Advertorial

Panduan Belanja Populer di Taiwan

Kompas.com - 24/12/2019, 12:01 WIB
- -

Meskipun Taiwan terkenal dengan pasar malamnya yang menarik, negara ini juga menawarkan berbagai pilihan mal berkualitas tinggi dan toko-toko unik.

Taipei memiliki banyak area belanja yang mengkhususkan diri dalam barang elektronik, grosir pakaian, dan Pasar Jade akhir pekan. Berikut delapan tempat paling populer yang bisa Anda kunjungi di Taiwan.

1. Taipei 101

Mal ini populer karena berada di dalam gedung tertinggi di Taiwan sekaligus tertinggi kedua di dunia, lengkap dengan atraksi dek observasi yang luar biasa.

Selain merek mewah dari seluruh dunia, mal ini juga memiliki pusat makanan lezat, termasuk restoran Din Tai Fung yang terkenal.

Beberapa merek internasional di sini antara lain Louis Vuitton, Miu Miu, Mikimoto, Tiffany's, De Beers, Salt & Stones, dan Apple Stores.

Alamat: No. 45, Shifu Rd., Xinyi District, Taipei.

Stasiun MRT: Taipei 101/World Trade Center

2. Bellavita Shopping Mall & Xinyi Shopping District

Pada bangunan klasik favorit sosialita Taiwan ini, merek mewah seperti Vera Wang, Yohji Yamamoto, Hermes, dan Moynat Paris memamerkan karyanya.

Sementara itu, lantai B1 berisi galeri seni di samping ruang pamer Lamborghini. Lantai paling bawah menyediakan pusat makanan yang lengkap.

Pada tingkat atas, terdapat beberapa restoran terbaik di kota ini, termasuk pemenang bintang Michelin, L'Atelier de Jo? Robouchon, kafe teh Salon De The de Jo? Robouchon, hidangan Jepang Kaiseki 28, restoran Italia fusion "Beata Te", dan bar Hawaii "Haleakala".

Di sekitarnya terdapat distrik belanja Xinyi Road, dengan Hankyu Department Store yang bergaya Jepang.

Selain itu, terdapat Shin Kong Mitsukoshi Department Store yang tiap akhir pekan dimeriahkan berbagai pertunjukan di alun-alun terbukanya, serta kompleks belanja dan hiburan ATT 4 FUN yang menyasar kaum muda.

Alamat: No. 28, Songren Road, Xinyi District, Taipei

3. Eslite Spectrum Mall

Mal ini mengkhususkan diri dalam segala hal yang berseni dan budaya. Di jantungnya terdapat toko buku yang paling cantik, Eslite.

Lantai ketiga disebut sebagai “Teh dengan buku” dan menyediakan toko buku dengan aneka pilihan kafe. Sedangkan, tingkat B2 memiliki pusat makanan yang lengkap, galeri seni dan ruang pertunjukan.

Eslite Spectrum Mall terletak tepat di sebelah Taman Budaya Songshan dan merupakan tempat yang tepat untuk menikmati suasana budaya di Taipei.

Alamat: No. 88, Yanchang Road, Xinyi District, Taipei

4. Guang Hua Digital Plaza

Mal ini adalah tempatnya penggemar komputer, ponsel, games, serta segala hal berbau digital dan elektronik lainnya.

Penggemar action figure pun pasti akan senang berburu di sini. Jika tertarik membuat komputer rakitan, Anda dapat mengecek harga komponennya di berbagai toko di sini yang seringkali lebih murah. 

Alamat: No. 8, Section 3, Civic Blvd, Zhongzheng District, Taipei

Stasiun MRT: Bannan Line ke Zhongxiao Xinsheng Station, Exit 1 lanjut jalan kaki 10 menit, atau Bus rute 214, 254, 280 atau 72 ke Guang Hua Digital Plaza.

5. Raohe Street Night Market

Pasar malam tertua di kota ini memiliki 101 macam toko dan kios.

Barang-barang yang ada di sini berkisar dari berbagai macam penganan hingga barang elektronik, DVD, produk kecantikan, pakaian dan aksesoris hingga permainan pasar malam untuk anak-anak.

Daya tarik utama adalah makanan jalanan, termasuk beberapa pemenang Michelin.

Alamat: Raohe Street

Stasiun MRT: Songshan Station, exit no. 5 dan berjalan 5 menit ke Raohe Night Market

6. Wufenpu Shopping District

Distrik pakaian ini adalah untuk Anda yang mencari pakaian yang terjangkau namun trendi. Lebih dari 1.000 toko menjual mode dan asesoris terbaru, untuk segala usia. Membeli grosir dapat memberi Anda diskon tambahan.

Buka mulai jam 12 siang hingga sekitar 10 malam. Hari terbaik untuk berkunjung mungkin Selasa karena Senin stok baru datang, namun Minggu juga seru karena banyak barang yang mendapat potongan harga.

Alamat: Alley 9, Lane 443, Yongji Road, Taipei.

Stasiun MRT: Songshan

7. Shilin Night Market

Sebagai pasar malam terbesar dan paling terkenal di Taiwan, Pasar Malam Shilin yang luas ini selalu sibuk dengan penduduk lokal dan wisatawan.

Barang-barang yang populer antara lain suvenir, pakaian, dan lebih dari 500 kedai makanan. Anda akan menemukan banyak set teh China, keramik, dan tembikar, yang pasti dapat menjadi oleh-oleh yang otentik dan menyenangkan.

Alamat: No. 101, Jihe Road, Shilin District, Taipei

Stasiun MRT: Shillin Station, lalu berjalan sekitar 10 menit

8. Ximending

Ximending adalah pusat belanja yang buka hingga malam dengan aneka petualangan kuliner dan budaya. Di sini juga terdapat Kuil Matsu dan Red House Theater, sebuah gedung bersejarah sejak 1908.

Selain untuk menemukan aneka belanja termasuk sepatu edisi terbatas, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan Ximending yang terkenal seperti "Ya Rou Bian" yaitu daging bebek yang lezat.

Kemudian terdapat "Ay-Chung Flour-Rice Noodle" bihun lezat pemenang Michelin, "Simon food Tempura" untuk Tempura gaya Taiwan yang menggiurkan, "Lautailu" yaitu hidangan rebusan, ditambah banyak makanan lezat lain dan Pearl tea (Boba) asli yang akan memuaskan selera.

Alamat: MRT turun di Ximen Station, keluar Exit 6

 

Kota-kota lain juga terdapat pusat belanja yang menarik seperti Dream Mall di Kaoshiung, tempat belanja terbesar di Taiwan dan no. 15 di dunia!

Tentunya, setiap kota memiliki pasar malamnya yang seru untuk kita jelajahi. Ayo segera berangkat ke Taiwan dan temukan surga belanja di pulau indah ini!

Pengembalian pajak

Wisatawan yang berbelanja lebih dari 2.000 dolar Taiwan dalam satu hari di toko-toko bertanda Tax Refund Shopping (TRS) dapat menerima pengembalian pajak sebesar lima persen di loket pelayanan pengembalian pajak di Terminal Keberangkatan bandara.