Advertorial

Tips dan Kebiasaan yang Bisa Dilakukan Agar Millennial Bisa Punya Rumah Sendiri

Kompas.com - 29/10/2019, 18:28 WIB
- -

Sebuah survei yang dilakukan baru-baru ini terhadap 500 generasi millennial mengungkap hasil yang cukup menyedihkan. Sebanyak 2 dari 5 millennial beranggapan memiliki rumah adalah hal yang mustahil bisa mereka lakukan. Tak hanya itu, sebanyak 47 persen partisipan pun percaya bahwa membeli rumah saat ini jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan 30 tahun lalu. Lebih menyedihkan lagi, sekitar 29 persen peserta survei merasa mereka tidak akan mampu untuk membayar uang muka pembelian rumah.

Namun, bukan berarti millennial tidak mungkin punya rumah sendiri. Sebaliknya, justru millennial harus memanfaatkan kondisi ini untuk sesegera mungkin mengumpulkan pundi-pundi sebelum harga hunian semakin meroket. Tidak usah jauh-jauh, mulailah persiapan untuk memiliki rumah idaman sambil melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil berikut ini.

Membuat pos pengeluaran setiap bulan

Lacak kemana saja uang keluar dengan membuat pos pengeluaran di setiap awal bulan. Ada berbagai metode yang bisa digunakan, salah satunya adalah proporsi 40-30-20-10. Lewat pengaturan ini, 40 persen pendapatan dialokasikan untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk membayar cicilan, 20 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk kebaikan. Berpeganglah kepada pedoman ini dan selalu usahakan agar disiplin dalam menjalankannya. Dengan demikian, kemungkinan uang terbuang percuma pun semakin kecil.

Membuat tabungan auto-debit

Jika sulit menyisihkan uang, maka tabungan auto-debit bisa jadi solusi. Caranya pun mudah, cukup datang ke layanan pelanggan di bank dengan membawa kartu identitas dan dokumen yang dibutuhkan. Dengan cara ini, otomatis uang yang ada di dalam rekening akan terpotong dan masuk ke rekening tabungan. Kabar baiknya, nominal uang, jadwal pemotongan, dan waktu jatuh temponya pun bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tapi ingat, uang yang ada di dalam tabungan ini tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo.

Investasi

Jika sudah lancar menerapkan pola 40-30-20-10, maka saatnya mencoba investasi yang lebih beragam. Sebagai permulaan, mulailah dengan investasi yang memiliki resiko dan timbal balik rendah sampai sedang, contohnya reksadana. Jika masih belum paham betul dengan investasi pasar uang ataupun pasar modal, logam mulia bisa jadi pilihan yang tepat. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan manajer investasi agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

Bijak memilih kebutuhan sehari-hari

Jika dilihat lebih cermat, ada begitu banyak kebutuhan sehari-hari yang sebenarnya memberikan nilai lebih dengan harga yang tidak jauh berbeda. Misalnya saja paket data internet untuk smartphone. Cermati lagi berapa banyak kuota yang dibutuhkan dan bandingkan dengan beberapa provider yang ada di tanah air.

Smartfren hadir sebagai provider yang memberikan layanan berkualitas dengan harga terbaik. Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggannya, Smartfren pun turut mewujudkan impian para millennial untuk memiliki hunian di tengah kota lewat undian Smartfren Wow.

Ada hadiah utama fantastis yaitu satu unit rumah senilai miliaran rupiah yang bisa didapatkan oleh pengguna setia Smartfren. Selain itu, ada pula hadiah satu unit mobil Toyota Innova, tiga unit motor Vespa LS 125, dan lima unit iPhone XS. Selain itu, ada juga 10 paket liburan ke Bali 3 dan ratusan hadiah lain setiap bulannya.

Cara mengikutinya pun mudah, cukup dengan terus membeli paket data Smartfren senilai minimal Rp 30 ribu untuk mengumpulkan kupon undiannya. Periode kedua undian ini berjalan mulai tanggal 1-31 Oktober 2019. Jangan sampai ketinggalan karena waktunya tinggal sebentar lagi. Untuk informasi lebih lanjut tentang program Smartfren Wow, kunjungi halaman ini.