Advertorial

Ingin Menjadi Atlet eSport Profesional? Ini Tipsnya!

Kompas.com - 26/12/2019, 20:20 WIB
. .

Saat ini, bermain game bukan hanya sekedar hobi saja. Megahnya ajang dan hadiah turnamen eSport dunia seperti The International (Dota2) dan Intel Extreme Challenge (CS:GO) membuktikan bahwa game dapat dibawa ke ranah profesional.

Hal tersebut juga membuktikan bahwa atlet eSport dapat bersanding dengan atlet olahraga lainnya. Terlebih, eSport diprediksi akan terus berkembang ke depannya.

Indonesia sendiri mulai mengambil langkah serius terhadap perkembangan eSport. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya tim dan kompetisi eSport yang menyentuh berbagai game populer.

Selain itu, pemerintah pun telah membentuk Indonesian eSport Association (IeSPA) yang bertugas untuk mengakomodir berbagai kebutuhan dunia eSport di Indonesia.

Jika kamu memiliki cita-cita untuk terjun di dunia eSport profesional, maka sekarang adalah saat yang tepat.

Lantas, harus mulai dari mana? Nah berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memulai karir di dunia eSport.

1. Fokus di satu game

Langkah pertama untuk menjadi atlet eSport profesional adalah menentukan game yang akan kamu tekuni.

Terdapat berbagai jenis game, mulai dari MOBA (Dota2, Mobile Legends, AOV), FPS (CS:GO, Point Blank), Fighting (Street Fighter), hingga Sports (FIFA) yang bisa kamu pilih sesuai dengan kesukaanmu.

2. Rajin berlatih

Jika kamu sudah mantap untuk menjadi atlet eSport, maka kamu harus memiliki komitmen untuk terus berlatih. Layaknya atlet olahraga lain, perlu latihan keras dan jam terbang tinggi untuk mencapai level profesional.

Lewat latihan, kamu bisa mempelajari berbagai taktik dan mengasah kemampuan mekanikal, sehingga kemampuan bermainmu stabil dan terus meningkat.

3. Mulai bergabung dengan komunitas

Saat kemampuan bermainmu perlahan meningkat, cobalah untuk mulai bergabung dengan berbagai komunitas yang menaungi game yang kamu tekuni. Baik di forum eSport internasional di Reddit ataupun forum IeSPA di Ligagame.

Di sana, kamu bisa mulai berkenalan dengan orang-orang yang berkecimpung di dunia eSport. Selain berkesempatan untuk mengetahui tips dan trik dari atlet eSport profesional, mungkin kamu juga bisa mendapat kesempatan untuk bergabung dengan tim eSport.

4. Ikuti kompetisi atau turnamen

Setelah banyak berlatih dan berkenalan dengan banyak orang di game yang kamu tekuni, kamu pun mulai tergabung dengan tim. Jika kamu dan tim merasa sudah menemukan chemistry dan dapat bermain bersama secara maksimal, mulailah untuk mengikuti kompetisi atau turnamen yang ada.

Hal tersebut adalah langkah penting untuk mengasah kemampuanmu sebagai tim. Seiring dengan jam terbang kompetisi yang tinggi, kamu dan tim pun perlahan akan membangun reputasi untuk melangkah lebih jauh di dunia eSport.

5. Persiapkan peralatan yang mumpuni

Meski kemampuan dalam bermain adalah yang utama, namun tidak dipungkiri jika peralatan gaming turut berperan dalam performa kita dalam bermain game, terlebih di dalam level profesional.

Selain peralatan, tentunya kamu juga membutuhkan koneksi internet yang mumpuni dan terpercaya untuk menunjang karirmu di dunia eSport.

Kamu bisa menikmati paket internet yang sederhana, transparan, dan bebas khawatir dengan paket Freedom Internet dari IM3 Ooredoo.

Tak hanya kuota utamanya yang besar, paket ini juga dapat digunakan selama 24 jam di semua jaringan, baik 2G, 3G, ataupun 4G. Jaringan internet kuat yang luas membuatmu dapat berlatih dimanapun.

Jika kehabisan kuota, kamu tidak perlu lagi khawatir pulsa terpotong. Hal ini karena Freedom Internet memiliki fitur Pulsa Safe yang memungkinkan untuk terus mengakses internet dalam kecepatan 64 kpbs tanpa memotong pulsa.

Kamu akan mendapat notifikasi SMS jika kuota telah habis dan memasuki mode Pulsa Safe. Selain itu, kamu juga bisa mengecek sisa kuota lewat aplikasi myIM3 atau menelepon *123#.

Selain itu, kamu dapat kembali mengakses internet dalam kecepatan penuh dengan membeli paket Extra Booster sebagai tambahan kuota. Sehingga kamu dapat kembali berlatih dengan segera.

Freedom Internet dari IM3 Ooredoo adalah pilihan paket internet tepat yang siap mengantarkanmu menjadi atlet eSport profesional. Kunjungi halaman ini untuk informasi selengkapnya mengenai Freedom Internet IM3 Ooredoo.