Advertorial

The Tour Radio Live Hangatkan Persiapan Jelang Borobudur Marathon 2019

Kompas.com - 05/11/2019, 18:10 WIB
. .

Borobudur Marathon 2019 akan digelar kurang dari satu bulan lagi. Berbagai persiapan pun terus dilakukan untuk menjamin kelancaran race yang akan kembali dilaksanakan di Kompleks Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang pada 17 November 2019 mendatang.

Tak hanya persiapan acara, Borobudur Marathon pun menyapa kembali para runners dan komunitas lari untuk bersama-sama mempersiapkan diri lewat rangkaian The Tour Radio Live yang diselenggarakan di sejumlah kota di Indonesia.

Dalam sesi The Tour Radio Live ini, para pelari dari berbagai komunitas mengikuti sharing session dengan sejumlah pelari dan coach berpengalaman tentang berbagai persiapan terkait lari maraton. Tidak hanya berbagi tips latihan, peserta pun diajak untuk memahami tubuh mereka sendiri agar dapar berlari dengan maksimal dan aman.

Selain itu, dipaparkan pula informasi tentang race day nanti, seperti cut off time (COT) dan cut off point (COP). Dengan diskusi dan latihan bersama ini, penyelenggara pun turut membangun keselarasan dengan komunitas lari, sesuai dengan tema Borobudur Marathon tahun ini, yaitu “Synergy & Harmony”.

. .

The Tour Radio Live tahap pertama telah dilaksanakan pada tanggal 27 April 2019 hingga 5 Mei 2019 lalu di 7 kota, yakni Surabaya, Malang, Bandung, Jakarta, Semarang, Jogja, dan Medan. Tahap keduanya pun telah dimulai sejak 18 Oktober 2019 lalu di kota Kudus. Acara ini juga menyambangi kota Solo (19 Oktober 2019), Blitar (21 Oktober 2019), Purwokerto (25 Oktober 2019), dan Cirebon (26 Oktober 2019).

Didukung penuh oleh Bank Jateng, Borobudur Marathon 2019 menawarkan hal yang berbeda dengan gelaran sebelumnya. Tahun ini, Borobudur Marathon membuka program pengembangan UKM bagi masyarakat setempat. Program ini bertajuk Pawone Borobudur Marathon yang terbagi dalam tiga tema besar, yakni Mbangun Cerita, Mbangun Pasar,dan Mbangun Wisata.

Mbangun Cerita merupakan wadah yang mempersatukan warga sekitar lokasi penyelenggaraan dengan Borobudur Marathon untuk saling bertukar cerita. Lewat forum ini, diharapkan semua pihak yang terlibat dapat merasakan dan mempelajari manfaat dari acara ini secara utuh.

Sementara itu, Mbangun Pasar diimplementasikan dengan membangun Pasar Harmoni yang menyajikan berbagai kuliner setempat dari warga sekitar. Warga lokal yang ingin bergabung dengan pasar ini diseleksi, dipilih, dan dilatih oleh juru masak eksekutif dari berbagai hotel bergengsi di sekitar Candi Borobudur. Pasar Harmoni baru pertama kali dibuka tahun ini dan bertujuan untuk mengembangkan perekonomian lokal di sekitar Candi Borobudur.

Tema terakhir adalah Mbangun Wisata yang merupakan serangkaian pelatihan dan pengembangan kemampuan para pelaku pariwisata di Candi Borobudur. Program ini pun diharapkan mampu meningkatkan ekosistem pariwisata yang berorientasi kepada kearifan lokal namun berdaya saing internasional.

Tahun 2018 lalu, ajang lari terbesar di Jawa Tengah ini berhasil menyabet gelar Half Marathon of The Year, Marathon of The Year, Medal of The Year, Marathon Terfavorit, Best Half Marathon, dan Best Marathon of The Year.

Dengan aspirasi untuk menjadi lebih dari sekedar sport tourism, berbagai persiapan pun terus dilakukan untuk menjadikan Borobudur Marathon event lari terbaik di Indonesia. Tak sekedar untuk merayakan gaya hidup sehat, race day tanggal 17 November 2019 mendatang pun diharapkan menjadi momen tak terlupakan yang mempersatukan semua pihak yang berpartisipasi di dalamnya. Borobudur Marathon 2019 pun didukung oleh Generali Insurance sebagai official insurance partner.

Ikuti informasi terkini tentang Borobudur Marathon 2019 di akun Instagram dan website Borobudur Marathon.