Advertorial

Merayakan Gaya Hidup Halal di Jakarta Halal Things 2019

Kompas.com - 10/12/2019, 17:45 WIB
. .

Jakarta Halal Things (JHT) kembali digelar pada tanggal 7-8 Desember 2019 lalu di Senayan City. Acara yang diselenggarakan oleh Scarf Media dan Sama Live ini mengangkat tema “Halal for Everyone” dan diisi dengan konferensi, pameran produk halal, serta konser musik amal.

Gelaran ini merupakan sebuah acara tahunan dengan misi memperkenalkan dan menginspirasi gaya hidup halal untuk semua kalangan, terlepas dari usia, jenis kelamin, bahkan agama. Halal dalam hal ini dikemas sebagai sesuatu yang baik dan membawa manfaat bagi yang menerapkannya, baik individual maupun komunitas atau perusahaan.

Menurut CMO Samara Media & Entertainment dan Co-Chairman Jakarta Halal Things Desy Bachir, perkembangan produk halal yang beredar di pasaran bukan lagi semata-mata kepentingan umat Islam.

. .

“Permintaan akan produk-produk halal dalam skala global telah membawa transformasi bagi berbagai lini industri, terutama di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia,” ungkapnya.

Tahun ini, ada beberapa kategori industri yang menjadi sorotan Jakarta Halal Things, seperti modest fashion, perbankan, kecantikan, pariwisata, teknologi, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Area exhibition atau bazaar terbuka untuk semua kalangan dan dapat diakses gratis. Pengunjung akan menemukan berbagai produk halal menarik dari sekitar 70 peserta, baik produk modest fashion, kecantikan, pariwisata, sampai fintech. Serunya lagi, pengunjung berkesempatan untuk memenangkan hadiah umroh gratis dari Umroh.com dengan berbelanja di area exhibition. Ada pula berbagai sajian kuliner halal di halal food market.

Tahun ini, konferensi JHT telah menghadirkan lebih dari 50 pembicara lokal dan internasional yang mengisi 20 sesi dalam dua hari. Beberapa pengisi acara tahun ini adalah Direktur Uniti Halal Center Malaysia Muhamad Elyas Harun dan supermodel berhijab pertama di dunia asal Amerika Serikat Halima Aden.

. .

Terlahir di sebuah perkampungan pengungsi di Kenya, Halima adalah Duta Unicef dan icon muslimah millennial karena prestasinya di dunia mode dan perannya sebagai aktivis kemanusiaan. Jakarta Halal Things 2019 akan menjadi kali pertama Halima datang ke Indonesia dan berbagi tentang pengalamannya soal pemberdayaan perempuan.

Selain itu, ada juga Sandiaga Uno, Dewi Sandra, Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Siti Aminah dari BPJPH, Ricky Manoppo dari The Little Giantz, perwakilan dari Boga Group, dan masih banyak lagi.

Menurut CEO Scarf Media dan Co-Chairman Jakarta Halal Things Temi Sumarlin, esensi dasar dari konsep Jakarta Halal Things harus bisa menjaga nilai-nilai Islami. Karenanya, diadakan pula kajian akbar gratis bagi muslimah pada 7 Desember 2019 lalu.

“Kami mengundang Ustadz Ahmad Homsani untuk membahas sebuah tema yang sangat relevan untuk muslimah masa kini, yaitu bagaimana kita dapat melaksanakan ibadah dengan berkarya,”  ungkapnya.

. .

JHT 2019 ditutup dengan konser amal pada Minggu, 8 Desember 2019 pukul 19.00 dan dimeriahkan oleh The Groove, SIVIA, dan Chiki Fawzi. Pengunjung cukup melakukan donasi minimal Rp 20.000 untuk mendapatkan tiket masuk konser amal.

Jakarta Halal Things 2019 terlaksana dengan baik atas dukungan sponsor dan mitra seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta Senayan City sebagai official venue partner.

Jakata Halal Things percaya bahwa ini adalah saatnya bagi Indonesia untuk menempatkan dirinya sebagai referensi gaya hidup halal di kancah internasional. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Jakarta Halal Things melalui akun Instagram @jakartahalalthings.