Advertorial

Ketangguhan Pajero Sport Sukseskan Ekspedisi Pendakian Semeru

Kompas.com - 08/10/2019, 14:18 WIB
Mitsubishi Pajero Sport menari di atas lautan pasir Bromo (Dok. Kompas.com/Kristianto P) Mitsubishi Pajero Sport menari di atas lautan pasir Bromo (Dok. Kompas.com/Kristianto P)

Dalam rangka merayakan 50 tahun pendakian legendaris Soe Hok Gie ke Gunung Semeru, Kompas.com yang didukung oleh PT. Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melaksanakan “Jejak Pendaki Semeru” pada 15-22 September 2019 silam. Dukungan Mitsubishi pada ekspedisi ini adalah dengan menghadirkan mobil terbarunya untuk kendaraan operasional, salah satunya adalah Pajero Sport Dakar 4x4.

Pada etape pertama, rombongan yang terdiri dari wartawan dan videographer Kompas.com, mahasiswa pecinta alam Universitas Indonesia (Mapala UI), serta kerabat Pecinta Alam berangkat menuju kota Sukoharjo untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke desa Ranu Pane.

Mitsubishi Pajero Dakar 4x4 ini memberikan kenyamanan maksimal saat melibas ratusan kilometer tol Trans Jawa. Hal ini tentunya berkat penggunaandouble wishbone pada suspensi depan, serta 3-link rigid axle yang diaplikasikan pada suspensi bagian belakang.

Tantangan yang sebenarnya dimulai pada hari kedua. Perjalanan menuju Ranu Pane ini melewati berbagai wilayah seperti desa Ngadas dan Gubug Klakah yang memiliki kontur jalan berkelok dan menanjak.

Beruntungnya, Mitsubishi Pajero Sport ini dapat dengan mudah melibas tanjakan dan kelokan menuju Ranu Pane. Tak heran tentunya mengingat mobil ini dilengkapi dengan mesin 4N51 2.4L MIVEC Turbocharged bertenaga 181 ps pada putaran 3.500 rpm dengan torsi 430 Nm pada putaran 2.500 rpm.

Tenaga ini tersalurkan dengan cepat lewat transmisi otomatis 8 percepatan yang dapat diatur dengan mudah pada mode manual dengan mengarahkan tuas transmisi ke sisi kiri. Atau menggunakan paddle shift pada ujung jari lingkar kemudi pun kian memudahkan dalam berkendara.

Selain itu, kehadiran fitur Multi Around Monitor (MAM) yang aktif saat bergerak mundur pun kian memudahkan mobilitas dengan memperlihakan kondisi sekeliling secara mendetail. Fitur ini pun sangat membantu pengemudi lebih percaya diri untuk memberikan ruang gerak saat bertemu dengan kendaraan lain di jalur sempit.

Selain berpetualang di gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, tim ekspedisi pun menjelajahi berbagai destinasi wisata yang berada di wilayah tersebut, salah satunya adalah puncak B29 yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger (TNBT).

Berangkat dari Ranu Pani, tim ekspedisi menyusuri jalur berkelok di belantara hutan TNBT dalam pekatnya kabut malam. Lampu depan berteknologi LED dan fog lamp yang dihadirkan Mitsubishi Pajer Sport ini membantu tim untuk melihat permukaan jalan dengan jelas di tengah kabut. Fitur headlamp washer yang dihadirkan pun dapat membantu membersihkan lampu yang kotor setelah menerjang medan penuh debu dan tanah.

Membuktikan diri sebagai kendaaran yang tangguh untuk menghadapi segala medan (Dok. Kompas.com/Setyo Adi) Membuktikan diri sebagai kendaaran yang tangguh untuk menghadapi segala medan (Dok. Kompas.com/Setyo Adi)
Saat pagi menjelang, tim pun tiba di area pegunungan TNBT. Disana, tim ekspedisi menjajal kemampuan penggerak 4x4 (Super Select 4WD-II) yang dimilikinya. Fitur ini dapat digunakan untuk memindahkan penggerak dari 2H, 4H, 4HLC, 4LLc dengan memutar kenob yang ada di konsol tengah. Pengemudi dapat mengganti mode menjadi 4H (penggerak empat roda) saat kendaraan bergerak, dan mode penggerak lain yang lebih rendah saat kondisi diam.

Tak hanya kemudahan dalam mengubah penggerak, Mitsubishi Pajero Sport pun menghadirkan Off Road Mode yang dapat dipadukan dengan penggerak 4x4 untuk menghadapi berbagai jenis permukaan jalan seperti pasir, kerikil, lumpur, hingga salju sekalipun.

SUV berkapasitas 7 penumpang ini pun memiliki fitur Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC) yang memudahkan tim ekspedisi dalam melibas tanjakan dan turunan di kawah Bromo tanpa perlu takut meluncur turun tak terkendali.

Jarak pijak tanah (ground clearance) setinggi 218 mm pada Mitsubishi Pajero Sport ini pun kian memudahkan ekspedisi karena mampu melewati berbagai medan jalan. Cekungan di lautan berpasir yang cukup dalam di kawasan Bromo pun dapat dilewati dengan mudah oleh mobil tangguh ini.

Lewat beragam fitur dan kemampuan yang dimilikinya, pada ekspedisi ini Mitsubishi Pajero Sport dapat membuktikan ketangguhannya dan dapat diandalkan untuk menghadapi segala medan. Untuk informasi selengkapnya mengenai Mitsubishi Pajero Sport, silahkan klik tautan ini .