Advertorial

Apresiasi Bank dan Perusahaan Rekanan, JCB Indonesian Awards 2020 Digelar

Kompas.com - 20/02/2020, 14:34 WIB

Jakarta, KOMPAS.com - Para pengguna kartu kredit pastinya familiar dengan JCB. JCB atau Japan Credit Bureau adalah perusahaan asal Jepang yang bergerak dalam bidang pembayaran dan sudah menginjakkan kakinya di Indonesia sejak 1996.

Logonya seringkali tertera di pojok kanan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank di Indonesia. Selama kurang lebih 24 tahun, jumlah pengguna kartu kredit dengan logo JCB terus mengalami pertumbuhan.

Pertumbuhan tersebut tidak terlepas dari peran rekanannya di Indonesia. Saat ini JCB sudah bekerja sama dengan bank BNI, Mandiri, CIMB Niaga, BRI, BCA, dan Maybank.

Mengapresiasi bank-bank rekanannya di Indonesia, ajang penghargaan bertajuk JCB Indonesian Awards 2020 pun digelar.

JCB Indonesian Awards 2020 diselenggarakan di Kilo Kitchen, Gunawarman, Selasa (18/2/2020). Acara tersebut mengusung tema “Beyond The Stars”.

Tidak hanya dari sektor perbankan saja, turut diundang juga rekanan lain yang bekerjasama dengan JCB yaitu Traveloka, Dana, JD.id, Muji, Häagen Dazs, Garuda Indonesia, dan Seibu.

Ada delapan kategori penghargaan yang diberikan yaitu Best Issuing Sales Volume, Best New Card Issuing in Premium Product, Best Growth of Issuing Sales Volume, Best Growth in New Card Issuing, Best New Credit Card Product, Best Performance in Media Communication in Indonesia, Best Acquiring Bank Partner in Indonesia 2019, dan The 3rd Best Consuming Sales Volume in Southeast Asia 2019.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama solid antara JCB dengan rekanan di Indonesia. Selain itu juga mengapresiasi kontribusi mereka yang terus menerus dalam perkembangan bisnis JCB,” ujar Koichiro Wada, President Director JCB Indonesia dalam kata sambutannya.

JCB Indonesian Award 2020, lanjut Koichiro, juga merupakan kali pertama seluruh rekanan JCB di Indonesia dipertemukan dalam satu forum.

Pada kesempatan yang sama pidatonya, Koichiro Wada juga menambahkan bahwa JCB saat ini sudah mempunyai sembilan macam produk kartu kredit. Volume transaksi menggunakan kartu berlogo JCB pada 2019 pun meningkat 35 persen dari tahun sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan 2016, maka volume transaksi menggunakan kartu kredit JCB di Indonesia meningkat signifikan yaitu hingga 140 persen.

“Peningkatan tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, dan Bali. Sebagian besar berasal dari di situs-situs e-commerce,” tambah Koichiro Wada.

Pada malam penghargaan tersebut, kategori Best Issuing Sales Volume dimenangkan oleh BNI, sedangkan Best New Card Issuing in Premium Product dimenangkan oleh Bank Mandiri, lalu Best Growth of Issuing Sales Volume dimenangkan oleh CIMB Niaga.

Sementara, Best Growth in New Card Issuing dimenangkan oleh BRI, Best New Credit Card Product dimenangkan oleh BCA, dan Best Performance in Media Communication in Indonesia dimenangkan oleh Maybank.

BCA dan BNI sama sama mendapatkan dua penghargaan sekaligus yang menjadi tanda bahwa kedua bank mempunyai kontribusi yang signifikan atas pertumbuhan yang dialami oleh JCB di Indonesia.

BCA, pada ajang JCB Indonesian Award 2020 juga memenangkan Best Acquiring Bank Partner in Indoensia 2019. Sedangkan, BNI juga menyabet penghargaan lain yaitu The 3rd Best Consuming Sales Volume in Southeast Asia 2019.

“Jadi untuk 2020, kita akan menargetkan kartu JCB menjadi kartu yang dipilih oleh pelanggan dan digunakan secara aktif dalam semua kesempatan kehidupan sehari-hari mereka,” ujar Koichiro.

Demi mewujudkannya, JCB akan terus mengembangkan dan menyediakan layanan, serta promosi yang menarik. Selain itu, berusaha semakin dekat dengan para pelanggan.

Tidak lupa, Koichiro juga menjelaskan maksud dari tema acara “ Beyond the Stars”. Konsep ini menggambarkan bahwa masing-masing dari partner JCB adalah “star” dalam industri pembayaran. JCB percaya bahwa semua dapat meraih prestasi melampaui lebih baik lagi dari saat ini sehigga muncul istilah “Beyond the Star”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com