Advertorial

NEAL, Grup Musik Pop Alternatif Asal Kota Hujan yang Kembali dengan Senandika

Kompas.com - 07/10/2019, 15:43 WIB
- -

Grup musik pop alternatif asal Bogor, NEAL kembali ke ranah musik Indonesia dengan meluncurkan album baru bertajuk “Senandika” pada 2018 lalu. Grup musik pop alternatif yang digawangi oleh enam personil, yakni Luthfie Rizaldi (vokal), Arka Achmad (keyboard), Deni 'Denol' Noviandi (gitar), Aditya 'Dc' Maulana (gitar), Adie Prasetya (bass), dan Aditya Maulana (drum) ini mengakui dalam perjalanannya sebagai band, NEAL butuh waktu khusus untuk melanjutkan bercerita dan mencurahkan ide-ide untuk musiknya.

Memulai perjalanannya sejak November 2004 dengan nama Daylight, NEAL mantap berganti nama pada tahun 2017 lalu. Band asal Bogor ini mulai menjadi salah satu nama yang diperhitungkan di kancah musik pop alternatif kota hujan tersebut sejak tahun 2007 lewat album kompilasi "Shall We Go Now" bersama sejumlah nama lainnya.

Langkah NEAL semakin mantap lewat beberapa panggung di kota Bogor dan sekitarnya, sebuah bukti sambutan yang positif dari penikmat musik di genre tersebut. Meski sempat terhenti karena keterbatasan waktu para personilnya, NEAL menganggap itu bagian dari sebuah tahap yang harus dilalui dan proses pendewasaan sebagai sebuah band. Setelah rehat, NEAL kembali dengan semangat dan formula musik yang baru.

Tak hanya nama yang berubah, NEAL juga merekontruksi musik bernuansabritpop yang dulu diusungnya menjadi lebih berbeda. Alunan dan beat dalam nomor andalannya kini semakin kaya dengan suntikan elemen shoegazing dan dream pop ala para musisi Inggris, khususnya dari Creation Records.

Setelah absen di beberapa gigs, baik di Bogor dan Jakarta, NEAL pun akhirnya kembali naik panggung memainkan lagu-lagunya yang kini telah digubah dengan aransemen baru. Diproduksi di bawah naungan Tromagnon Records, lagu-lagu ini pula yang turut hadir dalam album “Senandika” yang telah rilis pada Maret 2018 lalu secara fisik maupun di sejumlah platform musik digital.

Memulai kembali dari tanah kelahirannya, NEAL mendapatkan tanggapan yang cukup baik. Selain disambut meriah di beberapa gigs di kota Bogor, pendengarnya pun semakin bertambah. KEhadiran NEAL semakin diakui oleh para penikmat musik usai turut berpartisipasi di acara musik DCDC Musik Kita dan DCDC Shout Out.

Kini, NEAL kembali dengan musik yang dianggapnya sebagai gambaran terbaru. Menggandeng vokalis baru, Luthfie Rizaldi, NEAL membuka lembaran baru karyanya dengan merilis sebuah single berjudul ‘Lain Peran’. Lagu yang dibuat dengan penuh semangat dan proses kreatifitas berbeda dari sebelumnya ini rencananya akan hadir pada akhir Oktober 2019.