Advertorial

Hadapi Penyakit Corona, Menteri BUMN Jamin Stok Beras Aman

Kompas.com - 09/03/2020, 15:59 WIB
Menteri BUMN meninjau stok beras di Kompleks Pergudangan BULOG, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu. Dok. Kementerian BUMNMenteri BUMN meninjau stok beras di Kompleks Pergudangan BULOG, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu.

KOMPAS.com – Pemerintah menjamin keamanan stok beras nasional dalam menghadapi penyakit corona 2019 atau COVID-19. Hal ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi Kompleks Pergudangan BULOG di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (04/03/2020).

“Stok beras aman. Kita saksikan sendiri BULOG mampu menyediakan beras untuk seluruh masyarakat Indonesia,” kata Erick yang ditemani Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso saat meninjau stok beras.

Kedatangan Erick ke gudang BULOG juga menjawab keresahan dan kepanikan masyarakat terkait kebutuhan pangan. Menteri BUMN pun meminta masyarakat untuk tidak panik dan cemas secara berlebihan.

“Pemerintah serius melindungi masyarakat. Kita hadapi bersama. Percayalah, bersatu selalu menguatkan kita,” imbuhnya.

Pihak BULOG sendiri memastikan, lonjakan permintaan beras akibat COVID-19 ini masih bisa dipenuhi. Bahkan, perusahaan plat merah di bidang pangan ini menjamin ketersediaan beras di kondisi apa pun, tidak hanya terkait antisipasi virus corona. BULOG juga sudah menyiapkan strategi dan mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran dalam memenuhi kebutuhan beras di seluruh Indonesia.

"Tidak ada masalah, BULOG menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat walau ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan beras tersebut," ujar Budi Waseso.

Stok beras BULOG per Selasa (04/03/2020) mencapai 1,6 juta ton. Beras sebanyak itu tersebar di 1.647 di gudang-gudang milik BULOG. Stok beras ini akan terus bertambah, sebab sebentar lagi masa musim panen raya akan tiba. Dengan demikian, pasokan beras Indonesia betul-betul aman dalam menghadapi situasi apa pun.

Adapun, stok beras di gudang Jakarta mencapai 334 ribu ton. Stok sebesar ini hanya kalah dengan stok BULOG di gudang Jawa Timur yang memiliki stok beras terbanyak di Indonesia.

BULOG juga menjamin penyaluran beras ke masyarakat tidak terhambat. Perusahaan plat merah ini sudah bekerja sama dengan platform dagang elektronik (e-commerce) dalam menyalurkan beras secara daring di tujuh kota besar, di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Penyaluran secara luring pun dipastikan tidak menghadapi kendala. Masyarakat bisa membeli beras milik BULOG di gerai Rumah Pangan Kita yang tersebar di seluruh Indonesia. Beras BULOG juga bisa dibeli di toko retail modern.