Advertorial

Niat Murni Iringi Langkah Nyata Para Artis Ini untuk Atasi Sampah Plastik

Kompas.com - 13/01/2020, 16:09 WIB
- -

Saat ini masalah sampah plastik sedang menjadi perbincangan hangat, terutama di Indonesia. Bagaimana tidak, saat ini Indonesia menjadi salah satu penyumbang sampah plastik dunia. Berdasarkan penelitian Jenna Jambeck dari University of Georgia pada tahun 2017, Indonesia menyumbang 1,29 juta metrik ton sampah ke laut, menempatkannya di posisi kedua setelah Tiongkok.

Keadaan ini pun mulai mengundang perhatian berbagai kalangan, termasuk para figur publik. Penyanyi kenamaan Indonesia, Glenn Fredly pun turut mengutarakan kekhawatirannya akan permasalahan sampah plastik ini.

“Rasa malu itu pasti ya, tapi lebih dari itu ya khawatir. Ini adalah masalah yang sangat serius dan perlu kita atasi bersama,” ujarnya.

Tak hanya Glenn, aktris Marsha Aruan pun menyuarakan kekhawatiran yang sama. Dirinya mulai tergerak untuk mengatasi masalah ini saat melihat kembali kondisi pantai yang sering dikunjunginya ketika masih kecil.

“Dulu tuh bersih, kemarin aku lihat rasanya syok banget melihatnya jadi kotor sama sampah plastik. Di permukaan saja kelihatan jelas, apalagi di bawah lautnya,” ujarnya.

Penyelesaian masalah sampah plastik ini tentunya memerlukan langkah-langkah nyata, baik secara individu maupun kolektif. Glenn sendiri mulai mengambil langkah dengan berhenti menggunakan sedotan plastik, memanfaatkan kembali kemasan plastik bekas, hingga memilih produk-produk yang mendukung kelestarian lingkungan.

“Hal-hal kaya gini tuh kalau kita jadikan kebiasan, pasti bisa bawa hasil yang signifikan,” tambahnya.

Senada dengan Glenn, Marsha pun mulai dengan membawa tas belanjaan sendiri, berhenti menggunakan sedotan plastik, dan membawa botol minuman untuk mengurangi penggunaan plastik.

“Apapun yang bisa saya lakukan deh. Kalaupun harus beli minuman kemasan, aku pastiin banget produknya yang pro lingkungan,” ujarnya.

Selain membangun kebiasaan-kebiasaan tersebut, mereka turut andil dalam kampanye #NiatMurni yang digaungkan oleh Ades sepanjang tahun 2019 ini. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik botol yang telah dipakai. Berbagai artis dan influencer lain seperti Tora Sudiro, Aurelie Moremans, Paula Verhoeven, hingga Julia dan Marius (@anakjajan) pun turut aktif dalam kampanye ini.

Botol plastik ini dikumpulkan di kegiatan Car Free Day (CFD) di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Medan. Kampanye ini berhasil mengumpulkan sekitar 7.000 botol plastik bekas. Kumpulan botol plastik tersebut pun dikonversi menjadi karya billboard ramah lingkungan yang mengedukasi masyarakat untuk mengumpulkan dan mengolah sampah plastik.

Ades pun berkolaborasi dengan Waste 4 Change (W4C), perusahaan startup yang menangani manajemen sampah dan menghubungkan plastik botol ke industri daur ulang. Selain menjadi billboard, sampah plastik ini pun akan diolah menjadi pellet plastik yang dapat dilebur untuk menghasilkan produk-produk baru seperti perabotan rumah tangga.

Selain mengundang perhatian dari banyak figur publik, kampanye ini pun diharapkan dapat berperan untuk meningkatkan jumlah bank sampah di Indonesia. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tahun ini terdapat sekitar 7.000 bank sampah di Indonesia. Ini adalah tren positif mengingat dua tahun sebelumnya yang hanya ada sekitar 5.000 bank sampah.

Hal ini coba diwujudkan Ades lewat kerja sama bersama GOJEK dan Waste for Change dan Anda pun dapat turut berpartisipasi.

Kumpulkan 50 plastik botol bekas yang sudah diremukkan, daftarkan diri di halaman ini, Ikuti langkahnya hingga diarahkan untuk memesan GoSend agar dapat mengirimkan plastik botol bekas ke bank sampah terdekat dari lokasi.

Hal ini tentunya dapat membuat pengelolaan sampah plastik menjadi lebih mudah di tengah kesibukan yang melanda.

Inisiatif dan #NiatMurni dari Ades ini tentu patut untuk menjadi perhatian kita. Mengingat permasalahan sampah plastik ini adalah hal yang perlu kita selesaikan bersama. Mari mulai langkah nyata dengan menjadi bagian dari #NiatMurni demi masa depan yang lebih baik.

Ikuti terus perkembangan #NiatMurni dengan mengikuti akun Instagram @ades_indonesia