Advertorial

SMI Ajak Pengusaha di Timur Indonesia Bersiap Hadapi Transformasi Digital

Kompas.com - 22/11/2019, 10:20 WIB
- -

Synnex Metrodata Digital (SMI) kembali menggelar talkshow Bincang Usaha dengan tema “Tantangan & Peluang Bisnis dalam Menghadapi Transformasi Teknologi”. Bekerja sama dengan Harian Kompas, acara ini merupakan yang keempat kalinya diadakan setelah sebelumnya telah berlangsung di Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Dalam acara ini, puluhan pengusaha dari kota Makassar bergabung dan berdiskusi tentang segala sesuatu yang harus dipersiapkan oleh perusahaan untuk melakukan transformasi digital.

Adapun para pembicara yang hadir dalam kesempatan kali ini adalah Digital Transformation Coach Frans Budi Pranata, Senior Channel Executive MNA Microsoft Indonesia Khianto Liang, dan East Indonesia Channel Sales Lenovo Kurniawan Tiono.

Dalam pemaparannya, Frans menyatakan bahwa transformasi digital adalah sebuah proses berkesinambungan yang dilakukan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi terhadap pasar dan konsumennya.

- -

Adaptasi ini mencakup sejumlah bidang, termasuk di antaranya model bisnis, produk, dan layanan yang disediakan oleh perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan kompetensi digital perusahaan tersebut, mulai dari sumber daya manusianya hingga peralatan yang digunakan dalam operasional bisnis.

Para peserta pun terlihat antusias dalam mengikuti acara ini. Menurut Frans, para pengusaha di kota Makassar memiliki potensi yang begitu besar.

“Tantangannya, mungkin mereka tidak se-update yang di Jawa, tapi mereka senang belajar dan tidak kalah agresif. Karena itu, keberadaan asosiasi dan komunitas menjadi sangat penting,” tutur Frans.

Acara ini pun disambut baik oleh para peserta, salah satunya adalah Deny Saputra yang merupakan seorang praktisi IT asal kota Makassar. Deny yang tampak antusias mengikuti talkshow ini mengaku mendapatkan wawasan yang sangat berguna terkait penggunaan teknologi yang saat ini dibutuhkan olen masyarakat.

- -

“Materi yang dijelaskan juga bukan hanya soal perkembangan teknologinya, tapi juga aplikasi yang mendukung pekerjaan setiap hari. Bagus sekali karena banyak di antara kita yang masih awam. Apalagi yang didatangkan adalah pihak Microsoftnya langsung, jadi lebih jelas,” tuturnya.

Deny pun berharap agar ke depannya acara ini dilanjutkan dengan skala yang lebih besar lagi.

Sementara itu Product Marketing Microsoft SMI Christianto Rasli menyatakan, kota Makassar merupakan pintu bagi SMI untuk melayani kebutuhan produk information technology para pengusaha di wilayah Indonesia Timur.

“Selama ini kita kebanyakan roadshow di Jawa, sekarang kita coba mulai dari kota Makassar, nanti kalau responnya bagus kita mungkin bisa merambah ke kota-kota lain yang ada di Indonesia bagian timur,” ungkapnya.

- -

Kesempatan ini pun menjadi ajang sosialisasi layanan electronic software delivery (ESD) dari SMI kepada para pengusaha di wilayah ini.

Sebagai distributor resmi Microsoft di Indonesia, SMI menyediakan software dan hardware yang terjamin keasliannya. Dengan layanan ESD, konsumen akan mendapatkan product key Microsoft yang dibelinya melalui email. Dengan demikian, transaksinya pun lebih cepat, mudah, aman, dan murah karena tidak lagi diperlukan pengiriman secara fisik.

Dapatkan aneka software Microsoft yang terjamin keasliannya dari reseller yang terafiliasi dengan SMI atau melalui JD.ID. Kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai produk Microsoft yang disediakan oleh SMI.