Advertorial

Tips Menghadiri Jakarta Marathon 2019 dengan Tiket Promo

Kompas.com - 21/10/2019, 13:18 WIB
- -

Jakarta Marathon merupakan salah satu ajang yang paling ditunggu para pelari. Tak hanya pelari asal Indonesia, pelari mancanegara pun menantikan gelaran ini. Hal tersebut terbukti dengan penyelenggaraan Jakarta Marathon tahun lalu yang mencapai total 12.000 peserta. Peserta tersebut, terbagi atas beberapa negara: Indonesia, Malaysia, Hungaria, Prancis, Polandia, Kenya, Uganda, Brasil, dan Jepang.

Tahun ini, Jakarta Marathon akan digelar pada hari Minggu, 27 Oktober 2019. Dalam gelaran ke-tujuh ini, penyelenggara sudah menyiapkan berbagai macam aktivitas. Ada Training with Pocari Sweat Pacer, Running Clinic, dan Jakarta Marathon Expo. Acara yang terakhir disebut akan digelar pada 24-26 Oktober 2019. Bertempat di Ballroom Kuningan City, Anda akan dijamu berbagai aktivitas dari para sponsor.

Seperti yang sudah-sudah, Jakarta Marathon kali ini juga terbagi atas beberapa kategori. Ada Full Marathon, Half Marathon, 10K, 5K, dan lomba sprint untuk anak-anak yang diberi nama Maratoonz. Masing-masing kategori memiliki biaya pendaftaran yang berbeda, mulai dari Rp 150.000 – Rp 900.000.

Nah, jika mengikuti acara ini, Anda perlu menyiapkan beberapa hal menjelang Jakarta Marathon 2019

Persiapan fisik untuk marathon
Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, maraton bukanlah aktivitas ringan. Anda tidak bisa tiba-tiba mendaftar dan berharap bisa finish tanpa persiapan. Ada beberapa persiapan yang harus Anda tuntaskan. Anda harus membangun base mileage dan menentukan seberapa jauh jarak yang bisa Anda tempuh. Lalu, meningkatkan jarak tempuh tersebut.

Setelah yakin bisa menempuh jarak full marathon, yaitu 42 kilometer, Anda perlu melatih dan memperbaiki catatan waktu. Ini tidak bisa Anda lakukan secara mendadak. Pasalnya, ada tahap istirahat dan pemulihan yang perlu Anda jalani. Jika Anda berlatih setiap hari, tanpa jeda istirahat, bisa-bisa tubuh Anda “mogok”. Bukannya sehat, Anda justru bisa terbaring di rumah sakit.

Siapkan akomodasi selama penyelenggaraan lomba
Selain persiapan fisik dan mental, Anda juga perlu menyiapkan akomodasi selama lomba. Kalau Anda warga Jakarta dan sekitarnya, ini memang bukan masalah. Namun, kalau Anda tinggal di kota atau pulau lain, Anda harus menyiapkan tiket dan akomodasi dari sekarang.

Cari hotel dan penginapan yang strategis
Kurang dari 10 hari lagi, Jakarta Marathon 2019 akan digelar. Jika berkaca pada jumlah peserta tahun lalu, lomba tahun ini kemungkinan besar akan sama ramai dan meriahnya. Artinya, ada ribuan orang yang membutuhkan akomodasi di Jakarta.

Supaya waktu dan tenaga Anda tidak terbuang percuma, carilah akomodasi yang dekat dengan lokasi lomba. Cari hotel atau penginapan yang memiliki fasilitas gym. Atau, setidaknya ramah untuk latihan Anda menjelang perlombaan. Dengan begitu, Anda punya waktu dan tempat untuk “memanaskan mesin”.

Cari tiket penerbangan yang sesuai anggaran
Jika sudah mendapatkan akomodasi, segeralah pesan tiket penerbangan. Cari penerbangan yang pas di hati dan di kantong. Usahakan sampai di Jakarta setidaknya tiga hari menjelang penyelenggaraan. Dengan begitu, Anda bisa menghadiri beberapa aktivitas yang ada, plus ada beberapa hari untuk jalan-jalan dan pemanasan kecil.

Kalau anggaran Anda ketat, cari tiket promo atau pilih jadwal keberangkatan yang paling murah. Pesan tiket pesawat Traveloka bisa memudahkan segala urusan Anda. Pasalnya, platform ini sudah bekerja sama dengan seluruh maskapai terkemuka di Indonesia.

Di Traveloka juga ada banyak promo dan diskon. Tinggal buka situsnya, atau akses via aplikasi, lalu masuk ke tab Promo. Di dalamnya ada puluhan promo dan kode diskon yang kemungkinan besar cocok untuk kebutuhan Anda. Fitur Price Alert-nya pun bisa Anda gunakan untuk mencari penerbangan yang sesuai dengan jadwal dan anggaran.

Nah, itulah beberapa kiat yang perlu Anda ketahui untuk menghadiri Jakarta Marathon 2019. Bagaimana? Sudah siapkah fisik, mental, dan akomodasi Anda?