Advertorial

Jelajahi Indonesia, Tim Ekspedisi 5 Benua Toyota Petik Pelajaran dari Konsumen

Kompas.com - 17/11/2019, 14:37 WIB
- -

Kondisi jalan sesungguhnya adalah wahana terbaik untuk menguji kendaraan dan konsumen adalah penguji yang paling andal. Berangkat dari kepercayaan ini, pada 2014 Toyota menginisiasi 5 Continents Drive. Sebuah ekspedisi di lima benua tempat konsumen Toyota berada.

Perjalanan tersebut merupakan sebuah perwujudan semangat “Genchi Genbutsu” dan filosofi “roads train people, and people make cars”. Merasakan kondisi jalan sesungguhnya dan mendengarkan langsung pendapat konsumen mengenai mobil Toyota yang dikendarainya, demi menciptakan kendaraan terbaik untuk saat ini dan masa depan.

Ekspedisi tersebut dimulai pada 2014 dan masih berlanjut hingga kini. Perjalanan diawali dengan penjelajahan di Benua Afrika. Kemudian berlanjut ke Eropa, Amerika, Australia, dan terakhir Asia.

Penjelajahan di Benua Asia berlangsung pada 2019-2020. Indonesia menjadi salah satu negara yang disambangi. Indonesia menjadi negara yang penting di Benua Asia bagi Toyota karena merupakan bagian dari sejarahnya.

Pasalnya, semangat “Genchi Genbutsu” yang dimiliki Toyota sudah terimplementasi di Indonesia sejak 1972, saat proses penciptaan Kijang. Kini, Toyota Kijang menjadi mobil keluarga yang legendaris dan menemani setiap keluarga Indonesia secara lintas generasi. Mobil ini, lebih dari 40 tahun menjadi role model pengembangan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Penjelajahan di Indonesia berlangsung pada 12-15 November 2019. Perjalanan dimulai dari Jakarta, kemudian berlanjut ke Cirebon, Malang, dan berakhir di Surabaya. Selama melakukan penjelajahan tim ekspedisi 5 Continents Drive mengendarai Toyota Kijang Innova, Fortuner, Avanza, Xenia, dan Rush yang merupakan hasil kolaborasi Toyota group, serta kendaraan hybrid C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV.

Berbagi jalan dengan sepeda motor, macet, dan panas terik

Perjalanan tim 5 Continents Drive di Indonesia dimulai Selasa (12/11/2019) dan diawali dengan opening ceremony yang diselenggarakan di kantor pusat PT Toyota Astra Motors di Sunter, Jakarta Utara. Tim 5 Continents Drive dilepas oleh seluruh karyawan dari kantor pusat. Titik pertama yang dituju adalah pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang.

Keluar dari halaman PT Toyota Astra Motor, tim mulai merasakan kondisi jalan yang sehari-hari dilalui masyarakat Indonesia. Kemacetan parah yang sudah jadi santapan harian masyarakat Indonesia menimbulkan keheranan. Belum lagi ditambah dengan keharusan berbagi jalan dengan pengguna sepeda motor.

- -

Memasuki Tol Jakarta-Cikampek tim kembali disambut kemacetan dan himpitan kendaraan-kendaraan berat seperti truk dan bus. Mereka pun sadar bahwa di Indonesia tidak hanya terjadi di jalan ibukota tetapi juga di jalan bebas hambatan. Meski hari masih pagi terpaan sinar matahari begitu menyilaukan bagi pengemudi.

Mendekati Karawang, jalan mulai lengang. Namun, sepanjang perjalanan tim 5 Continents Drive dapat melihat beragamnya perilaku pengemudi di Indonesia. Mulai yang sabar hingga agresif.

Saat menuju Cirebon melalui Tol Cipali, jalan bergelombang di beberapa area. Sambungan lapisan beton pada permukaan jalan yang menciptakan vibrasi dan noise pada roda. Pengalaman-pengalaman tersebut menjadi berharga bagi tim 5 Continents Drive. Mereka memperoleh inspirasi untuk membuat kendaraan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia untuk saat ini dan di masa depan.

Perjalanan dari Jakarta, ke Karawang dan Cirebon tersebut memberi pengalaman yang membekas di benak mereka. Selain itu juga memberi pelajaran dan inspirasi berharga untuk menciptakan ever better cars bagi masyarakat Indonesia. Mobil terbaik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini dan di masa depan.

Melihat mobil Toyota dari kacamata konsumen

Keseriusan Toyota dalam mengembangkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen juga ditunjukkan dengan menemui konsumen secara langsung. Senin, (11/11/2019) tim 5 Continents Drive memyempatkan diri bertemu dengan para pengguna setia mobil-mobil Toyota di Toyota Auto2000 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah konsumen setia Toyota.

Salah satu konsumen setia yang ditemui dalam penjelajahan di Jakarta adalah Yulianto Hermawan (35). Melalui cerita pria yang berprofesi sebagai pengusaha tersebut tim 5 Continents Drive memperoleh tanggapan jujur dan lengkap mengenai Kijang Innova.

- -

Sehari-hari Yulianto mengendarai Kijang Innova diesel tipe G M/T tahun 2012. Ia cukup puas dengan mobil yang jadi teman mobilitasnya setiap hari tersebut. Saat ini Kijang Innova tersebut sudah digunakan dengan jarak tempuh melebihi 180.000 kilometer. Alasannya, mobil berjenis MPV ini dapat menemaninya di segala kondisi jalan dan untuk beragam kebutuhan perjalanan.

“MPV ini bisa diajak kemanapun tanpa kendala lantaran kerap dibawanya ke luar kota, bahkan hingga diajak menanjak ke Bromo,” ujar pria yang juga akrab disapa Anto tersebut.

Yulianto kini tengah menunggu kehadiran Innova Reborn 2019 tipe G A/T untuk menggantikan Kijang Innova lawas miliknya tersebut. Sementara menunggu, Yulianto tidak melupakan rutinitas servis berkala demi menjaga performa kendaraannya tersebut.

Usai berbincang dengan konsumen di Toyota Auto2000 Kelapa Gading, tim ekspedisi 5 Continents Drive bergerak ke rumah konsumen lain yaitu Reza Syailendra (38). Pria yang akrab disapa Reza ini mengaku mobil-mobil Toyota telah menemaninya, sejak masa kecil hingga kini dewasa.

Ia masih ingat dengan jelas pengalaman menjelajah jalan-jalan di Jakarta bersama sang ibu saat ia masih kecil menggunakan Toyota Great Corolla. Pada 1992, mobil tersebut diwariskan kepadanya dan ia gunakan hingga kini. Selain Toyota Great Corolla, pada 2001 keluarganya juga sempat memiliki Kijang Kapsul tipe LGX tahun 2001.

Setelah ia sanggup membeli mobil sendiri, Toyota Corolla Altis tahun 2003. Kemudian Rush, salah satu kolaborasi Toyota dengan Daihatsu jadi pilihannya. Senada dengan Yulianto, ia merasa Rush merupakan mobil yang tepat baginya.

SUV kompak ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dan berbagai kondisi jalan, selain itu daya angkutnya besar dan irit bahan bakar. Ia bahkan pernah mengendarainya dari Jakarta ke Tasikmalaya setiap hari tanpa mengalami kendala. “Feel dalam mengendarai produk Toyota sudah melekat di hati, sehingga sulit untuk memilih merek lain,” ujarnya.

Pertemuan dengan para konsumen memberi gambaran tentang loyalitas konsumen Indonesia dalam menggunakan mobil Toyota. Perjalanan 5 Continents Drive di Indonesia ditutup dengan closing ceremony di Surabaya. Usai Indonesia, penjelajahan di Asia Tenggara akan dilanjutkan ke Filipina dan berakhir di Vietnam. Kisah perjalanan mereka selama menjelajah lima benua dapat dibaca di sini.