Advertorial

PLN Salurkan Bantuan CSR Penataan dan Pengembangan Kawasan Wisata Tegal Jarong

Kompas.com - 31/12/2019, 11:14 WIB
- -

Kawasan Wisata Tegal Jarong adalah salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Tegal Jarong menyuguhkan pemandangan indah dari hamparan air Bendungan Jatigede dan beberapa spot menarik lainnya yang bisa dinikmati saat berkunjung ke kawasan wisata ini.

Kawasan wisata tersebut sudah ada sejak tahun 2016 yang ramai dikunjungi wisatawan dan dikenal dengan fasilitas penyewaan perahu yang akan mengantar pengunjung menyeberang dan berkeliling di sekitaran Bendungan Jatigede.

Melihat potensi alamnya yang indah, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT I) dan PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Jawa Bagian Tengah 2 (PLN UPP Kit JBT 2) menyalurkan bantuan dana CSR untuk penataan dan pengembangan kawasan wisata Tegal Jarong.

- -
Tahap pertama dimulai tahun 2018 berupa penataan kios/warung eksisting, pembersihan lahan kosong (pada area atas), pembuatan Landmark Tegal Jarong, pembuatan taman hijau, pembuatan kios (area atas).

Kemudian pada tahap pertama pun dilakukan penanaman pohon, pembuatan mushola dan toilet, pembuatan saluran air ke area atas, hingga pemberian meja dan kursi taman.

Pada tahun 2019, PLN kembali memberikan bantuan tahap kedua berupa renovasi/pembaruan landmark dan kios, pembuatan lorong/gawang tanaman hias dan saung keluarga, pembersihan dan pemadatan lahan parkir atas dan selokan.

Kemudian pada tahap kedua pun dilakukan penambahan pohon ketapang kencana, pembuatan rumah kelinci dan taman bermain anak, penataan lapangan terbuka, pembuatan amphitheater DPT, serta pembuatan menara cinta untuk berswafoto.

Program CSR Unggulan PLN UIP JBT I dan PLN UPP Kit JBT 2 ini baru saja diresmikan oleh PLN dan diserahterimakan kepada pengelola kawasan wisata dari Desa Cijeungjing pada Senin (30/12/2019).

- -
Hadir dalam seremoni tersebut Manager PT PLN (Persero) UPP Kit JBT 2, Arie Nugroho Ardianto, Camat Jatigede, Sahna, Kepala Desa Cijeungjing, Atit Casmiati, Kelompok Karang Taruna Desa Cijeungjing, Perwakilan BPD dan masyarakat sekitar.

Adanya bantuan tersebut, PLN berharap dapat turut mengembangkan potensi wisata itu menjadi lebih besar dan semakin nyaman.

Arie menyampaikan lokasi Tegal Jarong memang sangat strategis dan memiliki potensi besar dengan pemandangannya yang indah. Dirinya pun berharap bantuan ini dapat mengembangkan kawasan wisata ini menjadi lebih baik dan bermanfaat.

“Harapannya kedepan Tegal Jarong dapat menjadi salah satu icon atau unggulan wisata di Kabupaten Sumedang maupun Provinsi Jawa Barat, dapat menambah lapangan pekerjaan baru, tersedia pula wadah untuk menjual oleh-oleh khas desa, sehingga perekonomian masyarakat sekitar dapat meningkat,’’ ujarnya.

Tegal Jarong adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga, remaja, dan anak-anak. Pengunjung bisa berfoto di area selfie PLN Peduli dengan latar belakang pemandangan Bendungan Jatigede dan Landmark bertuliskan Tegal Jarong.

Terdapat pula tempat bermain anak mulai dari perosotan, jungkat jungkit, mangkuk putar, ayunan, dan kandang edukasi ternak kelinci yang sangat cocok untuk anak-anak.

Selain itu, di area kios atas juga tersedia galeri mitra binaan PLN yang menjual makanan khas Jatigede untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pengunjung dengan kendaraan bermotor hanya perlu membayar parkir Rp 5 ribu (motor) atau Rp. 10 ribu (mobil) untuk memasuki Tegal jarong,

Kawasan wisata yang berada di tanah milik Desa Cijeungjing ini pun dikelola langsung oleh Karang Taruna Desa Cijeungjing.

- -
Atit menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan Program CSR PLN di kawasan Tegal Jarong. Menurutnya, kondisi kawasan wisata ini sangat jauh berbeda dibanding dahulu sebelum mendapat bantuan.

“Sekarang jauh lebih baik, lebih tertata dan lebih lengkap sarana wisatanya. Bantuan ini akan kami pelihara semaksimal mungkin dan dikelola sebaik-baiknya dengan melibatkan Karang Taruna Desa”, ujarnya.

Selain penyerahan bantuan Pengembangan Kawasan Wisata Tegal Jarong,pada kesempatan tersebut PLN UIP JBT I dan PLN UPP Kit JBT 2 juga turut menyerahkan simbolis serah terima bantuan CSR Tahun 2019.

Bantuan tersebut di antaranya adalah Bantuan Sarana Air Bersih Desa Cijeungjing, Bantuan Sarana Air Bersih Blok Margahayu, dan Bantuan Renovasi Masjid Desa Karedok.