Advertorial

Sambut Era Digitalisasi, Knowledge Management Summit Hadirkan Narasumber Pakar Dunia di Bandung

Kompas.com - 22/10/2019, 09:00 WIB
- -

Sejalan dengan program pemerintah, khususnya pada pembangunan sumber daya manusia yang unggul, SBM ITB bersama Knowledge Management Society Indonesia (KMSI) kembali mengadakan Knowledge Management (KM) Summit ke-3, pada 5-6 November 2019 mendatang.

President of Knowledge Management Society Indonesia Prof. Jann Hidajat Tjakraatmadja mengungkapkan bahwa KM Summit 2019 ketiga ini akan mengangkat tema "Innovative Learning To Re Use Knowledge Asset In Corporation and Public Services at Society 5.0 Era " dimana tema ini merupakan tema lanjutan dari KM-Summit 1 dan KM-Summit 2.

"Isu ini menjadi penting karena telah terjadinya suatu evolusi dan revolusi manajemen pengetahuan dan proses pembelajaran melalui penggunaan media game-digitalisasi," ujar Jann Hidajat Tjakraatmadja dalam keterangan resminya, pada Kamis (26/09/2019)

Menurutnya, harus diakui jika implementasi manajemen pengetahuan di suatu organisasi akan membawa banyak manfaat yang berkelanjutan, khususnya dalam meningkatkan performansi dan daya saing

"Peran teknologi digital pada saat ini dan ke depannya akan sangat berkontribusi secara signifikan bagi setiap insan dalam organisasi tersebut," tegasnya.

Jika suatu organisasi, imbuhnya, tidak dapat menanggapi secara arif dan bijaksana tentang perkembangan teknologi digital yang begitu cepat ini, maka hal ini akan berbalik menjadi suatu ancaman serius. Oleh karenanya, tegas Prof. Jann, dalam KM-Summit 2019 ini diharapkan dapat memberikan suatu wadah bersama dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman agar didapatkan strategi dan inovasi yang efektif dan efisien, melalui implementasi teknologi digital dalam organisasi untuk mempercepat dan mempertahankan bisnis organisasi yang berkelanjutan untuk masa depan.

"KM-Summit 2019 ini diadakan untuk menawarkan solusi melalui serangkaian sesi seminar bersama dengan sejumlah pakar dan workshop," ujarnya.

Prof. Jann menambahkan, dalam kegiatan ini akan diundang praktisi dan akademisi di bidang KM dan Innovative Learning untuk bersama-sama mempersiapkan Modal Insani Indonesia menghadapi Era Industri 4.0 dan Era Society 5.0. Salah satu inovasi yang akan dibahas dalam forum ini adalah penggunaan gamifikasi sebagai salah satu inovasi dalam pembelajaran.

Sejumlah narasumber akan hadir antara lain: Scot Osterweil, Founder & Creative Director LGN, Aineias Gkikas, Birmingham City University, Mark Gilman dari Birmingham City Business School, serta sejumlah pakar knowledge management tanah air seperti Alvin Soleh, Sapta Putra Yadi, Prajuto Sukaeni, Heru Setiawan, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PT Pertamina Persero serta narasumber pakar lainnya.

"Harapannya, dengan percepatan pembelajaran melalui penggunaan kembali aset pengetahuan, industri maupun organisasi publik dapat mengoptimalkan potensi karyawannya sebagai modal dan sekaligus mampu berkontribusi sebagai sumber penyedia pembelajaran bagi negeri," pungkasnya.