Advertorial

Indocraft 2020, Gelar Produk Etnik Milenial Batik dan Craft, serta Rangkaian Acara Menarik

Kompas.com - 13/03/2020, 17:18 WIB
Menkop dan UMKM Teten Masduki buka Indocraft 2020 di JCC, pada Rabu (11/03/2020). Dok. PT Debindomulti AdhiswastiMenkop dan UMKM Teten Masduki buka Indocraft 2020 di JCC, pada Rabu (11/03/2020).

Memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-17, Indocraft 2020 kembali menghadirkan ragam terbaru produk-produk batik dan craft yang merupakan kategori produk andalan ekonomi kreatif Indonesia. 

Di tengah maraknya isu global mengenai virus corona, pameran Indocraft 2020 tetap digelar sesuai jadwal, yaitu pada 11-15 Maret di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC). 

Hal tersebut dilakukan demi memberikan solusi kepada para pecinta batik dan produk fesyen etnik nusantara untuk menambah koleksi busana, aksesoris, dan hasil kerajinan dengan motif, model dan desain terbaru, serta mendapatkan harga khusus yang berlaku selama pameran. 

Pameran Indocraft 2020 dibuka oleh Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, pada Rabu (11/03/2020), dan disaksikan antara lain oleh Ketua Umum Komunitas Desainer Etnik Indonesia Raizal Buyung Raiz, Ketua Umum Komunitas Cinta Berkain Sita Hani, dan Ketua Umum IWAPI Nita Yudi, masing-masing bersama rekan pengurus organisasi. 

Semua pengurus dan anggota organisasi tersebut merupakan pengusaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang usaha kreatif yang terus mengokohkan basis usaha dengan fokus perluasan jaringan pemasaran, utamanya melalui kepesertaan pameran. 

Sinergi Desainer UKM
Sebagai pameran Business-to-Customer (B2C) di sektor ekonomi kreatif, Indocraft 2020 menjadi ajang promosi efektif bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) mandiri dan binaan. 

Dalam kesempatan ini mereka menampilkan dan memasarkan langsung ragam produk andalan terbaru, bersama dengan para desainer profesional dalam satu sinergi promosi produk ekonomi kreatif dengan ciri khas dan daya tarik masing-masing.

Menkop dan UMKM Teten Masduki mengunjungi booth pameran Indocraft 2020. Dok. PT Debindomulti Adhiswasti Menkop dan UMKM Teten Masduki mengunjungi booth pameran Indocraft 2020.

Selama lima hari pameran juga digelar peragaan busana karya para desainer yang mengangkat tema-tema pesona nusantara, misalnya Pesona Alam Sambas Kalimantan Barat by Savitri, "Pesona Sulawesi Selatan” by Wanti Eldrin, Busana Pria Elegan Tenun NTB by Feri Kuncoro, dan Minangkabau Heritage by Ida Leman. 

Selain itu, masih banyak lagi karya elegan dari para perancang busana lainnya yang menampilkan tren milenial terkini, yang dipandu oleh Lendra Halim dan Vino Saga. 

Pameran Indocraft 2020 juga dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan presentasi oleh MNC, talkshow oleh Indonesia Ethnic Designer Community, workshop, dan demo make up oleh Wardah serta Ethnic Millenial Model Award 2020. 

Pameran Indocraft 2020 diselenggarakan oleh PT Debindomulti Adhiswasti, didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, serta berbagai instansi pemerintah pusat dan daerah yang secara khusus dan konsisten menumbuhkembangkan potensi ekonomi kreatif menuju Indonesia maju dan SDM unggul.