Advertorial

Serunya Gubernur Gorontalo Seruput Kopi Sambil Nikmati Kacang Kawangkoan di Tomohon

Kompas.com - 29/02/2020, 19:53 WIB
Rehat di Tomohon, Sulawesi Utara Rusli Habibie bersama rombongan Jelajah Wisata Sulawesi 2020 singgah di warung kopi warga, menikmati kacang kawangkoan. DOK. Humas Pemprov GorontaloRehat di Tomohon, Sulawesi Utara Rusli Habibie bersama rombongan Jelajah Wisata Sulawesi 2020 singgah di warung kopi warga, menikmati kacang kawangkoan.

KOMPAS.com – Tomohon adalah salah satu kota di Sulawesi Utara yang dikaruniai dengan sejumlah berkah. Lokasinya berada di dataran tinggi sehingga pemandangan di kota ini begitu indah, udaranya sejuk, dan tanahnya subur.

Hal ini membuatnya unggul, selain sebagai destinasi wisata, juga pemasok hasil pertanian. Salah satu hasil tani yang banyak dihasilkan di kota ini adalah kacang tanah.

Tomohon memiliki sebuah kecamatan bernama Kawangkoan. Sebuah kecamatan penghasil kacang kawangkoan, kacang tanah sangrai gurih yang menjadi produk unggulan dan dikenal sebagai oleh-oleh khas Minahasa .

Tiba di Tomohon, Sabtu (29/2/2020), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta rombongan tur Jelajah Wisata Sulawesi 2020 berkesempatan mengunjungi kecamatan tersebut dan mencicip gurihnya kacang kawangkoan.

Sambil menikmati kopi dan kacang Rusli Habibie berbincang akrab dengan warga setempat.DOK. Humas Pemprov Gorontalo Sambil menikmati kopi dan kacang Rusli Habibie berbincang akrab dengan warga setempat.

Beristirahat sejenak untuk mengisi bahan bakar JK Rubicon yang mereka gunakan, Rusli bersama rombongan tur Jelajah Wisata Sulawesi 2020 singgah di salah satu warung kopi milik warga. Sambil menyeruput kopi dan mengudap kacang kawangkoan, Rusli Habibie berbincang dengan warga setempat.

Ia pun berbagi cerita mengenai perjalanan tur Jelajah Wisata Sulawesi 2020 mengelilingi Sulawesi. Mulai dari Kotamobagu, Bolmong Timur, Minahasa, hingga perjalanan ke Manado yang akan menjadi perhentian terakhir rombongan tur.

Rusli, di sela perbincangan, memuji Kota Tomohon yang sejuk dan indah. Selain itu juga cita rasa kacang kawangkoan yang unik.

“Mampir menikmati alam indah, udara sejuk, ditemani kacang kawangkoan, enak sekali. Sekaligus kami berbagi rezeki dengan pedagang kecil di sini, membeli semua produk khas yang ada di sini. Sekalian belanja,” ujarnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Rusli Habibie menceritakan penjelajahannya mengelilingi Sulawesi kepada warga setempat.DOK. Humas Pemprov Gorontalo Rusli Habibie menceritakan penjelajahannya mengelilingi Sulawesi kepada warga setempat.

Tur Jelajah Wisata Sulawesi 2020 saat ini sudah memasuki etape ke-8 dan nyaris mencapai titik akhir penjelajahan yaitu Manado.  Tur yang dimulai sejak Sabtu (22/2/2020) lalu ini merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan komunitas pecinta JK Rubicon.

Melalui tur ini Pemprov Gorontalo berupaya mempromosikan keindahan Sulawesi sebagai destinasi wisata.

“Saya senang, tur kali ini banyak manfaatnya. Pesan saya, mari kita datang ke Sulawesi pasti anda puas,” tutup Rusli Habibie.