Advertorial

Sebelum Liburan, Cek Dulu Kondisi Transportasi Area Hakone-Jepang Terkini

Kompas.com - 06/12/2019, 11:00 WIB
- -

Salah satu lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat bekunjung ke negeri Sakura adalah Hakone. Terletak tidak jauh dari Tokyo, Hakone terkenal dengan onsen dan pemandangan gunung Fujinya.

Sayangnya, pada bulan Oktober lalu, Jepang terkena topan besar yaitu Topan Hagibis. Area Hokane juga merasakan dampak dari bencana tersebut, bahkan sebagian rute transportasi sempat berhenti beroperasi.

Sebulan setelah bencana tersebut, kerusakan di area Hakone dalam proses pemulihan. Berita baiknya, sebagian rute transportasi sudah kembali beroperasi seperti semula.

Jika Anda ingin menghabiskan akhir tahun di area ini, berikut detil mengenai transportasi yang sempat berhenti beroperasi dan sudah normal kembali.

- -

1. Hakone Ropeway

Setelah bencana melanda, seluruh rute dari Stasiun Souzan - Stasiun Owakudani - Stasiun Ubakoeki - Stasiun Togendai sudah kembali beroperasi seperti semula. Kemudian, area Owakudani yang ditutup sejak bulan Mei 2019 akibat aktivitas vulkanik, pada tanggal 15 November 2019 sudah dibuka kembali.

Pengunjung bisa kembali menikmati pemandangan Owakudani dan juga menikmati makanan khas, seperti Kuro tamago atau telur hitam di foodcourt yang ada di sana. Toko-toko yang menjual oleh-oleh sudah beroperasi kembali juga.

Namun, parkitan di Stasiun Souzan masih belum dapat digunakan karena masih dalam proses perbaikan.

- -

2. Hakone Tozan Train

Selanjutnya untuk rute Stasiun Odawara - Stasiun Hakone Yumoto sudah berjalan baik seperti semula. Sedangkan untuk rute Stasiun Hakone Yumoto - Stasiun Gora, masih belum bisa dilintasi kereta karena adanya kerusakan rel akibat dari tanah longsor, rubuhnya tiang listrik, dan banjir.

Perbaikan rute ini memerlukan waktu cukup lama dan untuk saat ini pihak perusahaan kereta Odakyu Electric Railway menyiapkan bus pengganti untuk rute Stasiun Odawara-Stasiun Hakone Yumoto ini.

Bagi Anda yang ingin menaiki cable car dengan rute Stasiun Gora – Stasiun Souzan rasanya harus ditunda terlebih dahulu. Pasalnya akan ada proses pembaruan kereta yang menyebabkan cable car berhenti beroperasi sementara dari Desember 2019 hingga Maret 2020.

3. Adanya Bus Pengganti

Namun, pada jangka waktu tersebut, akan disiapkan bus pengganti untuk melayani rute Stasiun Gora - Stasiun Souzan. Anda bisa menggunakan tiket Hakone Free Pass atau Hakone Kamakura Free Pas untuk penggunaan bus pengganti.

Sebagai informasi, kapasitas penumpang bus pengganti ini lebih sedikit sehingga agak sulit bagi wisatawan dalam grup besar. Selain itu, perjalanan dengan bus akan lebih lama dari transportasi semua karena kemungkinan kemacetan pada jalan raya.

Wisatawan dihimbau untuk meluangkan waktu lebih longgar ketika berwisata ke Hakone saat ini hingga kondisi pulih seperti semua.

Jika ingin mengetahui informasi terbaru mengenai transportasi umum di area Hakone, Anda dapat melihatnya pada tautan Hakone Navi berikut ini.