Advertorial

Apa Bedanya dengan eSIM dan Kartu SIM Biasa?

Kompas.com - 28/01/2020, 15:27 WIB
- -

Seiring dengan peluncuran seri smartphone terbarunya, iPhone menyematkan eSIM pada salah satu dari dua slot kartu SIM mereka.

eSIM (embedded SIM Card) sendiri adalah teknologi terbaru Subscriber Indentification Module (SIM) atau yang lebih familiar dengan sebutan “kartu SIM”. Sebelumnya, kartu SIM memiliki tiga ukuran yakni Nano, Micro, dan ukuran standar.

Uniknya, eSIM tidak memiliki wujud fisik seperti kartu SIM pada umumnya. eSIM berbentuk modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel. Pengguna cukup memindai barcode untuk mengaktifkannya.

Keuntungan menggunakan eSIM

Teknologi terbaru tersebut tentunya memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah proses pergantian nomor atau SIM menjadi lebih praktis, mengingat tidak perlu ada lagi bongkar-pasang kartu SIM.

Fitur DUAL SIM pada seri terbaru iPhone (XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max) memungkinkan pengguna untuk memiliki dua nomor. Hal ini memudahkan pengguna untuk membedakan kontak pribadi dan bisnis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bepergian ke luar negeri juga semakin nyaman, mengingat eSIM dapat memudahkan penggunanya untuk menambah nomor di negara lain saat liburan atau perjalanan bisnis tanpa harus kehilangan nomor negara asal (nomor lokal).

Dilansir Kompas.com (14/09/2018), eSIM dipercaya akan menjadi standar baru kartu SIM di masa depan. Artinya, suatu saat tidak menutup kemungkinan eSIM akan menjadi standar utama untuk semua ponsel.

Smartfren luncurkan eSIM pertama di Indonesia

Saat ini teknologi eSIM telah dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Smartfren menjadi operator jaringan seluler yang pertama kali memperkenalkan dan mendukung teknologi eSIM.

Teknologi tersebut didukung oleh koneksi yang lebih stabil, mengingat eSIM Smartfren didukungan jaringan 4G LTE yang dapat diakses kapanpun, dimanapun.

Pengguna eSIM Smarfren pun dapat menikmati banyak keuntungan seperti gratis kuota internet hingga 90 GB, gratis telepon sepuasnya ke sesama pengguna Smartfren, gratis telepon 30 menit ke operator lain, hingga gratis akses premium VIU hingga 90 hari.

Cara mengaktifkan eSIM Smartfren pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan smartphone terhubung dengan koneksi internet (Wi-Fi ataupun paket data)
  2. Masuk ke menu bagian pengaturan, pilih “Seluler”, kemudian pilih “Tambah Paket Seluler”
  3. Selanjutnya scan QR Code
  4. Pilih “Lanjutkan” untuk proses penambahan paket seluler.
  5. Pilih “Label” untuk masing-masing paket seluler
  6. Pilih penggunaan seluler data sesuai dengan kebutuhan
  7. Proses selesai

Anda bisa memperloleh Smartfren eSIM dengan mengunjungi Smartfren official store di e-commerce kesayangan Anda atau mengunjungi Galeri Smartfren terdekat.

Selain beragam keuntungan dan kemudahan, dengan membeli paket Smartfren Anda berkesempatan untuk mendapatkan rumah, mobil, motor, dan ratusan hadiah lain yang diundi setiap bulan dalam program undian #smartfrenWOW.

Jadi tunggu apa lagi? Anda para pengguna iPhone XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max, segera #eSIMkan11 iPhone kamu!

Kunjungi galeri Smartfren terdekat untuk menikmati kecanggihan teknologi eSIM. Untuk informasi selengkapnya mengenai eSIM Smartfren, silahkan kunjungi halaman ini.