Advertorial

Dorong Kreativitas Wirausaha Melalui Kompetisi

Kompas.com - 17/10/2019, 09:00 WIB
- -

Jumlah wirausaha di Indonesia terhitung masih minim, yakni baru 3,1 persen dari total penduduk usia produktif. Menurut perkiraan, dibutuhkan sekitar 4 juta wirausaha baru untuk mendorong perekonomian Indonesia.

Terkait hal itu, sejumlah pihak tergerak untuk turut berkontribusi mendorong lahirnya wirausahawan muda baru Indonesia. Salah satunya adalah Blibli.com melalui penyelenggaraan kompetisi pengusaha kreatif Blibli.com Big Start Indonesia Season 4.

Pada Jumat (13/9/2019), Blibli.com telah menyelesaikan salah satu tahapan dengan mengumumkan 20 finalis terbaik (Top 20) Blibli.com Big Start Indonesia Season 4. Dengan pengumuman ini, kompetisi tini hanya satu langkah lagi menuju babak final.

Empat kategori

Sebanyak 20 usaha kreatif terpilih masuk ke dalam empat kategori kompetisi Blibli.com Big Start Indonesia, yaitu Kuliner, Kerajinan, Fashion, dan Kesehatan & Kecantikan (KKE). Setiap kategori mengusung 5 finalis.

Untuk kategori Kerajinan, yang terpilih adalah Bulcreativeart, Hirka, PALA Nusantara, Robries, dan Rubysh. Berikutnya untuk kategori Kuliner, yakni Gonze, La Dame in Villa, Mango Day, Tintin Chips, dan Rumah Kelor. Sementara untuk kategori Fashion, yang terpilih adalah Arane, Musca Indonesia, Digidoy, Jawani, dan Zethro. Terakhir, untuk kategori Kecantikan & Kesehatan, Cahaya, Kemayu & Co, Padison Mens Grooming, she.her.hers., dan TLF Beauty Wate menjadi 5 peserta terpilih.

Para finalis datang dari berbagai kota dan kabupaten, di antaranya Blora, Bandung, Bali, Cianjur, Sumedang, Yogyakarta, Deli Serdang, Purworejo, dan Surabaya.

“Blibli.com telah bekerja sama dengan para juri Blibli.com Big Start Indonesia untuk memilih 20 submission terbaik dari 9.000 pendaftar yang kami terima dari Juni sampai Agustus 2019. Para pengusaha kreatif yang terpilih sebagai top 20 adalah mereka yang mampu menampilkan produk inovatif hasil produksi lokal yang memiliki potensi pengembangan pasar yang besar. Mengingat pentingnya bagi usaha kreatif untuk go online, kami memastikan pula bahwa pengusaha kreatif yang terpilih sudah siap masuk ke ranah e-commerce, mulai dari strategi pemasaran hingga kesiapan produk,” kata Brand Activation Manager Blibli.com Devina Tandian.

Devina menambahkan bahwa para finalis Top 20 juga terpilih karena mereka telah memenuhi kriteria dasar Blibli.com Big Start Indonesia, seperti menghadirkan lebih dari 2 SKU (stock keeping unit) produk, telah berbisnis lebih dari 2 tahun, dan mempunyai ide yang inovatif dan orisinal.

Potensi pasar

Proses pemilihan dari awal sampai akhir kompetisi ini didukung oleh empat juri yang merupakan ahli di bidangnya. Mereka adalah Chef Rinrin Marinka (kuliner), Didiet Maulana (fashion), Priscila Pangemanan (kecantikan), dan Luthfi Hasan (kerajinan). Keempat juri ini telah mencapai sukses di bidangnya masing-masing dan mampu melihat potensi pasar dari para finalis.

“Saya melihat banyak ide peserta yang saya tidak pernah kira. Misalnya, banyak ide pengemasan produk yang menarik dan siap dipersembahkan ke pasar. Ini adalah indikasi bahwa para pengusaha kreatif paham akan kebutuhan market dan mengerti apa yang bisa menarik pelanggan,” kata Chef Rinrin Marinka.

Finalis top 20 kini akan mengikuti program pelatihan atau Mentorship Week yang akan berlangsung selama 1 minggu, mulai tanggal 20-29 September 2019. Mereka akan menerima bermacam-macam pelatihan dari para ahli untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha, mulai dari perencanaan bisnis hingga strategi pemasaran digital.

Selanjutnya, Blibli.com pun akan memamerkan hasil karya para peserta di ajang Ideafest 2019. Pengumuman pemenang utama dari top 20 di malam penghargaan Blibli.com Big Start Indonesia akan dilaksanakan dalam acaraThe Big Night pada 5 Oktober 2019 mendatang.