Advertorial

Toyota LQ, Mobil Konsep yang Ciptakan Ikatan Emosional dengan Pengemudinya

Kompas.com - 30/10/2019, 10:00 WIB
- -

Toyota Motor Corporation (Toyota) baru saja memperkenalkan “LQ”, mobil konsep berteknologi tinggi yang dapat menciptakan ikatan emosional dengan pengemudinya. Mobil ini merupakan pengembangan dari Toyota “Concept-i” yang sebelumnya diluncurkan di Consumer Electronic Show 2017.

Toyota LQ merupakan mobil kemudi otomatis yang dilengkapi dengan “Yui”, artificial intelligence (AI) yang dirancang untuk mempelajari kebiasaan pengemudi, sehingga memberikan pengalaman berkendara otomatis yang unik untuk setiap orang.

LQ Development Leader, Daisuke Ido mengatakan bahwa di masa lalu, kecintaan kita pada mobil dibangun dari kemampuannya untuk membawa kita berpetualang ke tempat yang jauh. Kemajuan teknologi memberikan kita kekuatan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumen.

“Dengan LQ, kami bangga dapat menghadirkan kendaraan yang dapat memberikan pengalaman personalisasi, memenuhi kebutuhan berkendara setiap orang yang unik, dan menciptakan ikatan emosional yang kuat antara mobil dan pengendaranya,” ujarnya.

Sebagai perusahaan mobilitas, Toyota percaya jika setiap orang bebas bergerak, semuanya menjadi mungkin. Visi ini dibangun atas pemahaman bahwa mobilitas dapat bergerak lebih jauh dari sekedar perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga melibatkan ikatan emosional dalam prosesnya.

LQ mengikuti filosofi yang berpegang pada prinsip “Learn, Grow, Love”. Teknologi kemudi otomatis Yui dan LQ dikembangkan lewat kerja sama dengan Toyota Research Institute (TRI). Menciptakan pengalaman berkendara unik yang membangun hubungan antara kendaraan dan pengemudinya dengan merespon dan mempelajari kebiasaan dan kebutuhan individual.

Pemilihan nama ini pun mengekspresikan harapan Toyota bahwa pendekatan yang dilakukan dapat menjadi “isyarat” akan pengembangan kendaraan di masa depan, dimana hubungan antara kendaraan dan pengemudinya menjadi sebuah hal yang esensial.

“Yui” sebagai fitur kunci dalam mobil masa depan ini

LQ menghadirkan on-board AI bernama “Yui” yang dapat menghadirkan pengalaman personalisasi dalam berkendara, sesuai dengan keadaan emosional dan kewaspadaan pengendaranya. Teknologi AI ini dapat berinteraksi dengan pengemudi untuk memastikan keselamatan dan kenyamanannya.

Yui terintegrasi dengan fungsi yang ada di kursi pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi stress. Kemudian AI ini juga mampu menyesuaikan tingkat cahaya di dalam kendaraan, pendingin udara, aroma, dan interaksi manusia-mesin (HMI) lainnya. Yui pun mampu memilih musik yang sesuai dengan suasana dan menghadirkan informasi real-time mengenai topik-topik yang menjadi minat dari pengemudinya.

TRI bekerja sama dengan beberapa perusahaan ternama dalam riset, pengembangan, dan implementasi teknologi ini. Mulai dari JTB Corporation (navigasi), AWA Co., Ltd. (musik), hingga NTT DoCoMo, Inc. (komunikasi). Kedepannya, Toyota akan terus mengembangkan Yui agar dapat terintegrasi dengan produk-produk lain seperti smartphone.

Teknologi yang menjamin keselamatan, ketenangan, dan kenyamanan dalam berkendara

- -

Toyota LQ dilengkapi dengan teknologi kemudi otomatis yang setara dengan SAE2 Level 4. Kendaraan ini juga memiliki fitur sistem parkir valet otomatis yang dikembangkan bersama Panasonic Corporation. Memanfaatkan kamera di kendaraan dan tempat parkir, sonar dan radar, 2D road mapping, serta pusat kendali, kendaraan ini terprogram untuk berhenti di tempat drop-off dan mencari tempat parkir secara optimal.

Sistem ini dapat mencari spot parkir yang optimal dengan jarak antar kendaraan minimal 20 centimeter di setiap sisinya. Hal ini tentunya sangat memudahkan pengemudinya, terutama untuk individu dengan kebutuhan khusus seperti lansia, keterbatasan fisik, wanita hamil, pengemudi yang membawa bayi, dan semua orang yang kesulitan dalam mencari spot parkir.

Toyota LQ pun dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) yang diimplementasikan dalam Augmented Reality Head’s Up Display (AR-HUD), mendukung keselamatan berkendara dengan mengurangi pergerakan mata pengemudinya.

Teknologi ini menghadirkan beragam informasi dalam berkendara seperti peringatan jalur, rambu-rambu lalu lintas, dan panduan rute yang akan ditampilkan di kaca depan dalam bentuk 3D dan mudah dipahami. Sistem ini akan membuat pandangan pengemudi tetap fokus ke depan lewat layar besar (setara 230 inci) dengan kedalaman 7-41 meter ke hadapan kendaraan.

Kenyamanan Toyota LQ pun semakin maksimal dengan teknologi seating system terdepan. Mulai dari kantung udara hingga sistem pendingin otomatis, teknologi ini akan membantu pengemudinya tetap terjaga dan rileks sesuai dengan kondisi berkendara.


Sistem ini akan mengetahui saat pengemudinya merasa lelah, sehingga akan meniupkan udara pada kursi untuk memperbaiki postur duduk serta meniupkan udara segar lewat sistem ventilasi. Saat kondisinya memungkinkan pengemudinya untuk rileks, seperti mode kendali otomatis, kantung udara pada kursi akan mengembang secara otomatis untuk mendorong pernapasan perut pengemudinya.

Dukungan fitur dan teknologi canggih lainnya

Toyota LQ menggunakan area atap dan lantai mobil sebagai platform komunikasi antara kendaraan dan penumpangnya. Pencahayaan dalam berbagai warna dihadirkan untuk mengindikasikan mode berkendara (otomatis atau manual). Fitur ini juga dapat mengenali siapa yang mengendarainya.

Lewat teknologi Digital Micromirror Device (DMD) pada lampu depannya, kendaraan ini dapat memberikan informasi mengenai kondisi permukaan jalan. Selain itu, tampilan pada dashboard dan meterannya pun menggunakan organic LEDs (OLEDs). Teknologi terkini ini dapat membantu pengemudi untuk melihat informasi yang ditampilkan dengan lebih jelas.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan lapisan katalisator pada kipas radiatornya yang dapat mengurai ozon menjadi oksigen. Fitur ini mampu untuk menyaring sekitar 60 persen ozon pada 1.000 liter udara dalam rentang satu jam berkendara. Teknologi ini diharapkan Toyota untuk membersihkan emisi berbahaya seperti ozon di dalam udara selama berkendara.

Desain futuristik yang elegan

- -

Kabin Toyota LQ menghadirkan rancangan futuristik, menempatkan Yui di tengah-tengah panel instrumen dengan garis yang mengalir dari dalam hingga ke eksterior kendaraan. Elemen minimalis pun begitu kuat dalam interiornya, seperti katup pendingin udara yang tersembunyi. Konsol tengahnya pun dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kekuatan dan dukungan optimal dalam mengurangi struktur pendukung yang tampak.

Toyota LQ akan diperkenalkan ke publik di “Future Expo”, pameran spesial di ajang Tokyo Motor Show 2019 pada 24 Oktober - 4 November 2019 mendatang. Bersamaan dengan hal ini, Toyota pun mengumumkan “Toyota Yui Project Tour 2019”, dimana publik berkesempatan untuk menjajal langsung Toyota LQ dan kecanggihan “Yui”.

Di saat yang bersamaan, Toyota pun membuktikan komitmennya untuk mendukung pengembangan elektrifikasi lewat Toyota Mirai. Kendaraan berenergi Fuel Cell ini menggunakan bahan bakar hidrogen dan akan menjadi salah satu kendaraan resmi di Olimpiade Tokyo pada 2020 mendatang.

Informasi selengkapnya mengenai Toyota LQ, silahkan klik tautan ini.