Persaingan Ketat Antar Pebalap Warnai Seri ke-3 Indonesia CBR Race Day 2019

Kompas.com - 12/12/2019, 08:00 WIB
Ratusan rider Honda CBR saling bersaing memperebutkan posisi terdepan. Total, ada 12 kelas yang dipertandingkan. KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYATRatusan rider Honda CBR saling bersaing memperebutkan posisi terdepan. Total, ada 12 kelas yang dipertandingkan.

BOGOR, KOMPAS.com – Ratusan pengendara dari komunitas dan pecinta Honda CBR memadati sirkuit Sentul di Kabupaten Bogor sedari pagi, Minggu (8/12/2019).

Mereka terlihat sangat antusias dalam menyambut gelaran terakhir atau seri ketiga Indonesia CBR Race Day 2019. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang semakin bertambah dari seri-seri sebelumnya.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya mengatakan pada seri terakhir ini terjadi peningkatkan jumlah starter pengendara dari yang sebelumnya 200 rider menjadi 250 pengendara.

"Gelaran CBR Race Day ini merupakan jawaban bagi para pecinta CBR series yang ingin merasakan langsung performa tinggi motor berkonsep Total Control di lintasan balap,” ujar Andy Wijaya dalam keterangan resminya, Minggu (8/12/2019).

Pada seri ketiga ini, terdapat kelas baru yang dipertandingkan yaitu Junior Exhibition. Sehingga total ada 12 kelas yang dipertandingkan, yakni 150cc Komunitas A, 150cc Komunitas B, 150cc Junior Exhibition, 150cc Open, 250cc Komunitas A, 250cc Komunitas B, dan 250cc Junior Exhibition. Ada pula kelas 250cc Open, 150cc Non-Komunitas A, 150cc Non-Komunitas B, 250cc Non-Komunitas A, dan terakhir 250cc Non-Komunitas B.

“Kelas Junior Exhibition kami hadirkan untuk kesempatan bagi rider yang berusia di bawah 16 tahun untuk menjajal langsung Honda CBR series. Dengan tetap menjadikan keselamatan hal yang paling utama,” jelas Andy.

Sebelum memulai jalannya balapan, rider dari kelas-kelas tersebut sebelumnya tengah mengikuti sesi free practice dan kualifikasi pada 6-7 Desember 2019.

Tak hanya pertandingan balap, ICE Day 2019 juga menampilkan Bikers Parade yang diramaikan oleh ratusan pemilik Honda CBR se-Indonesia.KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Tak hanya pertandingan balap, ICE Day 2019 juga menampilkan Bikers Parade yang diramaikan oleh ratusan pemilik Honda CBR se-Indonesia.

Tontonan Menarik

Aksi saling balap pada lintasan lurus dan tikungan tajam di sirkuit dengan jarak 3,965 kilometer (km) menjadi tontonan menarik di semua kelas yang dilombakan.

M. Iqbal (28), sang pemenang dari kelas 150cc Komunitas A mengatakan dirinya sangat senang dalam mengikuti kompetisi ini.

”Bersyukur saya bisa menjadi juara pertama pada seri terakhir ini dan berterima kasih kepada para tim yang sudah mendukung dari awal pertandingan sampai sekarang,” jelas rider dari tim HCRC Depok IMS IPONE Racing Team kepada Kompas.com di sela-sela waktu.

Salah satu kelas bergengsi di ICE Day 2019 adalah kelas Komunitas A 250cc. KOMPAS.com/FIKRIA HIDAYAT Salah satu kelas bergengsi di ICE Day 2019 adalah kelas Komunitas A 250cc.

Tak hanya pebalap dari kelas senior saja yang merasa bangga dengan pencapainnya, salah satu pemenang pada kelas 250cc Junior Exhibition, Naufal (16) pun puas dengan hasil akhir yang ia perjuangkan.

“Puas dengan hasil ini. Persiapan fisik setiap hari di rumah dengan berolahraga dan latihan rutin dengan tim bisa membuahkan hasil maksimal,” terang rider asal Tasikmalaya ini.

Selain ajang balapan berbagai kelas, pada gelaran ini juga disuguhkan berbagai acara menarik lainnya, yaitu CBR Modif Kontes, Coaching Clinic dari pebalap nasional, berbagai games untuk bikers, parade bikers serta Community Gathering.