Advertorial

Festival Sinergi dan Harmoni Sambut Borobudur Marathon 2019

Kompas.com - 10/11/2019, 18:26 WIB

Rangkaian penyelenggaraan Borobudur Marathon 2019 Powered byBank Jateng tahun ini disajikan dengan cara yang berbeda, yakni dengan diadakannya Festival Sinergi dan Harmoni. Festival ini diinisasi oleh Yayasan Borobudur Marathon yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Harian Kompas.

Bertujuan untuk menumbuhkan keselarasan antar warga lokal, festival yang akan diselenggarakan tanggal 14-17 November 2019 mendatang ini juga menjadi ajang latihan bagi 25 tenant Pasar Harmoni untuk bertransaksi non tunai menggunakan uang elektronik.

Ada beberapa acara yang akan digelar sebelum race day Borobudur Marathon 2019, yaitu Pasar Harmoni yang akan diselenggarakan tanggal 14-16 November 2019 di Mall Artos Magelang dan dilanjutkan dengan Friendship Run pada tanggal 16 November 2019 di Candi Pawon Magelang.

“Dengan berlangsungnya Festival Sinergi dan Harmoni, saya berharap bahwa 25 tenant Pasar Harmoni siap tampil pada perhelatan puncak Borobudur Marathon tahun ini,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

- -

Para pengisi tenant makanan dan minuman di Pasar Harmoni adalah warga lokal yang telah dilatih oleh juru masak profesional. Mentor pembimbing ini berasal dari Grand Artos Hotel & Convention, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Hotel Puri Asri, dan Villa Borobudur Resort.

Dalam pelatihan yang dilakukan selama lima bulan ini, para peserta dibekali dengan berbagai materi terkait tata kelola bisnis dan kualitas makanan yang akan disajikan. Mereka belajar menentukan standar kebersihan, menentukan variasi rasa dan kemasan, hingga menentukan biaya modal dan harga jual.

“Saya belajar banyak hal dari para chef. Memang sulit untuk membuat materi yang diajarkan menjadi sebuah kebiasaan untuk kita. Tapi, ini adalah awal yang baik agar kita bisa lebih mengembangkan diri menjadi lebih baik,” tutur Hanung, penjual Soto Lesah yang akan menjadi peserta Pasar Harmoni.

- -

Selain kuliner lokal, Festival Sinergi dan Harmoni juga akan diisi dengan lomba paduan suara dan majalah dinding (mading) untuk para pelajar SD, SMP, dan SMA. Selain itu , akan ada pertunjukan tari Soreng. Tarian ini merupakan gambaran sinergi dan harmoni yang menjadi tema Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng.

Festival ini juga menjadi wadah bagi komunitas dan warga lokal di lingkungan Candi Borobudur untuk berbaur. Sinergi dan harmoni antara warga lokal memang menjadi salah satu faktor kesuksesan penyelenggaraan sport tourism. Dengan peran aktif warga lokal sebagai aktor utama, gelaran tersebut akan menjadi agenda yang berkelanjutan.

Acara ini turut didukung oleh Generali Insurance sebagai mitra asuransi resmi. Ikuti seluruh rangkaian Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng mulai tanggal 14-17 November 2019. Ikuti pula informasi terbarunya di Instagram @borobudur.marathon dan website Borobudur Marathon.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com