Advertorial

Menikmati Wisata Alam Indah di Taiwan

Kompas.com - 30/12/2019, 19:12 WIB

Bagi yang sudah pernah ke Taiwan, menjelajahi kota-kota wisata utama seperti Taipei, Kaoshiung dan Tainan mungkin telah menjadi hal yang biasa.

Akan tetapi, Taiwan masih punya jauh lebih banyak tempat wisata luar biasa yang seru untuk kita jelajahi, terutama untuk para pecinta alam. Berikut beberapa rekomendasi kami:

1. Alishan, daerah Chiayi

Di pegunungan setinggi 2.200 meter di atas laut ini, suhu rata-ratanya 10,6 derajat celcius, sehingga sangat nyaman.

. .

Atraksi terbaik di sini adalah Lautan Awan, melihat matahari terbit, trekking di hutan yang indah, naik kereta api antik, mengunjungi suku asli, hingga menikmati makanan khas desa setempat.

Salah satu desa di sini adalah Fen Qi Hu dengan pertokoan tuanya yang cantik. Khusus untuk Lautan Awan, waktu terbaik untuk menikmatinya adalah saat pagi dan senja di bulan November hingga April.  

Transportasi menuju ke Alishan juga mudah. Anda dapat naik kereta dari Taipei atau Kaoshiung menuju stasiun Chiayi, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta atau bis wisata menuju Alishan Forest.

Kawasan ini pun memiliki hotel dan restoral halal yang ramah bagi Muslim. Hotel yang menyediakan hidangan halal di antaranya adalah Alishan House dan Jianshanpi Jiangnan Resort.

Kemudian restoran yang telah bersertifikasi halal dari Asosiasi Muslim Taiwan, antara lain Long Yung Leasure Farm.

2. Danau Sun Moon, daerah Nantou

Dikelilingi pegunungan, fajar berkabut dan matahari terbenam, danau terbesar di Taiwan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dunia.

. .

Anda dapat menikmati panorama menakjubkan di atas kapal, atau bersepeda berkeliling danau.

Jalur sepedanya naik turun dan sedikit menantang, cocok bagi pesepeda yang menyukai tantangan.

Anda juga dapat mendaki gunung Jin Long untuk melihat matahari terbit yang indah. Jika ingin merasakan suasana khas kota kecil, Anda juga dapat menginap di di sini.

Selain desa cantik seperti Ita Thao, di sini juga terdapat masyarakat aborigin Taiwan, yang budayanya dapat kita saksikan di Formosa Aboriginal Cultural Village. Dari Ita Thao, terdapat kereta gantung dengan pemandangan yang menakjubkan. 

Anda dapat menaiki bullet train (HSR/High Speed Rail) dari Taipei atau Kaohsiung menuju Taichung HSR, kemudian lanjut dengan menaiki bis ke Sun Moon Lake.

Terdapat Sun Moon Lake Pass yang sudah termasuk tiket bis, gondola, bis keliling danau, tiket feri, serta diskon sewa sepeda, serta ada juga yang termasuk tiket masuk Aboriginal Village.

3. Taman Nasional Taroko, daerah Hualien

Taman Nasional Taroko adalah salah satu tempat wisata alam terindah di Taiwan yang namanya berasal dari suku aborigin Truku,

. .

Terbentuk karena naiknya tanah perbukitan digabung dengan erosi sungai Liwu yang kuat, Tebing Taroko ini memiliki dinding menjulang tinggi yang nyaris rata, sungguh mengagumkan.

Selain tebing, atraksi lain antara lain melihat pemukiman penduduk asli (aborigin), kuil, museum, dan berbagai jalur pendakian untuk menikmati kecantikan wilayah Hualien dan timur Taiwan.

Hualien sendiri merupakan wilayah terbesar dari semua kabupaten di Taiwan, berbatasan dengan kota Taichung, Nantou dan Kaohsiung. Di utara Hualien terdapat kota Yilan.

Dari Taipei menuju Hualien dapat dengan menggunakan kereta cepat TRA.

4. Yushan National Park

Bagi Anda pecinta alam sejati yang ingin petualangan yang lebih istimewa, datanglah ke Yushan National Park, dengan gunung tertinggi di Taiwan, Gunung Jade.

. .

Yushan adalah taman nasional terindah di Taiwan, dengan panorama luar biasa sepanjang mata memandang. Mulai dari pegunungan tinggi, lembah rimbun, hingga ngarai curam. Tempatnya yang relatif terpencil membuat taman ini begitu lestari.

Jalur pendakian yang paling terkenal adalah Tataka, sedangkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah ada di area Dongpu, yang juga memiliki pemandian air panas untuk kaki Anda yang letih.

Saat musim dingin, banyak bunga es bermunculan sehingga pengalaman Anda akan semakin istimewa.

Terdapat bis dari kota terdekat seperti Chiayi, Alishan, atau Danau Sun Moon untuk menuju Tataka.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com