Advertorial

#SiapDarling Hijaukan Kembali TWA Kawah Ijen Bersama Generasi Millennial

Kompas.com - 19/12/2019, 14:05 WIB
. .

Sebanyak 249 mahasiswa dari 35 universitas di Indonesia menghijaukan kembali Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen seluas 1,1 hektare. Penanaman ini merupakan bagian dari program Siap Sadar Lingkungan (#SiapDarling) yang Diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation sejak November 2018.

Bekerja sama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, para peserta yang tergabung dalam Darling Squad ini menanam 500 bibit pohon cemara gunung yang terdampak kebakaran lahan pada Oktober lalu.

Menurut Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji, program ini merupakan implementasi kepedulian generasi millennial akan kerusakan alam di tanah air.

“Selain itu, dengan menjaga lingkungan, program ini juga diharapkan dapat melatih rasa cinta lingkungan dan rasa bangga memiliki. Untuk jangka panjang, program ini adalah langkah kecil menuju terciptanya ekosistem lingkungan yang seimbang,” imbuhnya.

. .

Gerakan ini pun disambut baik oleh Kepala BBKSDA Jawa Timur Nandang Prihadi. Kebakaran yang terjadi di kawasan TWA Kawah Ijen lalu telah menghanguskan sekitar 940 hektar lahan. Akibatnya bukan hanya kerusakan ekosistem, namun juga kerusakan siklus kehidupan flora dan fauna yang ada di dalamnya.

“Aksi tanggap dan peduli lingkungan Siap Darling ini merupakan upaya untuk melestarikan kawasan konservasi melalui penanaman kembali sebagai upaya pemulihan ekosistem flora dan fauna yang terganggu atau bahkan mati akibat kebakaran di kawasan tersebut,” ungkap Nandang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia pun berharap agar semakin banyak anak muda yang mengikuti jejak Siap Darling menjaga lingkungan di kawasan konservasi dan kawasan hutan lainnya.

Dengan mengangkat tema “Cintai Lingkungan Kita dengan Cara yang Kita Cintai”, Siap Darling diinisiasi sejak November 2018. Gerakan ini dilakukan di media sosial dengan menyebarkan konten positif terkait kecintaan terhadap bumi dan lingkungan. Kegiatan terbarunya pun bisa disimak di website Siap Darling atau media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram.

. .

Memulai perjalanannya sejak tahun 1979 di Kudus lewat program Djarum Trees for Life (DTFL), Bakti Lingkungan Djarum Foundation telah menanam lebih dari 2 juta pohon di seluruh wilayah Indonesia.

Inisiatif ini pun telah menghijaukan jalur pantai utara pulau Jawa, Madura, Lombok, dan Medan sepanjang 2.472 kilometer dengan penyerapan karbondioksida sebesar 28,5 ton per tahun untuk setiap pohonnya.

Lebih dari 800 ribu bibit mangrove pun telah ditanam di pantai utara Jawa Tengah untuk mencegah abrasi dan merevitalisasi ekosistem pantainya.

Untuk mendukung program reboisasi, konservasi, dan pelestarian flora yang terancam punah, telah didirikan pula Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) yang kini memiliki lebih dari 230 jenis tanaman.

Pada pelaksanaan aksi #SiapDarling di TWA Gunung Ijen, Bakti Lingkungan Djarum Foundation tidak hanya melakukan penanaman pohon. Sejumlah fasilitas, sarana, dan prasarana  termasuk green house juga dibangun oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation di kawasan konservasi tersebut. Tujuannya agar wisatawan yang datang juga lebih nyaman saat menikmati keindahan Gunung Ijen.

Simak informasi lebih lanjut di website www.siapdarling.id.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.