Advertorial

Cara Cerdas Menghemat Pengeluaran Saat Menunggu Tanggal Gajian

Kompas.com - 20/11/2019, 14:30 WIB
- -

Bagi kalangan pekerja, akhir bulan adalah masa yang paling dirindukan. Alasannya jelas, penghujung bulan adalah waktunya pembayaran gaji dari perusahaan. Meski tanggal pembayaran gaji sudah ditetapkan dan tidak berubah setiap bulannya, terkadang ada saja pengeluaran yang membuat keuangan menipis sebelum waktunya.

Kondisi keuangan yang semakin memprihatinkan saat tanggal gajian yang masih menghitung hari bukan tidak bisa disiasati. Jika keuangan semakin terdesak, praktikkan beberapa hal di bawah ini untuk menyambung napas hingga hari gajian tiba.

Membawa bekal dari rumah

Tidak perlu malu berhemat dengan membawa bekal untuk makan siang dari rumah. Sebaliknya, bekal yang dibuat sendiri justru lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Kualitas bahan yang digunakan untuk membuatnya pun bisa dipastikan mulai dari proses persiapannya. Bekal dari rumah pun lebih aman dikonsumsi, terlebih bagi orang yang memiliki alergi makanan.

Menggunakan kendaraan umum

Tinggalkan kunci mobil di rumah dan beralihlah menggunakan kendaraan umum. Meski jauh lebih nyaman, menyetir mobil menuju tempat kerja memang memakan biaya yang lebih besar. Uang bensin, biaya tol, hingga ongkos parkir pun harus dikeluarkan ketika bepergian dengan mobil. Oleh karena itu, terimalah kenyataan dan gunakan transportasi umum untuk menghemat pengeluaran sampai hari gajian tiba.

Kurangi memberikan tip

Tip merupakan sebuah bentuk apresiasi terhadap pelayanan yang diterima. Memberikan tip juga dianggap hal yang baik untuk dilakukan, misalnya ketika makan di restoran ataupun tempat lainnya. Namun jika kondisi keuangan sedang kurang baik, tidak memberikan tip pun bukan hal yang tercela. Jika masih terasa berat melakukannya, kurangi jumlah tip beberapa persen dari besaran yang biasa diberikan.

Menggunakan promo dan voucher

Inilah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Program promosi dan voucher ini bisa ditemukan setiap hari, baik melalui aplikasi ataupun SMS dan email yang dikirimkan. Bukan hanya untuk membeli makanan dan transportasi online, promo dan voucher ini juga berlaku untuk membeli pulsa dan paket internet.

Internet memang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika hampir semua orang memasukkan paket data internat ke dalam pos pengeluaran bulanannya.

Kabar baik untuk pengguna Telkomsel, Traveloka memiliki fitur untuk membeli paket internet onlie Telkomsel dengan promo menarik. Informasi tentang paket internet Telkomsel murah ini bisa disimak lebih lanjut di halaman ini. Tak hanya Telkomsel, tersedia pula paket internet provider lainnya seperti Indosat Ooredoo, XL, Tri dan Smartfren.

Cara membelinya pun mudah, cukup buka aplikasi Traveloka di smartphone, log in dan pilih menu Bills & Top-up. Setelahnya, pilih menu Top-up dan Data Packages dan masukkan nomor telepon serta nominal pulsa atau kuota internet yang diinginkan. Pengguna pun bisa menyimpan hingga 10 nomor ke daftar penerima di setiap akun Traveloka untuk transaksi yang lebih mudah dan cepat.

Nikmati hari-hari jelang tanggal gajian yang lebih tenang dengan menerapkan cara-cara tersebut. Jangan lupa untuk selalu mengelola pengeluaram dengan bijaksana demi keuangan pribadi yang lebih baik.