Advertorial

Profil Bisnis Grab Bisa Jadi Dokumen Pendukung untuk Para “Freelancer”

Kompas.com - 08/11/2019, 15:46 WIB
- -

Menjadi pekerja lepas atau freelancer memang memiliki kelebihan tersendiri. Ada beberapa alasan yang membuat orang lebih menyukai bekerja sebagai freelancer. Salah satunya adalah karena ia bisa bekerja sesuai dengan passion dan menjalankannya dengan aturan sendiri.

Waktu kerja yang fleksibel pun menjadi alasan lain yang membuat profesi sebagai freelancer di berbagai bidang ini populer. Para freelancer juga bisa produktif bekerja di mana saja, termasuk di rumah, kedai kopi, atau bahkan sambil berlibur ke luar kota.

Meski memiliki banyak kelebihan, bekerja lepas tentu memiliki resiko dan kekurangan tersendiri. Selain harus mengatur ritme kerja sendiri, para freelancer juga harus mengatur sendiri pencatatan keuangan mereka.

Meski melakukan pengaturan keuangan dengan cara yang sedikit berbeda, para freelancer dihadapkan dengan sistem dan persyaratan yang sama dengan pegawai perusahaan. Akibatnya, ketidaknyamanan pun kerap terjadi, terlebih ketika berhadapan dengan lembaga keuangan seperti bank.

Masalah yang sering dihadapi oleh freelancer biasanya berkutat di sekitar dokumen administrasi terkait bukti pemasukan. Tidak seperti para pekerja korporasi yang bernaung di bawah nama perusahaan, tak semua pekerja freelance memiliki slip gaji. Hal ini kemudian membuat proses verifikasi administrasi terhambat.

Masalah ini biasanya ditemui ketika freelancer hendak mengajukan pinjaman ke bank ataupun fasilitas keuangan lainnya.

Kondisi ini pun disadari oleh Grab dan diakomodasi dengan kehadiran Profil Bisnis Grab yang bisa dibuat sendiri di aplikasi Grab.

Lewar fitur ini, Grab memungkinkan penggunanya untuk menyambungkan akun Grab dengan sistem pengeluaran tertentu. Lewat integrasi ini, pengguna dapat mengirimkan tanda terima perjalanan bisnis ke email business dan secara otomatis membuat laporan perjalanan bisnisnya secara aktual.

Selain mempermudah pengelolaan anggaran perjalanan bisnis, laporan perjalanan tersebut juga bisa digunakan sebagai bukti keterkaitan pengguna dengan perusahaan tempatnya berkontribusi. Dengan adanya rekapitulasi data perjalanan bulanan atau mingguan beserta keterangannya, para freelancer ini pun dilengkapi dengan dokumen pendukung yang valid dan bisa dipercaya.

Hanya butuh beberapa langkah mudah untuk membuat Profil Bisnis Grab. Pertama, buka aplikasi Grab di smartphone, lalu pilih “Tambahkan Profil Bisnis” di halaman profil yang ada. Setelahnya, lengkapi data dan ikuti langkah-langkah yang tertera untuk menyiapkan profil bisnis tersebut. Jika sudah selesai, langsung saja pesan transportasi untuk perjalanan bisnis sesuai kebutuhan.

Profil Bisnis Grab ini pun bisa diatur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Misalnya, pengguna bisa menghubungkan akun bisnis dengan Concur atau Chrome River untuk secara otomatis melaporkan pengeluaran perjalanan bisnisnya. Pengguna juga bisa memilih untuk melaporkan perjalanan tersebut setiap bulan atau setiap minggunya.

Kunjungi halaman ini untuk menyimak informasi lebih lanjut tentang Profil Bisnis Grab. Tentukan langkah hebatmu, #WaktunyaBeralih ke Business Profile.