Advertorial

Demi Ciptakan Kendaran yang Jauh Lebih Baik di Masa Depan, Toyota Jelajahi 5 Benua

Kompas.com - 11/11/2019, 12:12 WIB
Merakit mimpi dalam sebuah perjalanan historis (Dok. Toyota) Merakit mimpi dalam sebuah perjalanan historis (Dok. Toyota)

Sejarah Toyota dimulai saat Kiichiro Toyoda berkelana ke Eropa dan Amerika Serikat pada 1929 silam. Perjalanan ribuan mil ini membawa sebuah misi, yakni mempelajari langsung produksi mobil di tanah kelahirannya. Hal ini merupakan manifestasi dari semangat “Genchi Genbutsu” yang bermakna mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya,

Berbekal ilmu yang didapatkan dari petualangannya, pada 1930 Toyota pun mulai mengembangkan mesin berbahan bakar bensin. Empat tahun berselang, lahirlah mesin pertama “Type A” yang kemudian diaplikasikan pada mobil penumpang Toyota pertama yang bernama “Model A1” serta truk “Model G1”.

Lebih dari setengah abad berlalu, Toyota pun berkembang dan menjadi salah satu produsen mobil terbaik dunia. Pencapaian ini tak akan terwujud tanpa semangat untuk terus belajar dan menempatkan visinya kedepan.

Seakan mengulang sejarah, Toyota pun memulai inisiatif global bertajuk “5 Continents Drive”. Tak tanggung-tanggung, semangat “Genchi Genbutsu” ini mendorong Toyota menyambangi 5 benua. Inisiatif ini lahir dari mimpi Toyota untuk menciptakan mobil yang lebih baik untuk hari ini dan di masa depan.

Para pegawai Toyota di seluruh belahan dunia saling bergandengan tangan demi menemukan sebuah jawaban (Dok. Toyota) Para pegawai Toyota di seluruh belahan dunia saling bergandengan tangan demi menemukan sebuah jawaban (Dok. Toyota)

Mimpi tersebut diwujudkan dalam sebuah penjelajahan yang melibatkan langsung para pegawai Toyota pusat dan regional di balik kemudi. Berbekal semangat “Genchi Genbutsu” dan filosofi “Road Train People and People Make Cars”, perjalanan penuh tantangan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk banyak orang, terutama untuk Toyota dalam menghadapi setiap tantangan dan ketidakmungkinan.

Toyota percaya bahwa dengan berkendara di berbagai kondisi jalan dan mempelajari beragam kultur masyarakat yang berbeda-beda di seluruh belahan dunia, dapat mengasah kemampuan mereka untuk menciptakan kendaraan yang lebih baik di masa depan bagi setiap orang.

Berbagai pengetahuan, kemampuan, dan inspirasi baru yang didapatkan dari penjelajahan ini tertuang manis dalam catatan-catatan yang begitu personal, menyentuh sekaligus mencerahkan.

Penjelajahan Toyota di benua Australia (Dok. Toyota) Penjelajahan Toyota di benua Australia (Dok. Toyota)

Memulai penjelajahannya sejak 2014 silam di Australia, Toyota telah menempuh 4 benua dan kawasan Timur Tengah dengan jarak tempuh total 92,500 kilometer. Penjelajahan di Jazirah Arab ini sekaligus menjadi pintu gerbang Toyota dalam petualangannya di benua terakhir, Asia.

Saat ini, Toyota telah menyelesaikan tahap pertama penjelajahannya di Asia dengan menyambangi India, Myanmar, dan Thailand. Pada bulan November ini, Toyota akan melanjutkan kembali petualangannya di Asia Tenggara, dan Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar lawatan Toyota.

Simak perkembangan terkini Toyota “5 Continents Drive” selengkapnya dengan mengunjungi halaman ini.