Advertorial

Kakunodate, Bekas Kota Distrik Samurai di Jepang

Kompas.com - 27/12/2019, 09:00 WIB

Kakunodate ini sebenarnya adalah bekas kota yang banyak ditinggali para Samurai. Disebutkan kalau juga pernah ada sebuah kastil berdiri di Kakunodate, meski sekarang kastil tersebut sudah tidak ada. Namun, untuk rumah para Samurai tersebut sampai sekarang masih bisa terlihat dengan jelas.

Konon Kakunodate ini tak banyak berubah sejak tahun 1620, terutama bangunan rumah para samurai yang masih berdiri tegak selama ratusan tahun. Terutama untuk area rumah para pedagang dan rumah para samurai yang masih asli sejak berdiri.

Beberapa rumah samurai yang ada di Kakunodate tersebut bisa dimasuki dengan gratis, dan beberapa harus membayar beberapa ratus Yen saja. Tidak cuma itu, Kakunodate ini juga merupakan salah satu tempat melihat bunga sakura terbaik di Jepang.

Bagaimana cara pergi ke Kakunodate?

Pergi ke Kakunodate dengan Shinkansen-Komachi dalam waktu 3 jam (Foto: catperku.com) Pergi ke Kakunodate dengan Shinkansen-Komachi dalam waktu 3 jam (Foto: catperku.com)
Ada beberapa cara untuk pergi ke Kakunodate. Mulai dengan naik Kereta Shinkansen, hingga dengan naik pesawat domestik. Tinggal dipilih sesuai kebutuhan. Namun, disarankan kalau kamu punya JR Pass, sebaiknya Anda pergi ke Kakunodate dengan menggunakan Shinkansen saja.

Kalau pergi ke Kakunodate dengan naik pesawat, bandara terdekat berada di Kota Akita. Anda bisa terbang ke Akita dengan menggunakan penerbangan domestik. Dari Tokyo, bisa terbang ke Akita dari Bandara Haneda. Lalu, dari bandara Akita Anda bisa pergi ke Kakunodate dengan mobil sewaan.

Namun, cara termudah untuk pergi ke Kakunodate adalah dengan naik Shinkansen. Apalagi Shinkansen untuk ke Kakunodate itu di-cover dengan JR Pass. Jadi kalau punya JR Pass bisa gratis naik Shinkansen dari Tokyo ke Kakunodate.

Jika beli tiket sendiri, untuk sekali jalan harga tiketnya sekitar 16.000 yen. Dari Tokyo ke Kakunodate naik Shinkansen Komachi akan menempuh waktu sekitar 3 jam 10 menit.

Di Kakunodate bisa lihat dan cobain apa saja?

Ada beberapa tempat wisata di Kakunodate bisa direkomendasikan untuk dikunjungi seperti :

1. Bukeyashiki Street / Jalan Bukeyashiki

- -
Di jalan inilah terdapat beberapa rumah samurai yang masih bertahan dan berumur ratusan tahun. Para samurai tersebut memang sudah tidak ada lagi, hanya tersisa keturunannya saja. Namun, di sini masih terdapat beberapa rumah samurai yang berdiri tegak, yang memperlihatkan kejayaan para samurai pada masanya.

2. Museum Omura

Museum yang terdiri dari satu kamar ini memamerkan berbagai pilihan kerajinan tangan terbuat dari kaca. Karya-karya seniman Prancis, Rene Lalique, banyak dipamerkan di koleksi museum ini.

3. Museum Denshokan

Museum ini berisi tentanng informasi sejarah Kakunodate dan sejarah pembuatan kerajinan tradisional. Kerajinan Kakunodate yang paling menonjol adalah pengerjaan kulit kayu ceri (kabazaiku). Kerajinan pengerjaan kulit kayu ceri tersebut biasanya untuk membuat tabung teh, piring, dan perabot besar.

4. Bunga Sakura di sepanjang bantaran Sungai Hinokinai

Sebenarnya waktu terbaik berkunjung ke Kakunodate adalah ketika musim semi tiba. Daya tarik wisata Kakunodate ketika musim semi ini adalah jejeran pohon sakura yang membentang di bantara Sungai Hinokinai. Lokasinya tak terlalu jauh dari Jalan Bukeyashiki, dan bantaran Sungai Hinokinai ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Sakura di Jepang.

Tempat wisata lain di dekat Kakunodate

Ada beberapa tempat wisata di dekat Kakunodate yang juga bisa dikunjungi. Tempat wisata tersebut berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kakunodate. Misalnya :

  • Danau Tazawa

Ini adalah danau kaldera terdalam di Jepang yang berada di Semboku City. Danau ini dikelilingi kawasan pegunungan yang indah dan memiliki suasana yang sejuk. Anda bisa berkunjung ke Danau Tazawa dan menikmatinya dengan naik perahu.

  • Nyuto Onsen

Di Nyuto Onsen ini terdapat beberapa penginapan atau ryokan ala Jepang dengan fasilitas Onsen (Foto: catperku.com) Di Nyuto Onsen ini terdapat beberapa penginapan atau ryokan ala Jepang dengan fasilitas Onsen (Foto: catperku.com)
Onsen adalah kawasan wisata dengan banyak pemandian air panas khas Jepang. Sementara itu, Nyuto Onsen adalah salah satu tempat wisata tersebut yang cukup terkenal buat orang Jepang sendiri. Terdapat beberapa hotel ala Jepang atau Ryokan untuk menginap di sana. Tentunya Anda juga bisa merasakan pengalaman berendam di Onsen ala Jepang.

  • Gunung Akita-Komagatake

Buat yang suka trekking dan naik gunung, wajib banget mampir ke Gunung Komagatake. Gunung ini juga dikenal sebagai "Flower Mountain" karena ketika musim bunga tiba, akan terdapat banyak sekali bunga di area ini. Gunung Ini juga bisa dinikmati pada musim apapun.

  • Dakigaeri Valley

Dakigaeri Valley ini adalah sebuah lembah yang berada tak jauh dari Kakunodate. Pada puncak musim gugur, sekitar lembah ini akan berwarna kemerah-merahan. Diluar musim itu pun tempat ini juga merupakan destinasi yang asik untuk trekking.

  • Tazawako Herb Garden

Di sini Anda bisa minum teh, juga membuat prakarya dengan bahan bunga-bunga dari kebun.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com