Advertorial

Kala Kamera Berkualitas Jadi Prioritas dalam Perburuan Smartphone

Kompas.com - 09/02/2020, 13:21 WIB
- -

Saat ini, berselancar di dunia maya seakan menjadi kebutuhan primer. Kemanapun kita melangkah, orang-orang yang sibuk dengan smartphone di tangannya jadi pemandangan lumrah.

Memang selama satu dekade terakhir, media sosial perlahan mulai merasuk ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia. Hal ini semakin terasa seiring dengan teknologi ponsel yang terus berkembang setiap detiknya.

Beragam konten dari platform media sosial populer seperti Instagram dan YouTube menjadi panganan sehari-hari.

Tak hanya menikmati jutaan konten yang tersaji, kita pun berlomba-lomba untuk menciptakan konten dari setiap momen yang dilalui.

Entah sebagai pribadi maupun tuntutan profesi, kita tentunya mengharapkan timbal balik berupa likes dan komentar dari para pengikut media sosial kita. Konten berkualitas jadi kunci utama untuk meraup respon positif dari mereka.

Mengingat mayoritas konten yang populer berbentuk visual seperti foto dan video, tak mengherankan jika smartphone dengan kamera canggih menjadi primadona saat ini.

Setelah era 4K, terbitlah 8K

Bicara perkara kualitas visual yang dihasilkan oleh sebuah kamera, tentunya tidak terlepas dari resolusi yang dimilikinya.

Sejarah kamera pada ponsel sendiri dapat dilacak hingga 20 tahun silam. Saat itu, salah satu produsen menyematkan kamera beresolusi 0,11 MP pada produk ponselnya. Perlahan, kamera pada ponsel tak hanya dapat mengambil foto saja, namun juga dapat merekam video.

Seiring perkembangan teknologi, turut meningkat pula resolusi kamera yang tersemat pada ponsel kita. Belakangan, resolusi 4K (Ultra HD) menjadi standar untuk smartphone rilisan terkini untuk menyokong tangkapan foto dan video yang berkualitas.

Akan tetapi, pernahkah kamu membayangkan bagaimana pengalaman yang dihadirkan jika kamera dengan resolusi 8K tersemat dalam smartphone-mu?

Teknologi tersebut tentunya memungkinkan kita untuk merekam momen dalam video berkualitas tinggi yang mampu menangkap setiap emosi hingga detail terkecil.

Pada tahun 2019, beberapa produsen telah memamerkan prototipe kamera beresolusi 8K. Hal ini menjadi sebuah pertanda smartphone yang dilengkapi kamera beresolusi 8K akan segera hadir di pasaran.

Kebutuhan akan fitur “zoom” yang berkualitas

Bersama smartphone yang tak pernah terlepas dalam genggaman, memotret dan merekam seakan telah menjadi pekerjaan utama kita setiap saat.

Kala momen demi momen melintas setiap detiknya dalam hidup, mengabadikannya adalah hal pertama yang terbesit di alam bawah sadar kita. Tentunya kita berharap dapat mengabadikan momen tersebut dalam foto atau video yang berkualitas.

Sayangnya, tak semua orang beruntung bisa menikmati momen-momen penting tersebut dari dekat. Sebut saja konser musik yang dihadiri artis favorit atau pertandingan klub sepak bola kesayangan kita.

Oleh karenanya, fitur zoom pada kamera di smartphone memiliki peran vital untuk mengabadikan momen tersebut. Sejauh ini, belum banyak smartphone yang mampu menghasilkan foto atau video yang jelas dan stabil saat kita menggunakan fitur zoom-nya.

Kita tentu berharap, suatu saat akan ada smartphone yang mampu menghadirkan fitur zoom canggih. Sehingga kita dapat mengabadikan momen terbaik kita dengan sempurna, meski dari kejauhan.