Advertorial

Hadapi Penyakit Corona, Pertamedika IHC Siagakan 64 RS BUMN

Kompas.com - 10/03/2020, 16:11 WIB
Peragaan penggunaan alat perlindungan diri oleh Tim PPI RS Pusat Pertamina Dok. Pertamedika IHCPeragaan penggunaan alat perlindungan diri oleh Tim PPI RS Pusat Pertamina

KOMPAS.com – Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) langsung tancap gas dalam mengantisipasi dan menangani persebaran penyakit corona 2019 atau COVID-19. Pihak Pertamedika IHC sudah menyiagakan 64 rumah sakit BUMN yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Direktur Utama Pertamedika IHC Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, SpB, MPH, menjelaskan, rumah sakit BUMN yang tersebar di seluruh pelosok tersebut nantinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan dinas kesehatan di daerah.

“(RS BUMN) juga melakukan koordinasi dengan kantor kesehatan pelabuhan dan rumah sakit yang menjadi rujukan secara nasional," kata Fathema, seperti dikutip dari Kontan.co.id.

Ruang isolasi dengan tekanan negatif juga sudah disiapkan di seluruh jaringan RS BUMN. Teknologi tekanan negatif ini akan mencegah udara di dalam ruangan isolasi mengontaminasi udara di luar ruangan sehingga penyakit tidak bisa menyebar melalui udara.

Dirut Pertamedika IHC menambahkan, pihaknya juga sudah membekali alat perlindungan diri (APD) bagi dokter dan perawat yang bertugas. APD tersebut di antaranya gown biohazard/apron long sleeves, head cap disposable, masker N95, safety goggle, sarung tangan, dan juga sepatu boot.

Perusahaan pelat merah di bidang layanan kesehatan ini turut menyiapkan tim gerak cepat untuk mengidentifikasi dan mencegah penyebaran penyakit corona. Tim ini nantinya akan melakukan tracking persebaran virus corona dengan cepat sehingga virus ini bisa dikendalikan.

Dr. Fathema pun menekankan pentingnya edukasi terkait COVID-19 kepada masyarakat. Hal tersebut digunakan sebagai langkah untuk meredam berita hoaks maupun stigma yang beredar di masyarakat.

Langkah Pertamedika IHC tersebut sejalan dengan instruksi yang diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Erick meminta BUMN yang memiliki layanan rumah sakit untuk segera bergerak cepat mengantisipasi persebaran COVID-19.

Erick menambahkan, pihaknya mendorong BUMN agar secara proaktif dan serius membantu pemerintah dalam memberikan dukungan untuk melindungi masyarakat terhadap persebaran COVID-19. “Pemerintah serius melindungi masyarakat. Kita hadapi bersama. Percayalah, bersatu selalu menguatkan kita,” ujar Erick.