sebab itu, tidak hanya apresiasi. Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti melalui penghargaan ini juga ingin membangun kesadaran kepada para dosen dan rektor di seluruh Indonesia untuk melakukan hal yang sama dengan para penerima penghargaan yaitu berdedikasi melaksanakan tugas pokoknya.

“Dosen-dosen yang menerima penghargaan di ajang ini adalah mereka tidak melupakan khitahnya yaitu karier akademik dan menjadi pemimpin di bidang keilmuannya. Khusus kategori rektor, kami memberi penghargaan bagi mereka yang mampu membawa lompatan atau perubahan dalam memajukan institusinya,” kata Ghufron.

Para akademisi penerima penghargaan

Bunyamin Maftuh, Direktur Karier dan Kompetensi SDM Iptek dan Dikti, mengatakan penerima penghargaan dalam ajang Academic Leaders Award 2019 ditentukan dengan mempertimbangkan skill kepemimpinan yang dimiliki yaitu visioner, menginspirasi, mendorong atau memotivasi, serta unggul.

. .

“Kandidat harus memiliki visi ke depan, karyanya harus bisa menjadi rujukan bagi orang lain, memiliki kemampuan manajemen mumpuni untuk menghadirkan tata kelola yang baik, serta unggul dalam akademik, juga inovasi. Para kandidat adalah yang terbaik, telah tersaring dan kami beri penilaian,” ujar Bunyamin Maftuh.

Pada malam puncak penganugerahan Academic Leaders Award 2019, puluhan dosen, baik yang berfokus pada perekembangan dan pengajaran di bidang ilmu yang dikuasainya maupun yang berfungsi tambahan sebagai rektor dan pimpinan LL-Dikti, hadir. Berikut nama-nama dosen dan rektor yang menerima penghargaan.

 

Kategori Dosen sebagai Academic Leader

1. Bidang Kependidikan


Pemenang: Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed. (UPI)

Runner up : Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si. (UNY)

2. Bidang Sosial Humaniora


Pemenang: Mahfud Sholihin, Prof., M.Acc., Ph.D. (UGM)

Runner up : Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. (Binus University)

3. Bidang Seni Budaya


Pemenang: Juju Masunah, M.Hum.,Ph.D. (UPI)

Runner up : Prof. Dr. Djatmika, M.A. (UNS)

. .

4. Bidang Sains

Pemenang: Prof. Dr. Eng. Khairurrijal M.Si. (ITB)

Runner up : Prof. Dr. Drs.Darminto M.Sc (ITS)

5. Bidang Teknologi


Pemenang: Prof. Dr. Slamet Budijanto (IPB)

Runner up : Prof. Arief Budiman, D.Eng (UGM)

6. Bidang Kemaritiman


Pemenang: Prof. Dr. Ketut Buda Artana, S.T., M.Sc. (ITS)

Runner up : Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc (Unsyiah)

7. Bidang Pertanian


Pemenang: Prof. Dr. Ir. Siti Subandiyah, M.Agr.Sc. (UGM)

Runner up : Prof. Dr. Enos Tangke Arung (Unmul)

8. Bidang Kesehatan


Pemenang: Prof.Dr. Daryono Hadi Tj. Apt.,M.Sc.Eng. (ITB)

Runner up : Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswo dr.,Sp.KK(K),FINSDV (Unair)

. .

Kategori Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor

1. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTN-BH


Pemenang: Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. (UGM)

Finalis kedua: Dr. Arif Satria (IPB)

2. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTN BLU


Pemenang: Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA (Unsrat)

Finalis kedua: Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. (UNP)

3. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTS


Pemenang: Prof. Dr . Ir. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T. (Untar)

Finalis kedua: Prof.Dr.H. Edi Setiadi,SH.,MH. (Unisba)

 

Kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti)

Pemenang: Dr. Ir Suprapto, DEA (LL-Dikti Wilayah VII Jawa Timur)

Finalis kedua: Dr. Ir. Illah Sailah, M.S (LL-Dikti Wilayah III DKI Jakarta)

. .

Malam puncak Academic Leaders Award 2019 turut diramaikan dengan tarian oleh para profesor dari Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI), band dosen dari Universitas Trisakti, dan penampilan solo dari salah satu Dosen Universitas Indonesia (UI).

Tampak hadir pula sejumlah pejabat Kemenristekdikti, seperti Sekretaris Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Anondho Wijanarko, Sekretaris Ditjen Riset dan Pengembangan Prakoso, Direktur Sarana dan Prasarana Sofwan Effendi, dan Plt Direktur Kualifikasi SDM Juniarti Duwi Lestari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com