Advertorial

Hemat Waktu untuk Rekap Data Perjalanan Bisnis dengan Business Profile dari Grab

Kompas.com - 05/11/2019, 18:50 WIB
- -

Jika Anda seorang karyawan yang sering mendapatkan perjalanan dinas ke luar kota, pasti paham betul bagaimana susahnya mencari transportasi yang aman dan tepercaya di kota tujuan. Sebenarnya, tak hanya karyawan saja, Anda seorang pebisnis yang sedang melakukan perjalanan bisnis di luar kota juga pastinya sering merasakan hal yang sama.

Supaya lebih cepat sampai lokasi pertemuan atau acara di kota tujuan, taksi merupakan pilihan yang tepat. Namun, ketidaktahuan daerah sekitar membuat Anda khawatir kalau-kalau ditipu oleh supir taksi.

Pilihan lainnya dengan menggunakan ojek pangkalan. Namun, lagi-lagi karena tidak paham daerah tersebut, Anda digetok dengan harga yang mahal.

Belum lagi jika Anda harus mengumpulkan bukti transaksi perjalanan. Bayangkan saja jika Anda naik kendaraan-kendaraan umum tanpa bukti berupa karcis atau tiket? Tentu Anda akan kerepotan dalam merekap biaya perjalanan dinas itu.

Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sekarang sudah tersedia jasa transportasi online di kota-kota besar Indonesia. Salah satunya Grab yang telah hadir di lebih dari 200 kota Indonesia. Melalui layanan Grab ini, Anda pun menjadi tenang dalam melakukan perjalanan bisnis.

Grab memiliki pelayanan mulai dari GrabCar, GrabBike, GrabTaxi, dan GrabRent yang bisa digunakan untuk mengantarkan Anda dalam perjalanan bisnis. Dengan driver yang telah terdaftar dan harga yang jelas di awal, Anda menjadi lebih tenang dalam perjalanan dinas di luar kota.

Apalagi sekarang Anda bisa memanfaatkan Grab for Business yang bisa digunakan baik sewaktu perjalanan dinas luar kota atau perjalanan bisnis di dalam kota. Jika perusahaan Anda sudah tergabung dengan Grab for Business, Anda pun bisa menggunakan pembayaran non-tunai pada aplikasi. Biaya perjalanan pun akan masuk dalam tagihan kantor.

Selain itu, jika Anda juga pengguna setia Grab, terkadang bingung membedakan mana biaya yang harus dibayar kantor atau pribadi, sekarang Grab memiliki fitur terbaru, yaitu Business Profile. Fitur ini akan membantu Anda memisahkan perjalanan pribadi dan perjalanan bisnis Anda pada aplikasi Grab.

Langkah pertama yang bisa harus dilakukan adalah membuat Business Profile pada aplikasi Grab di smartphone Anda. Setelah memiliki Business Profile, Anda pun dapat mengatur pengeluaran dengan mudah. Dengan email kantor yang sudah tersambung ke Business Profile, Anda akan mendapatkan tanda terima dan laporan mingguan bahkan bulanan perjalanan bisnis langsung di email kantor tersebut.

Anda juga bisa menghubungkan Grab dengan Concur, ChromeRiver, atau Expensify untuk secara otomatis melaporkan pengeluaran bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu dalam pelaporan keuangan.

Nah, jika ingin melakukan perjalanan pribadi, Anda cukup mengganti profil Anda ke Profil Pribadi atau sebaliknya dengan lebih mudah. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan point rewards untuk setiap perjalanan yang telah dilakukan.

Setelah menggunakan Business Profile, pengelolaan keuangan Anda pun menjadi lebih jelas karena dapat terlihat perbedaan penggunaan yang mana untuk bisnis dan penggunaan pribadi. Bahkan Anda dapat mengakses dan mengunduh tanda terima perjalanan bisnis Anda, serta laporan bulanan perjalanan bisnis secara online.

Fitur Business Profile dari Grab ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis baik di dalam atau luar kota. Perjalanan pun menjadi lebih tenang, aman, dan tak perlu repot-repot merekap bukti perjalanan. Berarti, sekarang #WaktunyaBeralih ke Business Profile.