Advertorial

Dorong UMKM Naik Kelas, BRI Gelar UMKM Export BRILian Preneur 2019

Kompas.com - 20/12/2019, 17:28 WIB
- -

Usaha mikro kecil menengah (UMKM) kini menjadi salah satu penggerak roda ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Pasalnya, UMKM kini mulai menjadi tuan rumah di negara sendiri. Selain karena nilai kearifan lokalnya, kualitasnya pun semakin baik. Tak heran jika semakin banyak orang yang mengincar produk UMKM.

Maka dari itu, banyak pihak baik pemerintah atau swasta terus mendorong berkembangnya UMKM Indonesia, salah satunya adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Sebagai bank terbesar di Indonesia yang berfokus kepada sektor UMKM, BRI mendukung UMKM tanah air dengan menggelar UMKM Export BRILian Preneur 2019.

Sebagai wujud kontribusi terhadap pemberdayaan UMKM Indonesia dan dalam rangka perayaan HUT BRI ke-124 tahun, acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 20-22 Desember 2019 di Assembly Hall JCC, Jakarta.

- -

UMKM Export BRILian Preneur 2019 ini diikuti oleh tak kurang 150 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah kreatif BUMN (RKB) serta puluhan pembeli potensial dari mancanegara.

Tujuan utama acara ini mempertemukan pengusaha UMKM dengan pembeli potensial dari luar negeri serta peningkatan kapasitas dan kualitas pengusaha UMKM untuk berorientasi ekspor.

Selain itu, acara ini juga bertujuan mendorong peningkatan kapasitas usaha UMKM Indonesia sehingga mampu bersaing secara global dan membuka peluang penetrasi pasar internasional yang lebih luas melalui ekspor serta mendorong rasa bangga BRIndonesia bagi nasabah Bank BRI.

Inilah jawaban Bank BRI terhadap arahan presiden untuk terus melakukan terobosan dan inovasi demi pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Hadirnya pembeli dari luar negeri diharapkan akan semakin membuka akses produk UMKM Indonesia ke mancanegara. Tercatat terdapat 74 pembeli potensial yang datang dari 16 negara dari Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Australia.

Dengan konsep pameran yang menampilkan hasil produk UMKM, acara ini juga menyuguhkan acara talkshow, konsultasi seputar bisnis serta coaching clinic terkait branding dan packaging, perizinan ekspor, hingga perizinan sertifikasi halal. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati instalasi seni yang terbuat dari produk-produk kreasi UMKM.

Bank BRI juga mengadakan sesi khusus untuk mendorong pengembangan industri halal di Indonesia melalui program-program pendampingan, termasuk memberikan informasi terkait dengan pengurusan sertifikasi halal kepada UMKM binaan Bank BRI maupun Bank BRI Syariah.

Apalagi kini telah dikembangkan UMKM Halal Industrial Land Go Digital. UMKM BRI yang telah bersertifikasi Halal diberikan kesempatan untuk memasarkan produknya melalui platform digital Halal Mall BRI yang bekerja sama dengan salah satu e-commerce ternama di Indonesia.

Supaya pengelolaan lebih baik, kini Halal Mall sedang dalam tahap transisi untuk digabungkan pengelolaanya dengan official store Indonesia Mall BRI.

Bank BRI juga terus membuat inovasi untuk mendorong UMKM naik kelas. Paling baru, Bank BRI merilis sebuah aplikasi bernama Skoring UMKM Naik Kelas.

Di sini UMKM dapat melakukan self-assessment berdasarkan parameter-parameter UMKM Naik Kelas yang telah ditetapkan secara digital. Berdasarkan hasil skoring dalam assessment ini, UMKM dapat mengetahui UMKM-nya berada di kelas mana serta aspek-aspek mana saja yang masih memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Dengan pengetahuan akan gap ini serta dengan memanfaatkan big data, Bank BRI dapat menawarkan program pendamping UMKM yang lebih terarah dan sesuai. Dengan demikian, UMKM dapat mengukur dan menentukan sasarannya untuk naik kelas.

Bagi para pemilik UMKM ataupun yang baru ingin memulai usahanya, jangan ragu untuk mengembangkan potensi dan mencari peluang bersama Bank BRI di UMKM Export BRILian Preneur 2019. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 20-22 Desember 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Simak juga informasi lebih lengkap terkait UMKM Export BRILian Preneur 2019 di halaman ini.