Advertorial

Kereta Sudah Datang, Ini Dia Lengkapnya Fasilitas LRT Jabodebek

Kompas.com - 14/10/2019, 09:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meninjau proyek LRT. AdvertorialMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meninjau proyek LRT.


KOMPAS.com – Tidak lama lagi, moda transportasi Light Rail Transit (LRT) akan bisa dinikmati masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

PT INKA (Persero) telah mulai mengirim rangkaian kereta LRT dari Madiun ke Depo Sementara LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur.

Enam rangkaian kereta dan telah diberangkatkan Selasa (8/10/2019) pukul 18.40 WIB dengan Multi-Axle Truck. Setelah melalui perjalanan selama empat hari, pada Hari Jumat (11/10/2019) kereta LRT Jabodebek telah tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur.

Suksesnya pengiriman tersebut berkat kerjasama PT INKA (Persero) dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang memastikan keamanan pengiriman rangkaian kereta saat melintasi tol Trans Jawa.

Proses pengangkatan rangkaian LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti berhasil diselesaikan pada Minggu (13/10/2019) dengan disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selanjutnya, akan dilakukan tahap uji coba. Sampai dengan 4 Oktober 2019, perkembangan pembangunan LRT Jabodebek Tahap I telah mencapai 66,13 persen.

Fasilitas pelengkap LRT adalah suatu kebutuhan

Infrastruktur baru ini akan beriringan dengan berkembangnya fasilitas pendukung di sekitarnya. Hal ini tentu bertujuan untuk memanjakan penggunanya. Bayangkan apabila para pengguna LRT setelah turun langsung disambut dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Salah satu fasilitas pendukung adalah tempat tinggal yang strategis dan terintegrasi berbagai macam moda transportasi umum seperti bus, KRL, dan LRT, serta komersial area sekaligus perkantoran dengan fasilitas lengkap sehingga akses untuk memenuhi kebutuhan sangat mudah.

Alangkah baiknya jika fasilitas tersebut mudah dijangkau sehingga hidup menjadi lebih berkualitas. Mobilisasi yang mudah dan cepat saat beraktivitas sehari-hari juga menjadi kriteria hidup berkualitas. Jadi, waktu kita tidak akan habis di jalan.

Memiliki hunian seperti itu selain bisa dihuni, juga bisa untuk disewakan sebagai alat investasi. Tidak perlu diragukan, nilai investasi kawasan terpadu dan lokasi yang strategis tentunya akan terus meningkat setiap tahunnya.

- -

Siapkan fasilitas pelengkap di sekitar jalur LRT

Dalam menjawab kebutuhan tersebut sementara sambil menunggu LRT beroperasi penuh, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) mempersiapkan fasilitas pendukungnya di sekitar jalur LRT.

Berbagai fasilitas itu di antaranya hunian, perkantoran, dan komersial area. Hal ini direalisasikan melalui kehadiran PT Adhi Commuter Properti (ACP) yang mengusung brand LRT City.

ACP secara khusus bergerak di bidang property, town management & support. Perusahaan properti ini hadir dengan pendekatan konsep Transit Oriented Development (TOD) sebagai inti dari proses bisnisnya.

Salah satu ciri khas dari setiap produk properti ACP adalah terintegrasi langsung dengan stasiun LRT dan fasilitas transportasi umum lainnya.

Hal itu diwujudkan dengan menghasilkan produk hunian dan layanan yang bermutu tinggi serta berdaya saing kuat sehingga mampu berperan sebagai pendongkrak nilai perusahaan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Ajak masyarakat beralih ke transportasi umum

LRT City hadir sebagai solusi masyarakat yang mendambakan tempat tinggal nyaman untuk meningkatkan kualitas hidup. Kawasan hunian terpadu ini juga akan menjadi sebuah peradaban baru dalam kehidupan kaum urban di Jakarta yang bebas macet.

Semuanya diwujudkan melalui pengaplikasian konsep Transit Oriented Development (TOD) di seluruh kawasan hunian terpadu dari LRT City.

Konsep TOD terdiri dari lima value. Pertama, kemudahan menjangkau area kawasan oleh pejalan kaki dan pesepeda. Kedua, densify, kawasan hunian dikelola efisien. Ketiga, diterapkannya konsep pembauran fungsi dan kegiatan yang bertujuan mengoptimalkan fungsi tata guna kawasan.

Value keempat, shift & transit. Sudah saatnya tinggalkan kendaraan pribadi. LRT City mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum massal, berjalan kaki, atau bersepeda.

Terakhir, connect, Inilah kehebatan konsep TOD yang mampu menciptakan jaringan jalan yang saling terhubung secara sistematik dengan perencanaan pembangunan layanan transportasi publik. Singkat kata, ke mana-mana jadi terasa lebih cepat!

- -

Intinya, LRT City sangat mengedepankan penggunaan angkutan massal, jalur pejalan kaki, dan pesepeda sebagai pengganti kendaraan pribadi. Sudah pasti pula akan tersedia kawasan khusus pejalan kaki yang nyaman dan dilengkapi jalur sepeda.

ACP selalu konsisten dalam melakukan pembangunan di setiap proyeknya, baik itu pada bangunan atau fasilitas penunjang sekelilingnya. Seluruh proyek LRT City mengedepankan progres pembangunan yang nyata.

Bahkan, kini pembangunannya sudah terlihat di kawasan, baik untuk survei atau menikmati beragam fasilitas lainnya seperti area komersial dan taman.

LRT City juga menunjang kebutuhan penghuninya akan gaya hidup sehat. Hal ini dibuktikan dengan fasilitas penunjang seperti pusat olahraga dan ruang terbuka hijau yang memudahkan penghuni untuk berolahraga kapan saja.

Selain itu penghuni juga dapat memilih beragam fasilitas yang menarik, mulai dari memilih santapan kuliner hingga jenis hiburan yang dihendaki.

Hunian dengan fasilitas lengkap tentu memiliki nilai tambah sehingga siapa pun dapat berinvestasi di LRT City dengan lebih menguntungkan. Investasi unit apartemen atau komersial, dapat menjadi sumber passive income juga.

Tidak lupa, layanan maintenance yang tersedia memudahkan penghuninya dalam perawatan fasilitas dan kamar hunian.

Berbagai keuntungan tersebut hadir di delapan kawasan LRT City yang telah dikembangkan oleh PT ACP:

1. LRT City Bekasi Timur - Eastern Green

2. LRT City Bekasi Timur – Green Avenue

3. LRT City Sentul - Royal Sentul Park

4. LRT City Jatibening Baru - Gateway Park

5. LRT City Jakarta - Urban Signature

6. Cisauk Point, Member of LRT City (Cisauk)

7. MTH 27 Office Suites (MT Haryono)

8. LRT City MT Haryono - The Premiere MTH

Seakan tidak pernah berhenti, proyek pengembangan ACP selanjutnya akan berada di kawasan Cibubur dan beberapa titik di Bogor seluas lebih dari 100 hektar. ACP akan selalu berinovasi membangun kawasan hunian yang bertujuan untuk meraih hidup yang lebih berkualitas.