Advertorial

Lowongan Kerja yang Banyak Dilirik di Tahun 2020

Kompas.com - 11/12/2019, 10:00 WIB
. .

Tahun baru bisa mendatangkan beragam peluang baru, termasuk dalam hal karier. Kamu pun harus jeli melihat peluang karier apa saja yang menguntungkan di tahun 2020 mendatang. Menurut laporan yang dirilis oleh World Economic Forum, ada sejumlah pekerjaan yang diprediksi naik daun tahun depan. Jika kamu sedang mencari inspirasi dan lowongan kerja yang akan jadi tren tahun 2020, simak baik-baik daftar di bawah ini.

1. Data Analyst

Salah satu lowongan kerja tahun 2020 yang akan banyak disorot dalam berbagai industri adalah data analyst. Seorang data analyst akan sangat dibutuhkan karena kemampuan mereka dalam mengolah dan menganalisis data.

Data sendiri telah menjadi salah satu aset terpenting bagi perusahaan di era digital. Tak heran bila permintaan industri untuk tenaga kerja yang ahli menganalisis data sangat besar dan akan terus naik. 

2. Software Developer

Lowongan kerja dalam bidang teknologi dan matematika juga akan terus bertambah tahun 2020. Pasalnya, hampir semua industri akan membutuhkan software developer untuk mengembangkan produk, seperti online banking, online shopping, aplikasi smartphone, dan lainnya.

Jadi, kamu yang memiliki minat dan latar belakang di bidang ini bisa menemukan banyak lowongan kerja yang sesuai di tahun 2020.

3. Teknik

Lulusan teknik masih akan terus dilirik oleh banyak perusahaan di tahun 2020. Menurut prediksi dari World Economic Forum, pada tahun 2020 akan ada sekitar 2 juta lowongan pekerjaan baru di bidang teknik serta arsitektur di seluruh dunia.

Karena itu, membangun karier pada bidang teknik bisa dibilang cukup menjanjikan. Apalagi jika kamu punya minat dan latar belakang bioteknologi, nanoteknologi, dan robotika. Pasalnya, bidang-bidang ini diyakini akan terus berkembang ke depannya.

4. Sales

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan bisnis, kebutuhan akan tenaga sales dengan keahlian atau latar belakang khusus semakin meningkat. Dalam industri apa pun, perusahaan tentunya membutuhkan sales yang memahami seluk-beluk produk atau jasa yang dijualnya. 

Pada tahun 2020, sales dengan pengalaman atau pengetahuan yang mumpuni dalam bidang media digital akan mengantongi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan karena  saat ini konten dikonsumsi dan dipasarkan secara digital.

Untuk mendalami konten atau periklanan dalam dunia digital, kamu bisa mengikuti berbagai jenis kursus, webinar, atau seminar terkait. Untuk menjajal dinamika sebagai digital sales, kamu juga bisa mencari lowongan magang sebagai sales atau business development di perusahaan digital. 

5. Senior Manager

Karena cepatnya perkembangan teknologi dan pasar, perusahaan akan membutuhkan senior manager yang mampu menghadapi perubahan dan mengambil keputusan dengan cepat sekaligus memantau jalannya tim.

Menurut laporan dari World Economic Forum, industri yang banyak membutuhkan Senior Manager antara lain media, entertainment, dan teknologi informasi.

6. Product Designer

Salah satu skill yang banyak dicari tahun 2020 adalah kreativitas. Pasalnya, pekerjaan yang sifatnya repetitif atau monoton sudah bisa digantikan oleh mesin. Namun, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan pemecahan masalah masih sangat membutuhkan manusia.

Karenanya, peluang karier untuk desainer, khususnya product designer, sangat menjanjikan di tahun yang akan datang hingga seterusnya. Terlebih product designer komersial dan industrial yang merancang dan mengembangkan mobil, alat-alat rumah tangga, gadget, dan lainnya.

7. Human Resource dan Training

Masih terkait perkembangan teknologi yang harus dihadapi perusahaan, profesi human resource (HR) dan trainer sangat diperlukan untuk mencari kandidat yang meningkatkan kemampuan dan mengakomodasi pemberdayaan karyawan dalam menghadapi perubahan.

Karenanya, tidak heran jika lowongan kerja di tahun 2020 yang akan banyak dilirik di antaranya adalah Human Resource dan Trainer.

Bagaimana, tertarik untuk mencari peluang kerja baru di tahun baru? Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja 2020 di portal pencari kerja yang terpercaya seperti Glints. Daftar sekarang dan jangan lewatkan peluang karier yang menguntungkan di tahun baru nanti.